Ulasan Realme 5s

Realme 5s Penerus Sukses Realme 5 Berkamera 48 MP

Realme 5s dilahirkan hanya selang beberapa bulan selepas Realme 5, dibanderol dengan harga yang nyaris sama sang penerus dilengkapi kamera utama 48 MP.

Alasan Realme melakukan update pada produknya ini sangat jelas, penanaman kamera 48 MP sudah barang tentu dimaksudkan agar ponsel seharga Rp 2-3 Jutaan –nya ini pantas berhadapan dengan Redmi Note 8.

Realme 5s dan Spesifikasi

Harga dan Garansi Resmi Disini

Spesifikasi Realme 5s

OS ColorOS 6 berbasis Android 9.0 (Pie) dijadwalkan update Android 10
Layar 6.5 inches, 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~269 ppi density)
SoC Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
GPU Adreno 610
RAM 4 GB
ROM 64 GB
Kamera Utama 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, (macro), 1/5.0″, 1.75µm
2 MP, f/2.4, (depth)
Kamera Swafoto 13 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3.1″, 1.12µm
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Dimensi 164.4 x 75.6 x 9.3 mm
Berat 198 g

Desain dan Layar Realme 5s

Desain Realme 5 di penghujung tahun 2019 lalu memang menarik, lebih atraktif dibanding penampilan Redmi Note 8 menurut pendapat Dombort. Karenanya tak heran jika pihak produsen pilih mempertahankan desain yang sama untuk Realme 5s ini.

Kesamaan ini berarti pula dimensi yang cenderung besar sebagai konsekuensi dari kapasitas baterai besar serta bentang layar lebar masih bakal dialami oleh pengguna Realme 5s.

Namun memang hanya dimensi besar itulah yang jadi sedikit kekurangan ponsel ini dari sisi desain sebab selebihnya pantas diapresiasi termasuk build quality yang kokoh.

Sensor pemindai sidik jari di bagian belakang bekerja akurat serta responsif hanya saja karena dimensi ponsel yang besar maka kadang tak terasa cukup praktis untuk meraihnya.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 5s

Lagi-lagi pihak produsen masih tetap mempertahankan port micro USB sebagaimana juga berlaku pada Realme 5i.

Beralih ke bagian layar seperti sudah disinggung bahwa bentang layar ponsel ini termasuk lebar tapi untuk menekan biaya produksi maka Realme hanya memberikan resolusi setara HD+. Akibatnya gambar maupun teks yang ditampilkan tak tampak setajam kompetitor yang sudah menerapkan resolusi Full HD+.

Terlepas dari kekurangan soal ketajaman tersebut layar ini masih bisa diterima karena tingkat kecerahan yang tinggi membuatnya terbaca baik kala digunakan di luar ruangan, demikian pula viewing angles juga termasuk luas.

Kegegasan

Oleh karena masih menggunakan SoC yang sama dengan Realme 5 yaitu Snapdragon 665 buatan Qualcomm maka tak banyak perubahan kegegasan yang terjadi, hanya saja kini RAM yang mendampingi bukan lagi 3 GB melainkan 4 GB.

Untuk penggunaan harian kegegasan ponsel ini terbilang ideal untuk standar ponsel sekelasnya namun bagi Anda yang berencana menggunakan Realme 5s untuk bermain game seperti “PUBG” atau “Asphalt 9” baiknya usah berharap terlalu tinggi.

Bukan berarti kedua judul game tersebut tak bisa dijalankan hanya saja perlu kesabaran ekstra kala melakukan loading, demikian pula selama permainan terasa muncul gejala lag.

Kualitas dan Performa Kamera

Untuk fitur kamera di sinilah sebenarnya perbedaan antara Realme 5s vs Realme 5 baru bisa dirasakan. Sebab memang pada fitur inilah pihak produsen melakukan ubahan berarti.

Pada bagian belakang ponsel ini mengandalkan lensa utama 48 MP, lensa sudut lebar (ultrawide) 8 MP, sementara untuk makro dan depth sensor masing-masing menggunakan sensor 2 MP.

Karena tiga lensa lainnya sama persis seperti yang digunakan pendahulunya maka Dombort merasa tak perlu mengulang ulasan untuk ketiganya. Demikian pula dengan kamera swafoto.

Bagaimana dengan lensa utama 48 MP –nya?
Pada penggunaan di luar ruangan dimana kondisi pencahaayaan ideal maka tingkat ketajaman dari foto-foto yang dihasilkan terlihat menonjol.

Foto Hasil Kamera Realme 5s

Foto Hasil Kamera Realme 5s

Foto Hasil Kamera Realme 5s

Sekilas lalu memang tak terlihat jauh berbeda dengan sensor 12 MP, namun kala diperbesar barulah terlihat bahwa ketajaman, detil serta kecerahan yang dihasilkan dari dua resolusi berbeda tersebut memang tidak sama.

Untuk penggunaan malam hari memang terlihat sedikit penurunan namun mode “Night” yang disediakan oleh Realme pada umumnya sanggup meminimalisir munculnya distorsi pada foto-foto yang dihasilkan dalam kondisi tersebut.

Stamina Baterai

Dijejali oleh baterai tanam berkapasitas 5000 mAh untuk penggunaan normal ala Dombort baterai Realme 5s sanggup bertahan selama satu setengah hari. Penggunaan normal ini meliputi putar musik atau video dengan frekuensi cukup sering dan memotret disamping tentu saja browsing dan bermedia sosial.

Sayang sekali dalam boks penjualannya hanya disertakan charger 10 w sehingga proses pengisian ulang daya memakan waktu yang terasa lama yaitu sekitar 2 jam (0-100%).

Penilaian untuk Realme 5s

Redmi Note 8 mendapat tantangan serius dari Realme 5s, peningkatan kamera menjadi 48 MP serta stamina baterai yang panjang cukup membuat sebagian calon konsumen mempertimbangkan opsinya.

Mungkin kekurangan yang masih dibawa oleh Realme 5s terbatas pada tingkat resolusi layar HD+ serta port micro USB.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Realme 5s
Author Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
Realme 5s
Price
IDR 2700000
Product Availability
Available in Stock