5 Hal Ini Wajib Diperhatikan Kala Memilih Laptop

5 Hal Ini Wajib Diperhatikan Kala Memilih Laptop

Memilih dan membeli laptop saat ini jadi sebuah proses yang gampang-gampang susah. Keberagaman rentang harga, spesifikasi, merek, fitur dan seterusnya pada satu sisi memberi keluasan opsi tapi pada sisi lain tak jarang justru membuat bingung dalam proses keputusan beli.

Artikel berikut ini disiapkan untuk membantu Anda dalam proses keputusan beli, tujuannya memberi panduan pokok yang memudahkan dalam memilih dan akhirnya memutuskan membeli sebuah laptop.

Layanan Purna Jual

Merek lokal maupun merek dari luar negeri berkelimpahan saat ini bahkan pabrikan seperti Huawei dan LG yang tadinya lebih identik sebagai produsen ponsel maupun elektronik rumah tangga semenjak beberapa tahun terakhir ini turut terjun di produk laptop.

Tapi alih-alih sekedar mempertimbangkan nama besar sebuah merek, atau kecintaan terhadap merek lokal ada hal lebih penting yang perlu dipertimbangkan kala hendak membeli laptop. Faktor tersebut adalah layanan purna jual.

Pelajari dan carilah referensi dari pemakai setia merek-merek tertentu, Anda bisa mempelajari bagaimana pengalaman saudara atau teman yang setia terhadap merek-merek tertentu ketika diharuskan berhubungan dengan proses perbaikan.

Akses terhadap layanan purna jual juga bisa jadi berbeda di setiap wilayah, karenanya penting untuk mempertimbangkan outlet perbaikan resmi yang paling mudah dijangkau di tempat Anda tinggal.

Jangka waktu atau masa garansi setiap merek juga tidak persis sama, untuk penggantian komponen umumnya memang hanya dua tahun namun untuk jasa bisa ada perbedaan kebijakan antara satu merek dengan merek yang lain.

Dombort sendiri cenderung memilih produsen yang memberikan garansi jasa setidaknya selama empat tahun.

5 Hal Ini Wajib Diperhatikan Kala Memilih Laptop

Media Penyimpanan SSD vs HDD

Terkait media penyimpanan kebanyakan calon pembeli sekedar mempertimbangkan kapasitas namun lupa bahwa tipe SSD dan HDD memberi perbedaan besar dari sisi performa.

Media penyimpanan tipe SSD mampu bekerja lebih cepat dibandingkan tipe HDD, selain itu SSD dipercaya lebih awet ketimbang HDD.

Jadi lain kali ketika hendak memilih laptop jangan sekedar melihat spesifikasi prosesor, GPU dan RAM semata tapi perhatikan juga tipe media penyimpanan yang digunakan oleh laptop tersebut.

Layar Laptop

Umumnya orang membeli laptop dengan pertimbangan mobilitas, tapi kini tak sedikit pula yang memilih laptop ketimbang desktop dengan pertimbangan menghemat ruang.

Karenanya penting juga menyesuaikan kebutuhan dengan bentang layar. Bagi Anda yang memperimbangkan aspek mobilitas maka laptop dengan bentang layar 11 inch terasa praktis.

Tapi laptop dengan bentang layar minim tersebut tidaklah nyaman dipakai bekerja terlalu lama. Selain karena bentang layar yang minim dimensi keyboard -nya juga sempit sehingga terasa melelahkan untuk pemakaian berdurasi panjang.

Sebaliknya bagi Anda yang minim mobilitas namun tetap menghendaki laptop dengan pertimbangan menghemat pemakaian ruang rasanya laptop dengan layar 15 inch lebih ideal.
Laptop dengan bentang layar 15 inch tidak membuat mata merasa lelah secepat kala menggunakan laptop 11 inch.
Selain itu keyboard -nya juga lebih lebar sehingga jari-jari tangan bisa bergerak lebih nyaman kala mengetik.

Bagaimana kalau Anda memerlukan keberimbangan antara mobilitas dan kenyamanan?
Kompromi tersebut bisa diperoleh dari laptop dengan bentang layar 13 inch.

Selain dimensi/bentang layar yang tak kalah penting juga mempertimbangkan antara pilihan layar konvensional dengan layar sentuh.
Layar sentuh memang terasa praktis dan futuristis namun pada sisi lain sampai sekarang teknologi layar sentuh masih sekedar bisa diperoleh lewat layar bertipe glossy sehingga kurang nyaman kala digunakan di luar ruangan atau menerima pantulan cahaya dari luar.

Kalau memang layar sentuh bukan menjadi kebutuhan, Dombort sendiri lebih menyukai layar konvensional (non sentuh) dengan alasan bebas refleksi dan nyaman digunakan di luar ruangan.

Pertimbangan dalam Memilih Laptop

Terakhir adalah tingkat resolusi, untuk sekedar mengetik tentu tak jadi soal tapi lain halnya kalau Anda banyak melakukan editing foto atau video maka tingkat resolusi akan jadi pertimbangan serius karena berimbas pada akurasi warna.

Pilih Model yang Memungkinkan Upgrade

Memang perbedaaan mendasar antara laptop dengan desktop terletak pada keleluasaan melakukan upgrade.
Walau demikian di antara sekian banyak pilihan laptop masih ada laptop-laptop yang memberi sedikit keluasaan melakukan upgrade setidaknya sekedar untuk peningkatan kapasitas RAM dan media penyimpanan.

Untuk mengetahui informasi tersebut Anda harus menanyakan ke vendor yang bersangkutan.
Dombort sendiri menilainya penting karena memengaruhi seberapa lama kira-kira laptop tersebut pantas dipertahankan.

Keaslian

Sampai saat ini laptop non resmi/ilegal/grey market masih terlihat beredar di Indonesia baik secara daring maupun luring karenanya sebelum memutuskan membeli pastikan barang tersebut merupakan produk bergaransi resmi dari vendor. Bukan garansi resmi dari toko/penjual karena itu artinya laptop tersebut ilegal.

Dari sisi idealisme membeli laptop ilegal sama saja mendukung kecurangan terhadap negara, dari sisi praktis kalau nantinya bermasalah Anda akan kesulitan meminta penggantian, perbaikan dan sebagainya.