Review Kamera Vivo V19

Vivo V19 Prosesor Lawas Tapi Kameranya Menawan

Maret lalu Vivo V19 resmi dirilis di Indonesia, tapi gaungnya tenggelam oleh Realme 6 Pro terlebih semenjak kehadiran Redmi Note 9 Pro yang diakui lebih ekonomis dan worth the money.
Dombort tak hendak bermaksud berkata kalau ketiga ponsel tersebut berada dalam kelas dan segmen yang sama, hanya saja pada kenyataannya preferensi konsumen lebih kepada dua kompetitor tersebut ketimbang Vivo V19.

Sekalipun demikian Vivo V19 sama sekali bukan ponsel yang mengecewakan, apalagi buruk. Selama uji pakai tepat 15 hari Dombort puas dengan kegegasan, hasil dan performa kameranya serta kecepatan dalam mengisi ulang daya baterai (recharging).
Tapi dengan banderol harga 4,3 Juta-an terus terang tidak mudah untuk menempatkannya sebagai salah satu opsi dibanding beberapa merek lain yang banderolnya terasa lebih ramah untuk kantong Dombort.

Bila Anda masih tertarik mempertimbangkan ponsel ini sebagai salah satu alternatif pilihan, silakan simak beberapa poin ulasan berikut ini:

Keunggulan Vivo V19 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Vivo V19

OS Funtouch 10.0 berbasis Android 10
Layar Super AMOLED 6.44 inches, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~409 ppi density)
SoC Qualcomm SDM675 Snapdragon 675 (11 nm)
GPU Adreno 612
RAM 8 GB
ROM 128/256 GB
Kamera Utama 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
Kamera Swafoto 32 MP, f/2.5, 23mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm
Sensor Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 4500 mAh battery
Dimensi 159 x 74.2 x 8.5 mm
Berat 176 g

Desain dan Layar

Ponsel merek Vivo, Oppo dan Realme senantiasa tampil dengan desain unik, mencolok dan dinamis. Tak terkecuali halnya dengan Vivo V19 ini tampil dengan pilihan warna yang atraktif tentu dibarengi build quality yang pula tak mengecewakan.

Beda soal atraktif, beda soal keaslian ide. Alih-alih menghadirkan desain khas sendiri Dombort justru merasa bahwa Vivo mengambil jalan pintas meniru penampilan Huawei P40 Pro.
Entah apa langkah tersebut sekedar langkah pintas atau dimaksud menunjukkan bahwa karena ketangguhan kameranya Vivo V19 ingin konsumen mempersepsinya sebagai alternatif ramah kantong bagi Huawei P40 Pro.

Pastinya jika hanya melihat sekilas lalu tanpa memperhatikan warnanya pula tidaklah mudah membedakan penampilan Vivo V19 dengan Huawei P40 Pro.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V19

Pada bagian depan sang produsen menempatkan lensa kamera swafoto di tepi kanan atas. Meski Vivo mengklaim lubang lensa kamera tersebut adalah yang terkecil dibanding pomsel lain, menurut Dombort penempatan tersebut sedikit canggung. Sebab kala tangan kanan hendak menurunkan panel notifikasi kerap menyentuh lensa kamera itu.

Layar Super AMOLED 6.44 inch dengan resolusi setara Full HD+ yang dipasangkan untuk Vivo V19 memiliki tingkat kecerahan tinggi hingga jelas terbaca di luar ruangan.
Seperti umumnya layar berteknologi AMOLED tingkat saturasi serta kepekatan warna hitamnya terasa sebagai nilai plus terutama saat digunakan memutar video atau menjalankan game.

Layar itu sendiri dilapis dengan Corning Gorilla Glass untuk meminalisir kemungkinan muncul goresan selama pemakaian.

Kegegasan dan Baterai

Meski membanderolnya dengan harga lebih dari Rp 4 Juta tampaknya Vivo masih cukup nyaman menjejalkan SoC Snapdragon 675 buatan Qualcomm untuk Vivo V19 ini.
Padahal di pasar India ponsel yang sama sudah menggunakan Snaapdragon 712 yang meski juga termasuk lawas namun performanya sedikit lebih baik dibanding Snapdragon 675.

Untungnya selain dari fakta bahwa chipset tersebut adalah teknologi lawas namun kegegasan Vivo V19 selama pengujian tidak mengecewakan.
RAM dengan kapasitas yang besar juga membuat proses multitasking berjalan mulus.

Pengguna ponsel ini masih bisa memainkan game-game popular selama tidak diposisikan pada tingkat pengaturan grafis dan detil maksimum.

Dilengkapi dengan baterai 4500 mAh proses pengisian ulang daya baterai menggunakan pengisi ulang (charger) bawaan selama 30 menit sanggup memulihkan daya dari 0-50%.

Kamera Vivo V19

Salah satu alasan Vivo hanya menjejalkan jantung performa berupa Snapdragon 675 konon agar mereka tetap bisa memberikan modul kamera handal tanpa dipaksa meningkatkan banderolnya.

Pada bagian belakang Vivo V19 dilengkapi dengan empat lensa kamera masing-masing adalah lensa utama dengan sensor 48 MP, lensa ultra wide dengan sensor 8 MP, serta kamera makro dan bokeh masing-masing memiliki sensor 2 MP.

Menggunakan lensa utama 48 MP kamera Vivo V19 terbukti mampu menghasilkan kualitas foto mengagumkan dengan tingkat detil tinggi dan warna tajam baik di luar maupun dalam ruangan.
Ada kalanya foto-foto tersebut menjadi overexposed namun masih bisa dimaklumi.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V19

Kamera sudut lebarnya masih mampu mempertahankan tingkat detil yang lumayan, walau tentu tak sebaik lensa utama. Selain itu FOV –nya hanya terbatas hingga 105 Derajat, padahal beberapa kompetitor sudah menawarkan nilai di atas itu.
Pada penggunaan di malam hari mulai terlihat munculnya noise tapi Dombort masih mengkategorikannya pada tingkat wajar.

Namun bintang sesungguhnya dari kamera Vivo V19 ini terletak pada kamera swafoto yang terdiri atas lensa dengan sensor 32 MP.
Hal ini terlihat pada begitu banyaknya opsi dan filter yang disediakan.
Hasilnya pun terlihat istimewa untuk standar kamera swafoto ponsel seharga Rp 4 Juta-an.

Singkatnya keunggulan utama Vivo V19 ini memang terletak pada fitur kamera, dan tampaknya satu-satunya alasan mempertimbangkan ponsel ini dibanding para kompetitor memang pada kualitas kamera ini.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Vivo V19
Author Rating
31star1star1stargraygray
Product Name
Vivo V19 8/128 GB
Price
IDR 4299000
Product Availability
Available in Stock