Samsung Galaxy Note10 Lite dibanding Samsung Galaxy Note10

Samsung Galaxy Note10 Lite – Produktivitas dengan Harga Terjangkau

Samsung Galaxy Note10 Lite dijual dengan harga Rp 8,2 Juta tak pelak menarik perhatian dari pengguna yang lama mendambakan memiliki Samsung Galaxy seri Note namun harganya di luar jangkauan.

Lewat harga yang lebih terjangkau tentu ada konsekuensi yang menjadikan Samsung Galaxy Note10 Lite tak bisa begitu saja dianggap sama seperti Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+.
Jika Anda mendambakan ponsel dengan S-Pen untuk mendukung produktivitas maka Note10 Lite memang bisa jadi jawaban tapi kalau Anda membayangkan ponsel dengan spesifikasi serta fitur terkini rasanya Galaxy S10 Lite lebih masuk akal di kisaran harga yang sama.

Samsung Galaxy Note10 Lite dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Samsung Galaxy Note10 Lite

OS One UI 2 berbasis Android 10
Layar Super AMOLED 6.7 inches, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~394 ppi density)
SoC Exynos 9810 (10 nm)
GPU Mali-G72 MP18
RAM 8 GB
ROM 128 GB
Kamera Utama 12 MP, f/1.7, 27mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, Dual Pixel PDAF, OIS
12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.6″, 1.0µm, PDAF, OIS, 2x optical zoom
12 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide)
Kamera Swafoto 32 MP, f/2.2, 25mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm
Sensor Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, ANT+
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 4500 mAh battery
Dimensi 163.7 x 76.1 x 8.7 mm
Berat 199 g

Desain dan Layar Samsung Galaxy Note10 Lite

Di masa lalu Samsung selalu tampil habis-habisan kala merancang seri S dan seri Note namun berkesan asal untuk produk kelas di bawahnya.
Kondisi ini sudah lama berlalu, kompetitor yang agresif memaksa Samsung memberi perhatian ekstra untuk lini produk kelas menengah dan bahkan di bawahnya.

Samsung Galaxy Note10 Lite sendiri yang merupakan ponsel kelas menengah mendapat keuntungan dari perubahan arah kebijakan Samsung tersebut.
Materialnya memang masih menggunakan plastik yang mereka namai sebagai “3D Glasstic” namun build quality -nya terasa solid bak ponsel kelas flagship.

Dalam banyak hal penampilan ponsel ini memiliki banyak sekali kesamaan dengan Galaxy Note 10+, kecuali pada bodi bagian belakang yang mirip dengan Galaxy S20.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note10 Lite

Pada bagian depan ponsel ini menerapkan layar tanpa bezel seperti kedua saudaranya di seri Note, hanya karena dibanderol dengan harga lebih murah maka alih-alih menggunakan layar Dynamic AMOLED Samsung Galaxy Note10 Lite masih mengimplementasikan teknologi Super AMOLED.

Fakta tersebut tak berarti layar Galaxy Note10 Lite mengecewakan, sebab soal layar sampai saat ini Samsung masih merupakan produsen ponsel Android yang paling sanggup menawarkan kualitas layar di atas para kompetitor.

Tingkat kontras dan saturasi layar Galaxy Note10 Lite terlihat istimewa, demikian pula halnya dengan ketajaman serta tingkat kecerahan.
Kala digunakan di luar ruangan bukan saja semua gambar dan teks bisa terbaca jelas namun bahkan ketajaman warnanya tetap terlihat menawan.

Samsung Galaxy Note10 Lite dibanding Samsung Galaxy Note10

Resolusinya masih sebatas Full HD+ itupun belum mengimplementasikan tingkat refresh rate 90 Hz seperti Realme X2 Pro, namun ketika menggunakan Anda takkan fakta tersebut sebagai sebuah kekurangan.

Lagi-lagi untuk memangkas biaya produksi ada konsekuensi yang membedakan Galaxy Note10 Lite ini dengan dua saudaranya. Kali ini giliran sensor pemindai sidik jari di layar yang kembali menggunakan sensor tipe optik.
Sensor ini memang lebih cepat namun tingkat akurasinya tak sebaik milik Galaxy Note 10+.

Kegegasan, Stamina Baterai dan S-Pen

Kegegasan

Sebagai ponsel kelas menengah cukup wajar jika Samsung Galaxy Note10 Lite tidak menggunakan chipset terbaru namun masih mengherankan ketika ternyata sang produsen memilih Exynos 9810 sama seperti yang digunakan oleh Samsung Galaxy S9 dua tahun silam.
Padahal Galaxy S10 Lite yang dirilis hampir bersamaan sudah menggunakan Snapdragon 855.

Keheranan tersebut bukan hendak meragukan kegegesan Galaxy Note10 Lite, melainkan lebih pada berapa tahun ponsel ini akan sanggup mempertahankan performa (future proof) seiring dengan makin cepatnya pembaruan (update) hampir semua aplikasi substansial.

Kalau bicara kegegasan saja ponsel ini sama sekali tak mengecewakan, baik untuk memutar video, musik, menjelajah internet, bersosial media dan sebagainya.
Waktu loading terasa cepat demikian pula transisi antar aplikasi terbukti mulus.

Sebenarnya kondisi ini wajar sebab tampilan antar muka buatan Samsung memang secara khusus dirancang untuk bekerja maksimal dengan SoC Exynos yang notabene juga buatan mereka sendiri.

Bagi penggemar game menjalankan “PUBG” atau “Asphalt 9” pada tingkat grafis paling tinggi terbukti tak jadi soal, walau kala coba tingkat grafis diturunkan maka permainan terasa lebih mulus.

Baterai

Baterai berkapasitas 4500 mAh yang ditanamkan sanggup bertahan lebih dari sehari pada pemakaian yang agresif, sementara untuk pemakaian normal bisa bertahan hingga dua hari penuh.
Oleh karena disertakan charger 25 W maka proses pengisian ulang daya baterai dari 0-100% hanya memakan waktu sekiatar 1 jam 20 menit.

S-Pen

Fitur istimewa dari Galaxy Note terletak pada S-Pen, untuk alasan ini pulalah banyak pengguna yang rela membeli dalam kondisi bekas pakai (second hand karena harga barunya memang sangat tinggi.

Tampaknya Samsung pun melihat kencenderungan ini dan menilai sebagai peluang hingga merilis Samsung Galaxy Note10 Lite.

Pengalaman Menggunakan Samsung Galaxy Note10 Lite

Pada dasarnya performa, sensitivitas maupun produktivitas yang ditawarkan oleh S-Pen milik Samsung Galaxy Note10 Lite ini sama seperti dua saudaranya. Hanya fitur “Air Gesture” saja yang hilang.

Sampai hari ini Samsung Galaxy Note juga masih menjadi satu-satunya ponsel yang menawarkan fitur S-Pen terintegrasi.
Karenanya jika memang fitur ini yang Anda perlukan/inginkan maka Galaxy Note10 Lite merupakan solusi yang sudah lama dinanti.

Performa dan Kualitas Kamera

Meski fitur kamera tak jadi key selling point untuk ponsel kelas menengah terbaru buatan Samsung ini namun bukan berarti pihak produsen menelantarkan.

Ponsel ini tetap dibekali dengan tiga kamera masing-masing memiliki sensor 12 MP. Lensa utama f/1.7 disertai fitur OIS sedangkan dua lensa lain adalah lensa telephoto dan ultra-wide.

Secara keseluruhan foto-foto yang dihasilkan terlihat tajam dan memiliki tingkat detil tinggi, bahkan kondisi yang sama juga mampu dihasilkan lewat lensa ultra wide maupun telephoto -nya.

Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy Note10 Lite

Kualitas Kamera Samsung Galaxy Note10 Lite

Kelebihan dan kekurangan Kamera Samsung Galaxy Note10 Lite

Kala digunakan di dalam ruangan dan malam hari wajar jika terjadi penurunan kualitas, namun perangkat lunak Samsung sanggup meminimalisir dampak negatif dari kondisi tersebut.

Secara umum Dombort menilai kamera Samsung Galaxy Note10 Lite sangat memuaskan untuk sebuah ponsel dengan harga kurang dari Rp 9 Juta.

Bagi Anda yang gemar berswafoto Samsung menempatkan lensa 32 MP yang mampu menghasilkan foto-foto menarik untuk diunggah di jejaring sosial.

Penilaian Dombort untuk Samsung Galaxy Note10 Lite

Kesimpulannya sebenarnya sudah terjawab di awal artikel.
Jika Anda mendambakan ponsel dengan fitur S-Pen terintegrasi namun enggan membelanjakan uang lebih dari Rp 10 Juta maka Samsung Galaxy Note10 Lite adalah pilihan ideal.

Namun jika yang Anda bayangkan adalah ponsel kelas menengah dengan fitur dan kemampuan mendekati ponsel kelas flagship sebaiknya jatuhkan pilihan pada Galaxy S10 Lite.

Samsung Galaxy Note10 Lite dan Spesifikasi

Beli Samsung Galaxy Note10 Lite Bergaransi Resmi Disini

Summary
Review Date
Reviewed Item
Samsung Galaxy Note10 Lite
Author Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Samsung Galaxy Note10 Lite
Price
IDR 8200000
Product Availability
Available in Stock