Perbandingan Snapdragon 730G vs Snapdragon 720G

Mengurai Perbedaan Qualcomm Snapdragon 730G vs Snapdragon 720G

Qualcomm tahun ini memiliki dua SoC kelas menengah yang sama-sama memiliki kode “G” yaitu Snapdragon 730G dan Snapdragon 720G. Keduanya kerap diketemukan pada beberapa merek ponsel yang memiliki kisaran harga sama hingga membingungkan kala hendak melakukan keputusan beli.

Pada sebuah kesempatan Qualcomm pernah menyebutkan bahwa kode “G” menunjukkan SoC tersebut dioptimalisasi untuk melakukan olah grafis yang tentu berkontribusi pula pada kemampuan menjalankan game. Maka tak heran kalau lantas kode”G” banyak diidentikkan konsumen dengan game.
Namun dari Snapdragon 730G vs Snapdragon 720G tersebut apakah perbedaan signifikan antara keduanya?

Ini Bedanya Snapdragon 730G vs Snapdragon 720G!

Ditilik dari jeroannya Qualcomm Snapdragon 730G terdiri atas CPU Qualcomm Kyro 470 yang memiliki kecepatan hingga 2.3 GHz.
Sedangkan Snapdragon 720G yang berada pada satu kelas di bawahnya memiliki CPU Kyro 465 dengan kecepatan maksimal 2.2 GHz.

Keduanya sama-sama menerapkan arsitektur 64 bit dan teknologi 8 nm, jadi pada poin ini tidak terlihat perbedaan antara keduanya.

Kalau kita beralih pada GPU meski keduanya sama-sama dibekali GPU Adreno 618 namun perbedaan kecepatan sebesar 15% memberikan perbedaan signifikan pada kemampuan olah grafis antara kedua SoC (System on Chip) tersebut.

Konsekuensinya kala digunakan menjalankan game yang haus kemampuan grafis maka ponsel Android dengan Snapdragon 720G tak bakal semulus koleganya yang menggunakan Snapdragon 720G.

Selain dari itu dukungan konten H.265 (HEVC), H.264 (AVC), HLG, 4K HDR10 PQ serta HDR10 bisa diakomodir baik oleh ponsel dengan Snapdragon 730G maupun 720G.

Kalau dilihat dari spesifikasi GPU –nya bisa ditebak bahwa Snapdragon 720G ini sebenarnya dibangun dari Snapdragon 730 versi standar atau non “G”dengan peningkatan di sisi CPU.

SoC tak hanya berperan di sisi kegegasan namun juga pada dukungan terhadap fitur-fitur lain termasuk kamera. Bagaimana perbedaan kemampuan Snapdragon 730G vs Snapdragon 720G dari sisi dukungan terhadap kamera?

Snapdragon 730G sanggup mendukung dua lensa kamera masing-masing dengan resolusi 22 MP berikut fitur Zero Shutter Lag dan Multi-Frame Noise Reduction
Atau bisa juga sebuah lensa tunggal 48 MP dengan Multi-Frame Noise Reduction.
Atau lensa tunggal bersesolusi 36 MP dengan Zero Shutter Lag dan Multi-Frame Reduction.

Sedangkan Snapdragon 720G mendukung lensa ganda masing-masing 16 MP berikut fitur Zero Shutter Lag dan Multi-Frame Noise Reduction.
Atau bisa juga sebuah lensa tunggal 48 MP dengan Multi-Frame Noise Reduction.
Atau lensa tunggal bersesolusi 32 MP dengan Zero Shutter Lag dan Multi-Frame Reduction.

Kesimpulannya meski keduanya menawarkan kemampuan yang hanya berbeda tipis namun kala dipaksa menjalankan aplikasi berat terutama game maka Snapdragon 730G seperti yang digunakan oleh Poco X2 masih memiliki keunggulan dibanding Snapdragon 720G yang salah satu penggunanya adalah Realme 6 Pro.