Pengalaman Menggunakan Huawei AppGallery

Begini Rasanya Pakai Ponsel Huawei Tanpa Google Play Store

Huawei kini sudah menjadi produsen ponsel terbesar kedua di dunia menempel ketat Samsung Mobile. Sejak beberapa tahun belakangan ponsel kelas high-end buatannya seperti Huawei P40 Pro juga terkenal usung kamera inovatif. Sulit rasanya untuk tak tergiur mempertimbangkannya.

Bagaimanapun perang dagang antara AS – Cina berdampak cukup serius terhadap ponsel Huawei. Efek dari kondisi tersebut maka semua ponsel Android Huawei tidak lagi dibekali dengan Google Mobile Service.

Artinya banyak aplikasi umum ditemukan pada ponsel Android merek lain tak dimiliki oleh Ponsel Huawei, termasuk di antaranya adalah ketiadaan Google PlayStore yang digantikan oleh Huawei App Gallery.

Bagaimana rasanya menggunakan Huawei AppGallery ini alih-alih Google PlayStore seperti pada umumnya?

Untuk mengakses dan mengunduh aplikasi lewat AppGallery pertama-tama Anda harus memiliki akun AppGallery.

Setelah memiliki akun barulah Anda bisa melakukan akses terhadap pengganti Google Play tersebut.

Soal kemudahan menurut Dombort tak jauh beda antara Google Play Store dengan Huawei AppGallery.
Tak sulit menyesuaikan diri dari kebiasaan menggunakan Google Play ke Huawei AppGallery dari sisi kemudahan.

Pengalaman Menggunakan Huawei AppGallery

Jumlah aplikasi yang tersedia saat ini terbilang besar mencakup kategori Transportation, Communication, Games, Business, Finance, Food dan sebagainya.
Hampir semua aplikasi populer yang umum dipakai pada ponsel Android tersedia di AppGallery.

Bahkan aplikasi bank seperti BCA Mobile dan Permata Mobile pun saat ini juga sudah bisa diunduh dari Huawei AppGallery.

Namun memang ada aplikasi-aplikasi yang tidak tersedia di AppGallery seperti Instagram dan Facebook, untuk dua aplikasi tersebut Anda bisa mengunduh lewat browser.
Untuk aplikasi lain yang tak tersedia di AppGallery dan tidak bisa diunduh melalui brower mau tak mau Anda harus mengunduh file APK –nya.

Kesimpulannya Huawei AppGallery masih berusia muda dibanding Google Play Store sehingga wajar jika jumlah ketersediaan aplikasinya jauh berbeda.
Namun asalkan Anda tak berkeberatan sedikit repot menngunduh aplikasi lewat browser maupun APK pada dasarnya funsionalitas ponsel Huawei tak perlu dikhawatirkan.

Selain itu Huawei sendiri cukup agresif dalam menambah ketersediaan aplikasi di AppGallery termasuk aplikasi-aplikasi lokal.