Pengalaman Menggunakan Realme 6 Pro

Realme 6 Pro Harga Naik Kelas, Kualitas Makin Beringas

Realme 6 Pro didaulat melanjutkan sukses fenomenal Realme 3 Pro dan Realme 5 Pro, kedua pendahulunya sudah teruji dan terbukti di masanya masing-masing.
Tahun ini Realme memutuskan sedikit naikkan kelas Realme 6 Pro, harganya kini sudah nyaris menyentuh harga Rp 4,5 Jutaan.
Namun pada saat bersamaan ada peningkatan spesifikasi dan fitur yang membuatnya tampil makin beringas.

Salah satu peningkatan yang cukup kentara adalah layar dengan tingkat refresh rate 90 Hz, tahun lalu fitur tersebut hanya bisa didapat di Realme X2 Pro yang dibanderol dengan kisaran harga Rp 8 Jutaan.

Realme 6 Pro dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Realme 6 Pro

OS ColorOS 7 berbasis Android 10
Layar 6.6 inches, 90 Hz, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~399 ppi density)
SoC Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
GPU Adreno 618
RAM 8 GB
ROM 128 GB
Kamera Utama 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.72″, 0.8µm, PDAF
12 MP, f/2.5, 54mm (telephoto), 1/3.4″, 1.0µm, PDAF, 2x optical zoom
8 MP, f/2.3, 13mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, 22mm (macro), 1/5.0″, 1.75µm
Kamera Swafoto 16 MP, f/2.1, 26mm (wide), 1/3.1″, 1.0µm
8 MP, f/2.2, 17mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
Sensor Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing Splash resistant
Baterai Non-removable Li-Po 4300 mAh battery
Dimensi 163.8 x 75.8 x 8.9 mm
Berat 202 g

Desain dan Layar Realme 6 Pro

Kekhasan Realme setiap kali merilis ponsel baru hampir selalu melakukan ubahan desain pada bodi bagian belakang. Kali ini tampilan lightning atau kilat yang dipilih untuk Realme 6 Pro.
Anda bisa memilih antara versi lightning blue atau lightning red.

Namun ubahan signifikan yang mencolok terletak pada layar 6.6 inch yang kini memiliki dua lubang lensa kamera pada bagian atas. Penempatan lensa di kiri atas ternyata sanggup meminimalisir distraksi dibanding penempatan di atau kanan.
Layar ini dilapis oleh Corning Gorilla Glass 5 untuk meminimalisir resiko tergores selama pemakaian.

Kualitas Layar Realme 6 Pro

Tak ada keunikan pada penempatan tombol-tombol maupun port, hanya saja permukaan tombol daya dibuat merata untuk mengakomodir sensor pemindai sidik jari.
Yup, sensor pemindai sidik jarinya masih menyatu dengan tombol daya dan bukan menyatu dengan layar karena memang bukan layar berteknologi AMOLED.

Sensor Pemindai Sidik Jari Realme 6 Pro

Pada sisi kiri Anda akan mendapati sebuah tray untuk menempatkan dua keping kartu SIM berukuran nano dan sekeping kartu mikroSD.

Tanpa menyebut rating IP desainnya namun pihak produsen mengklaim bahwa Realme 6 Pro sudah diberikan tiga pelapis untuk memastikan ponsel ini tahan terhadap percikan air.

Seperti sempat disinggung sebelumnya bahwa fitur istimewa dari Realme 6 Pro terletak pada layar yang memiliki tingkat refresh rate 90 Hz.
Memang bukan Super AMOLED seperti Samsung Galaxy M31 yang menampilkan warna hitam dengan kepekatan tinggi tapi layar IPS LCD 90 Hz ini tak kalah dari kompetitornya itu.

Selain mampu menampilkan warna yang terlihat hidup serta ketajaman tinggi layar ini juga terbaca dengan sangat baik kala digunakan di luar ruangan.

Meski Realme 6 Pro bukan ponsel pertama yang mengusung fitur tersebut namun ia tetap menjadi ponsel pertama di Indonesia dengan layar 90 Hz untuk segmen harga kurang dari Rp 5 Juta.

Kegegasan

Beberapa bulan lalu Dombort pernah membahas mengenai Snapdragon 730G keluaran Qualcomm yang dioptimalisasi untuk menjalankan game.
Nah… untuk Realme 6 Pro ini pihak pabrikan memercayakan jantung performa pada Snapdragon 720G yang berada satu tingkat di bawah Snapdragon 730G.

Kedua SoC tersebut sama-sama dibangun dengan arsitektur 8 nm juga sama-sama dilengkapi GPU Adreno 618.
Bahkan jika ditilik jeroannya ternyata keduanya juga sama-sama terdiri atas enam buah Kyro 470 serta tak ketinggalan modem Snapdragon X15 LTE.

Lantas apa yang membedakan Snapdragon 720G vs. Snapdragon 730G?
Ternyata perbedaannya terletak pada kluster utama, jika Snapdragon 730G terdiri atas dua buah Kyro 470 maka untuk Snapdragon 720G masih menggunakan Kyro 465.

Namun pada sisi lain karena diproduksi belakangan maka Snapdragon 720G dilengkapi beberapa fitur yang tak dimiliki oleh Snapdragon 730G seperti navigasi satelit “NavIC” serta “SensingHub”.
Secara teorits “NavIC” lebih akurat di wilayah padat dibanding “GPS”.

Ponsel ini menjalankan tampilan antarmuka ColorOS 7 berbasis Android 10.
Dalam penggunaan sehari-hari kombinasi ColorOS 7 dengan Snapdragon 720G sanggup memberi pengalaman yang menyenangkan tanpa hambatan entah berupa waktu loading kelewat panjang, lag apalagi force exit.

Tingkat refresh rate 90 Hz yang mestinya memberi beban lebih pada sumber daya ternyata terbukti tak jadi pengalang untuk Snapdragon 720G, semua transisi berlangsung sangat mulus.

Saat dicoba menjalankan game “PUBG” dengan pengaturan grafis tertinggi selama lebih kurang 30 menit Realme 6 Pro sanggup menjalankan tugas tersebut dengan baik dalam arti mulus dan tak menunjukkan gejala kenaikan suhu berlebihan.
Selama waktu tersebut daya baterai terkuras sekitar 10%.

Untuk menghemat daya baterai Anda bisa mengubah pengaturan refresh rate ke posisi “auto”. Dalam kondisi tersebut ponsel akan otomatis mengubah ke tingkat 60 Hz jika aplikasi tak mendukung sehingga stamina baterai lebih awet.

Baterainya sendiri sanggup bertahan lebih dari dua hari untuk penggunaan normal. Sedangkan pengisian ulang daya baterai selama satu jam sanggup memulihkan dayanya sebanyak 90%.

Kualitas dan Performa Kamera

Pada kamera belakang Realme 6 Pro menggunakan konfigurasi empat lensa masing-masing adalah lensa utama dengan sensor 64 MP buatan Samsung, lensa ultra-wide 8 MP, lensa telephoto 12 MP dan lensa makro 2 MP.

Kamera Utama Realme 6 Pro

Sedangkan untuk konfigurasi kamera swafoto dipilih lensa normal 16 MP dengan sudut lebar serta lensa ultra-wide 8 MP.

Dombort cukup puas dengan kualitas lensa utama 64 MP –nya yang sanggup menampilkan detil tinggi serta ketajaman maupun dynamic range ideal untuk standar kamera ponsel kelas menengah.

Foto Hasil Kamera Utama Realme 6 Pro

Kualitas Kamera Realme 6 Pro

Kualitas Kamera Realme 6 Pro Malam

Kamera Utama Realme 6 Pro

Lensa ultra-wide -nya juga bekerja cukup baik namun tingkat detil serta ketajamannya tentu tak sebaik menggunakan lensa utama.

Untuk lensa jarak jauh ponsel ini menawarkan pembesaran 2x dan 5x, meski demikian untuk pembesaran 5x cukup menantang karena sangat rentan goyangan karenanya untuk pembesaran hingga tingkat tersebut sebaiknya menggunakan tripod.

Untuk perekaman video ponsel ini menawarkan resolusi 4K namun selain pilihannya terbatas pada 30 fps juga pada tingkat resolusi tersebut fitur stabilization maupun zoom tidak berfungsi.

Sebaliknya untuk perekaman video dengan tingkat resolusi 1080 pixels selain bisa memanfaatkan mode Ultra Steady Max Anda juga bisa memanfaatkan lensa sudut lebar.

Kamera swafoto juga tak kalah memuaskan, selain tajam dan memiliki tingkat detil tinggi kamera swafoto ini juga memungkinkan Anda merekam video dengan mode “slo-mo”.

Penilaian untuk Realme 6 Pro

Dengan harga yang lebih tinggi dibanding Realme 5 Pro ketika dirilis memang bisa jadi sebagian calon konsumen mengurungkan niat, tapi Redmi Note 9 Pro yang jadi kompetitornya pun juga dibanderol tak jauh beda.

Terlepas dari fakta tersebut Realme memang memberikan cukup banyak ubahan signifikan untuk menjadikan harga tersebut terasa pantas.
Salah satunya terletak pada layar dengan tingkat refresh rate90 Hz didukung pula oleh kegegasan optimal berkat Snapdragon 720G serta kamera utama maupun kamera swafoto yang memuaskan.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Realme 6 Pro
Author Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
Realme 6 Pro
Price
IDR 4599000
Product Availability
Available in Stock