Cara Disinfeksi Ponsel Pintar

Bagaimana Cara Aman Disinfeksi Pada Ponsel Pintar?

Merebaknya virus Corona yang kini sudah menjadi pandemi mau tak mau memaksa kita untuk lebih waspada menjaga kebersihan diri. Belakangan banyak orang sudah makin sadar pentingnya mencuci tangan dengan cara benar, menggunakan masker kala sudah mulai menunjukkan gejala flu juga membawa hand sanitizer kemana-mana.

Sayangnya menjaga kebersihan ponsel pintar masih kerap dilupakan, padahal tanpa wabah Corona pun ponsel sudah terkenal sebagai tempat subur bagi bakteri berkembang biak.

Minyak dan material organik lainnya yang melekat selama ponsel digunakan ditambah suhu ponsel pintar yang relatif hangat menjadi dua alasan utama suburnya proses kembang biak bakteri di perangkat tersebut.

Karena sekaligus menjadi benda yang paling kerap dipegang maka menurut Dr. Charles Geba seorang pengajar mikrobiologi di Universitas Arizona ponsel pintar dihuni bakteri setidaknya 10 kali lipat lebih banyak dibanding umumnya toilet.

Dengan mewabahnya virus Corona studi tersebut tentu tak bisa dianggap remeh, penelitian yang dilakukan oleh Dr. Somani menunjukkan bahwa virus Corona sanggup bertahan pada material kaca, logam dan keramik hingga 3 hari di tempat beriklim tropis.
Padahal tiga material tersebut umum digunakan pada ponsel yang beredar saat ini.

Cara Amankan Ponsel Pintar dari Virus Corona

Disinfeksi Ponsel Pintar dengan Alkohol

Cara Disinfeksi Ponsel Pintar

Alkohol dengan kandungan minimal 60% sejauh ini dianggap sebagai salah satu alternatif mematikan virus Corona. Karenanya tak heran jika produk hand sanitizer dengan kandungan Alkohol 60% menjadi laris dewasa ini.

Namun Alkohol dengan kandungan 60% memberikan resiko cukup besar bagi ponsel pintar.
Sebuah artikel yang dipublikasikan di CNET oleh James LeBeau seorang associate professor bidang Material Science and Engineering dari MIT misalnya menyebut bahwa Alkohol berpotensi merusak lapisan oleophopic pada ponsel yang berfungsi untuk menahan kandungan minyak.

Lebih lanjut yang bersangkutan juga mengklaim bahwa lapisan hydrophobic yang berfungsi menahan air juga bisa rusak karena Alkohol tersebut.

Jika Anda masih memaksa menggunakan Alkohol maka sebaiknya memilih Alkohol dengan kandungan 70%. Karena pada tingkat kandungan tersebut Alkohol akan lebih cepat menguap sehingga dampak negatif terhadap layar ponsel bisa dikurangi.

Bersihkan Ponsel Pintar dengan Kain Mikro Fiber Lembab

Sebelum memutuskan menggunakan Alkohol tak ada salahnya mempertimbangkan hasil penelitian dari “American Journal Of Infection Control” yang menyebutkan bahwa pada dasarnya membersihkan permukaan ponsel dengan kain mikro fiber lembab (sedikit dibasahi) sudah cukup asalkan diseka dengan benar.

Apple dalam situsnya memberikan instruksi bagi pengguna produknya untuk menggunakan kain lembut dan air hangat.
Sementara Samsung hanya merekomendasikan kain lembut dan Google bahkan melarang pengguna untuk menggunakan cairan dengan cara disemprotkan.

Penting untuk memahami instruksi dari tiap-tiap pabrikan untuk memastikan pembersihan atau disinfeksi ponsel pintar yang Anda lakukan tidak menghanguskan garansi.

Pada kasus garansi sudah berlalu dan Anda tetap lebih merasa aman melakukan disinfeksi ponsel dengan Alkohol atau produk pembersih lainnya maka lebih baik lapisi dulu layar dengan pelindung layar. Jadi kalaupun terjadi hal-hal yang tidak diinginkan hanya lapisan itu saja yang mengalami dampaknya.