Ponsel Xiaomi Mi5s Plus Review

Spesifikasi dan harga handphone terbaru Xiaomi Mi5s Plus seperti kebanyakan ponsel Xiaomi yang sudah-sudah selalu menyita perhatian. Rasio antara spesifikasi dengan banderol yang di atas kertas memberi value lebih baik dibanding para kompetitor umumnya menjadi alasan calon konsumen mempertimbangkannya sebagai opsi utama.

Setelah sebelumnya memperkenalkan Xiaomi Mi5 dan Xiaomi Mi5s yang disebut-sebut sebagai “the real flagship killer” akhirnya sang produsen menawarkan kembali varian baru dari seri tersebut. Mi5s Plus sesuai namanya hadir dengan dimensi yang ekstra serta mengusung ukuran layar lebih lebar pula.

Also Read: Harga Xiaomi Redmi 4 dan Review

Spesifikasi Ponsel Xiaomi Mi5s Plus

Hal mencolok ketika membuka boks Xiaomi Mi5s Plus ternyata bukan saja terletak pada dimensi layar yang lebar, namun dalam kemasan tersebut sang produsen juga menempatkan sebuah pelindung casing berwarna bening dengan material hard plastic. Memang terkesan sepele namun pantas diapresiasi sebab keberadaannya sangat langka dipikirkan oleh produsen yang lebih mapan sekalipun.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi5s Plus

Hal kedua yang menyita perhatian tentu saja adalah layar berukuran 5.7 inch yang membuatnya tampak lega jika dibandingkan dengan layar Xiaomi Mi5 maupun Xiaomi Mi5s. Dengan ukuran layar selebar ini beberapa calon konsumen bakal membayangkan andai saja pabrikan asal Cina tersebut memberikan layar dengan resolusi 2K. Sayangnya tidak demikian, resolusi layar 5.7 inch tersebut masih sebatas FHD. Tentu saja tingkat detil maupun ketajamannnya tetap dalam kategori sangat baik.

Di bagian layar terdapat capacitive buttons yang sudah dilengkapi dengan backlit, sementara di atas layar selain kamera selfie tampak pula keberadaan lampu LED notifikasi yang bisa dikustomisasi oleh pengguna. Kamera sekundernya sendiri merupakan kamera 4 MP UltraPixel seperti yang sebelumnya sudah diaplikasikan pada dua varian yang hadir terlebih dahulu.

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi5s Plus

Banderol ponsel Xiaomi terbaru yang hanya dikisaran Rp 5 Juta-an ini tidak menjadikannya tampak mediocre jika dibanding merek lain yang dibanderol lebih mahal. Memang ia tak se-premium ponsel kelas flagship namun penggunaan material logam berikut pengerjaan yang rapi membuat pemiliknya merasa menggenggam ponsel dengan harga lebih mahal dari yang sebenarnya.

Soal kualitas pengerjaan Xiaomi memang pantas diapresiasi, pasalnya dengan dimensi sebesar ini umumnya sebuah smartphone bakal cenderung mengeluarkan suara ringkih kala ditekan namun tidak demikian halnya dengan Xiaomi Mi5s Plus. Termasuk pada bagian-bagian bergerak dan tombol-tombol sekalipun.

Review Xiaomi Mi5s Plus Indonesia

Beralih ke bagian belakang Anda akan disuguhi dengan dua kamera masing-masing 13 MP dilengkapi oleh PDAF dan memiliki aperture f/2.0. Lensa kamera pertama menggunakan sensor monokrom, artinya ia hanya dirancang untuk mengambil foto hitam dan putih yang belakangan ini sedang menjadi tren. Sementara lensa kedua bekerja seperti lensa kamera utama pada umumnya. Meski dilengkapi dengan dual LED flash cukup disayangkan Xiaomi tidak menyertakan OIS, padahal keberadaannya cukup vital untuk sebuah smartphone dengan dimensi sebesar ini.

Ponsel Xiaomi Terbaru

Mode Monochrome

Kamera utama ini bekerja dengan sangat cepat dalam mengunci objek maupun mengambil gambar. Aplikasi kameranya juga menawarkan beberapa pilihan setting maupun mode. Jika dikehendaki pengguna juga bisa memilih mode stereo yang akan memerintahkan kedua kamera belakang bekerja bersama-sama. Umumnya pada mode tersebut foto yang dihasilkan memiliki tingkat kontras, saturasi maupun exposure yang lebih baik. Walaupun ada kalanya justru mode HDR dengan satu kamera saja memberikan hasil yang lebih baik.

Keunggulan mode stereo lebih dominan kala digunakan di dalam ruangan atau dimalam hari, dalam situasi tersebut noise yang dihasilkan menjadi lebih minim sementara tingkat detil meningkat.

Foto Hasil Kamera Xiaomi Mi5s Plus

Mode Auto

Mode Stereo

Mode Auto

Mode Stereo

Mode Stereo

Masih di sisi belakang, di bawah kamera ditempatkan sensor pemindai sidik jari yang bekerja cukup responsif dan akurat dalam pengujian.

Speaker yang diletakkan pada bagian bawah ponsel Xiaomi sendiri dalam pengujian juga mampu menghasilkan output suara yang berimbang dan relatif kuat.

Jika sebelumnya Xiaomi sempat menyingkirkan IR blaster maka untuk seri Plus ini sang produsen memutuskan menghadirkan kembali fitur tersebut.

Spesifikasi ponsel Xiaomi Mi5s Plus diatas kertas sebagaimana sudah disinggung diawal terdengar menggoda. Chipset Snapdragon 621 buatan Qualcomm yang menjadi jantung performanya didukung oleh LPDDR4-RAM dengan opsi kapasitas 4 GB dan 6 GB tergantung varian mana yang Anda pilih. Untuk versi RAM 4 GB tersedia ruang memori internal sebesar 64 GB sementara untuk versi RAM 6 GB kapasitas memori internal turut membengkak menjadi 128 GB.

Sama halnya seperti Xiaomi Mi5s yang menawarkan prosesor serupa, performa Mi5s Plus juga terbukti mumpuni termasuk kala memainkan game 3D. Gejala panas berlebih juga tidak ditunjukkan selama penggunaan intensif.

Mendukung mobilitas dan produktivitas maka Xiaomi menempatkan baterai berkapasitas 3800 mAh dengan dukungan fitur Quick Charge 3.0, hanya saja dalam kemasan tidak disertakan charger atau pengisi ulang daya yang mendukung fitur tersebut. Karenanya pengguna harus membeli aksesoris after market jika ingin memanfaatkan fitur pengisian daya cepat tersebut.

Baterainya sendiri sanggup bertahan selama 5 jam on-screen kala digunakan secara intensif, untuk penggunaan normal ia sanggup bertahan lebih dari 24 jam.

Opini Terhadap Ponsel Xiaomi Mi5s Plus

Harga ponsel Xiaomi Mi5s Plus yang hanya dikisaran Rp 5 Juta-an terasa layak untuk sebuah ponsel dengan desain apik, kualitas pengerjaan baik, performa fluid belum lagi didukung dengan kamera mumpuni baik primer maupun sekunder. Kameranya memang tidak sebaik Galaxy S7, iPhone 7 atau bahkan LG G5 SE namun jangan lupa banderol harga serta kelasnya memang berbeda.

Kelemahan Xiaomi Mi5s Plus atau setidaknya hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan keputusan beli adalah ketiadaan slot memori eksternal.

Spesifikasi Ponsel Xiaomi Mi5s Plus
Ponsel Xiaomi Mi5s Plus Review | Ponsel Dombort | 4.5