Kelebihan dan Kekurangan Realme 6

Realme 6 Layar Mulus 90 Hz Banderol 3 Juta-an

Realme 6 bagi kebanyakan konsumen kelas menengah dianggap sebagai pilihan ekonomis ketimbang Realme 6 Pro yang kini harganya kurang bersahabat bagi kebanyakan orang.
Setidaknya itulah yang dirasakan Dombort, selama delapan tahun terakhir ini ponsel harian yang dipakai secara pribadi memang berada pada rentang harga Rp 2,8 – 3,5 Juta.

Realme sendiri selama lebih dari setahun tahun belakangan jadi pilihan Dombort, mulai dari Realme 3 Pro dilanjutkan Realme 5 Pro dan karena Realme 6 Pro banderolnya melewati budget maka kini giliran Realme 6 yang jadi pilihan.

Realme 6 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Penilaian dari Dombort untuk Realme 6

Untuk sebuah merek yang usianya masih relatif muda Realme mampu membuktikan diri bersaing dengan Redmi (Xiaomi).
Memang setelah hampir selama dua tahun menjatuhkan pilihan daily driver pada lini “Pro” (Realme 3 Pro dan Realme 5 Pro) dan terpaksa harus turun tingkat ke lini non “Pro” awalnya terasa berat hati.

Tapi rasa berat hati tersebut seketika hilang ketika menikmati layar 90 Hz yang scrolling-nya begitu mulus demikian pula lensa kamera utama yang tak lagi menggunakan sensor besutan Sony ternyata juga tidak membuat kecewa.

Kegegasan, kemulusan layar 90 Hz serta stamina baterai bagi Dombort jadi 3 kekuatan utama Realme 6.
Bagi Anda yang tertarik membaca detilnya silakan melanjutkan ke uraian per bagian di bawah ini.

Spesifikasi Realme 6

OS Realme UI berbasis Android 10
Layar 6.5 inches, 90 Hz, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~405 ppi density)
SoC Mediatek MT6785 Helio G90T (12 nm)
GPU Mali-G76 MC4
RAM 4/8 GB
ROM 128 GB
Kamera Utama 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.72″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.3, 13mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, 22mm (macro), 1/5.0″, 1.75µm
2 MP B/W, f/2.4, (depth)
Kamera Swafoto 16 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3.1″, 1.0µm
Sensor Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing Splash resistant
Baterai Non-removable Li-Po 4300 mAh battery
Dimensi 162.1 x 74.8 x 8.9 mm
Berat 191 g

Desain dan Layar

Saat pertama menerima paket dan membuka kardus Realme 6 hal yang langsung terasa adalah dimensi kardus yang lebih lebar dibanding umumnya ponsel.
Tampaknya ketebalan pengisi ulang daya baterai (charger) dan kabel USB menjadi alasan utama sang produsen memberi dimensi kardus sedemikian rupa.

Selain unit ponsel, pengisi ulang daya baterai dan kabel USB di dalam kardus terdapat pula soft case transparan, buku manual serta SIM card injector.

Build quality ponselnya sendiri seperti ponsel Realme yang sudah-sudah terasa rapih sekaligus solid kala digenggam.
Tidak terlihat ada celah antar bagian yang membuatnya berdecit selama penggunaan.

Dibandingkan Redmi Note 8 Pro kualitas material, finishing serta dimensinya bisa dibilang setara kecuali tingkat ketebalan Realme 6 yang memang lebih dibanding kompetitornya tersebut.

Untuk unit yang diulas dalam artikel ini warna biru dan hitamnya terlihat serasi hingga sekilas bak semuanya merupakan satu bagian.

Kualitas Layar Realme 6

Pada bagian bawah Realme meletakkan lubang kisi-kisi speaker berikut lubang port USB tipe C, konektor audio serta dua lubang lain yang tampaknya berfungsi sebagai micophone.

Ulasan Realme 6

Tombol pengatur volume diletakkan pada bagian samping kiri bersama dengan tray kartu SIM.
Sedangkan tombol daya dengan sensor pemindai sidik jari terintegrasi diposisikan pada bagian kanan.

Pengalaman Pakai Realme 6

Seperti biasa bagian desain paling menarik dari ponsel Realme terletak pada bagian belakang, tak terkecuali untuk Realme 6 ini.
Pendaran warna gradasi yang unik menjadi sentuhan istimewa tersendiri menurut penilaian Dombort.

Pada bagian belakang ini pula terletak empat buah lensa kamera, oleh karena posisinya cukup menonjol Dombort menyarankan selalu menggunakan softcase atau bahkan yang lebih baik untuk melindungi lensa dari goresan utamanya saat diletakkan di permukaan.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 6

Beralih pada bagian depan bentang layar 6.5 inch milik Realme 6 menempati sekitar 84% dari keseluruhan sisi depan, sedikit lebih luas dibanding layar Realme Note 8 Pro. Sementara di sisi kiri atas terdapat lubang lensa kamera swafoto.

Tingkat kecerahan layarnya tercatat 410 cd/m² yang cukup terbaca baik di luar ruangan namun masih kalah dibanding Redmi Note 8 Pro. Konon Redmi Note 9s bahkan lebih baik tapi Dombort belum berkesempatan mencobanya sampai saat ini.

Kelebihan dari layar ini tentu saja terletak pada refresh rate 90 Hz yang belakangan ini seolah jadi fitur andalan Realme.

Benar bahwa belum semua aplikasi mendukung refresh rate setinggi ini, namun secara praktis tingkat refresh setinggi itu bisa dirasakan secara konsisten lewat scrolling jauh lebih mulus dibanding ponsel dengan refresh rate lebih rendah.

Kamera

Sensor kamera utama Realme 6 menggunakan sensor 64 MP Samsung GW1 seperti milik Redmi Note 8 Pro.
Meski demikian sentuhan akhir hasil foto dari kamera kedua ponsel tersebut ternyata tidak sepenuhnya sama.

Warna foto hasil kamera utama Redmi Note 8 Pro menurut pendapat Dombort cenderung mendekati ke arah cool sementara untuk warna foto hasil kamera Realme 6 ini relatif warm.

Pada pengambilan foto di luar ruangan dengan pencahayaan ideal kamera Realme 6 sanggup menghasilkan kualitas foto yang baik untuk standar kamera ponsel sekelas ini.

Tapi seperti halnya semua kamera ponsel sekelasnya tingkat eksposure masih tidak terlihat pas.
Untungnya pada mode “Expert” Anda bisa mengubah tingkat eksposure maupun temperatur warna agar hasilnya lebih mendekati idealisme masing-masing.

Foto Hasil Kamera Realme 6

Sayangnya pada penggunaan di malam hari tingkat noise yang dihasilkan masih terlalu tinggi, masih sedikit lebih baik Realme 5 Pro. Begitu pula dalam kondisi ini Redmi Note 8 Pro masih mengungguli kamera Realme 6.

Mungkin pembaruan firmware nantinya bisa mengatasi kondisi tersebut.

Untuk perekaman video dengan resolusi 4K kualitasnya terlihat cukup baik, tapi auto focus -nya tak sanggup mengimbangi. Begitu kamera bergerak langsung terasa betapa lambatnya kinerja auto focus kamera Realme 6 ini.

Microphone ponsel ini juga terasa kelewat sensitif sehingga bahkan tiupan angin yang sebenarnya tak seberapa besar pun bisa ikut terekam di videonya.

Kegegasan

Mengandalkan kombinasi antara chipset Helio G90T besutan MediaTek beserta GPU Mali G76 pada dasarnya tingkat kegegasan yang ditawarkan untuk pemakaian harian terasa mumpuni.
Kombinasi ini juga digunakan oleh Redmi Note 8 Pro.

Kala digunakan menjalankan “PUBG” dengan tingkat detil “high” serta depth of vision “maximum” ternyata Realme 6 sanggup menjalankan secara umum tanpa kendala berarti selama permainan berlangsung.

Audio

Sebagai ponsel kelas menengah dengan harga kurang dari Rp 4 Juta wajar jika Realme 6 belum dilengkapi dengan speaker ganda.

Tingkat volume yang dihasilkan sebenarnya termasuk tinggi, namun konsekuensinya kualitas suara terdistorsi.
Untuk menghindari distori tersebut berdasar pengalaman Dombort tingkat volume maksimal yang bisa dipatok adalah sekitar 70-80%.

Tanpa menggunakan headphone atau speaker eksternal secara umum karakter dan kualitas suara Realme 8 mirip dengan Redmi Note 8 Pro.

Stamina Baterai

Baterai berkapasitas 4300 mAh yang ditanamkan pada Realme 6 memerlukan waktu sekitar 162 menit untuk melakukan pengisian ulang daya dari 1% ke 100%.
Sementara setiap menit pemakaian ponsel ini mengkonsumsi daya baterai sebanyak 7,32 mA.

Implementasinya dalam penggunaan normal ala Dombort baterai Realme 6 sanggup bertahan selama lebih kurang 2 sampai 3 hari.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Realme 6
Author Rating
31star1star1stargraygray
Product Name
Realme 6 8 GB/128 GB
Price
IDR 3799000
Product Availability
Available in Stock