Realme 6i Dombort

Realme 6i Tunjukkan Ketangguhan di Segmen Dua Jutaan

Realme 6i merupakan ponsel penerus Realme 5i yang sebenarnya baru berusia beberapa bulan saja. Dalam waktu singkat Realme 5 series memikat banyak peminat di kelas budget yang sebelumnya didominasi oleh Redmi dan beberapa merek lokal.

Resep Realme cukup sederhana namun jitu; berikan apa yang perlu dan minimalisir fitur/bagian yang tak dipersepsi substansial oleh target market-nya.
Resep yang sama pula kini diaplikasikan dalam meracik Realme 6i.

Material bodi yang tak dipersepsi sebagai poin signifikan masih mempertahankan plastik, begitu pula layar dengan resolusi setingkat HD yang dinilai sudah cukup memadai.

Sementara pada sisi lain kegegasan menjadi perhatian utama. Demikian pula sektor kamera yang meski di samping lensa utama tak memiliki sensor dengan resolusi cukup tinggi namun keberadaan lensa sudut lebar, lensa makro serta portrait -nya tetap terasa menyenangkan untuk sebuah ponsel dengan harga terjangkau.

Realme 6i dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Realme 6i

OS Realme UI berbasis Android 10
Layar 6.5 inches, 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density)
SoC Mediatek Helio G80 (12 nm)
GPU Mali-G52 MC2
RAM 3 GB
ROM 64 GB
Kamera Utama 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2.25″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.3, 13mm (ultrawide)
2 MP, f/2.4, (macro), 1/5.0″, 1.75µm
2 MP, f/2.4, (depth)
Kamera Swafoto 16 MP, f/2.0, (wide), 1/3.1″, 1.0µm
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Dimensi 164.4 x 75.4 x 9 mm
Berat 199 g

Layar dan Penampilan Realme 6i

Meski dibanderol sedikit lebih mahal dibanding Realme C3 namun ternyata layar yang digunakan kedua ponsel tersebut tidaklah berbeda.
Realme 6i juga dibekali dengan layar berteknologi IPS dengan bentang 6.5 inch yang memiliki tingkat resolusi 1600x 720 pixels.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 6i

Karena bentang layarnya terbilang lebar maka tak mengherankan jika ketajamannya tidak cukup baik. Kala digunakan di luar ruangan tingkat kecerahannya juga tak terasa optimal meski masih tetap terbaca.

Di luar itu kualitas serta reproduksi warna yang dihasilkan sebenarnya masih tergolong baik untuk standar layar ponsel harga dua jutaan lebih sedikit.
Viewing angles yang luas juga menjadikannya sepadan dengan banderol ponsel ini sendiri.

Seperti sudah disinggung di awal bahwa Realme masih merasa bahwa bodi berbahan plastik masih bisa diterima untuk ponsel di kelas ini.
Jadi alih-alih mencoba mengaburkan kesan tersebut misalnya dengan finishing “glasstic” sang produsen justru memilih memberikan pattern yang selama ini memang jadi ciri khas ponsel-ponsel buatannya.

Review Realme 6i

Walaupun menggunakan material plastik namun build quality Realme 6i sangat baik sehingga kala menggenggam terasa solid, jauh dari kesan murahan.

Permukaan matte membuatnya tak terlalu cepat kotor karena noda jari juga cenderung lebih tahan terhadap goresan dibanding permukaan glossy.

Realme 6i memiliki sensor pemindai sidik jari yang diletakkan di bagian belakang. Meski tak terlihat secanggih sensor yang menyatu di layar namun kinerja serta akurasinya sangat baik.

Kesamaan lain Realme 6i dengan Realme C3 kembali terlihat pada bagian speaker. Bukan hanya sama-sama terletak di bagian bawah namun kualitas suara yang dihasilkan oleh kedua ponsel ini juga identik.
Kualitas suaranya tidak benar-benar jernih namun kalau Anda tidak benar-benar memperhatikan sebenarnya fakta ini juga tak terlalu kentara.

Sebaliknya kala disambungkan dengan earphone menurut Dombort kualitasnya terdengar sedikit lebih baik dibandingkan milik Realme C3.

Kamera

Dibandingkan Realme 5i muncul ubahan signifikan di fitur kamera karena kini lensa utamanya menggunakan sensor 48 MP f/1.8 yang didukung oleh PDAF serta teknologi pixel binning 4-in-1.
Sedangkan tiga lensa lainnya adalah lensa ultra-wide 8 MP f/2.2 199 Derajat, lensa makro 2 MP f/2.4 serta lensa mono 2 MP f/2.4.

Pada kondisi pencahayaan ideal di luar ruangan lensa kamera utamanya menghasilkan kualitas foto yang terlihat tajam dengan reproduksi warna mendekati alamiah.
Sayangnya meski memiliki sensor 48 MP kualitas foto yang dihasilkan dalam ruangan serta malam hari tak sebaik ekspektasi awal.

Foto Hasil Kamera Realme 6i

Review Kualitas Kamera Realme 6i

Tampaknya alih-alih masalah sensor kualitas foto di dalam ruangan serta malam hari yang belum optimal ini tampaknya lebih merupakan faktor perangkat lunak. Dombort sendiri berharap Realme akan menangani masalah ini pada pembaruan firmware Realme 6i dalam waktu dekat.

Kamera ultra-wide -nya cukup bermanfaat meski dengan tingkat resolusi rendah.
Sementara untuk dua lensa lainnya Dombort sendiri lebih menganggapnya sebagai gimmick karena kualitas foto yang dihasilkan memang tak cukup memuaskan.

Kamera Ultra Wide Realme 6i

Kegegasan

Realme 6i kembali memanfaatkan chipset Helio buatan MediaTek, kali ini yang dipilih adalah Helio G80 dengan RAM sebesar 3 GB.

Kegegasannya cukup mengesankan, tak hanya untuk urusan harian namun menjalankan game pun terasa mulus dan gegas.
Kehandalannya menjalankan game teruji kala memainkan “NBA 202K” pada tingkat pengaturan maksimal yang sanggup berlangsung tanpa gangguan.

Performa Kegegasan Realme 6i

Pada sisi lain baterai berkapasitas 5.000 mAh yang ditanamkan pada ponsel ini ternyata memiliki stamina rata-rata, dalam arti tidak istimewa.

Dalam pemakaian normal dengan koneksi WiFi serta data 4G terus aktif didapat screen-on-time sepanjang 14 jam.
Sementara proses pengisian ulang daya baterai dari 0-100% sendiri memerlukan waktu sekitar 2 jam lebih 10 menit.

Penilaian untuk Realme 6i

Seperti pendahulunya Realme 6i masih menjadi salah satu opsi terbaik di kelas Rp 2 Juta lebih sedikit.
Kompromi-kompromi kecil seperti bodi berbahan plastik serta layar dengan kualitas HD memang perlu dilakukan, namun kalau Anda menghendaki ponsel gegas dengan harga terjangkau Realme 6i –lah pilihan ideal yang tersedia di pasaran untuk saat ini.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Realme 6i
Author Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
Realme 6i
Price
IDR 2300000
Product Availability
Pre-Order Only