Aplikasi Android yang Tak Perlu Diinstall

Aplikasi-aplikasi yang Baiknya Tidak Diiinstall di Ponsel

Google PlayStore makin hari makin disesaki oleh begitu banyak aplikasi. Beragamnya aplikasi tersebut kerap menggoda pengguna ponsel untuk menjelajah dan mencoba terutama jika dianggap menarik atau meningkatkan performa ponselnya.

Meski banyak aplikasi yang menjanjikan peningkatan performa ponsel namun sebagian besar diantaranya sebenarnya tidak benar-benar diperlukan. Tak sedikit dari aplikasi-aplikasi tersebut yang menawarkan kemampuan yang sesungguhnya sudah bisa dilakukan tanpa aplikasi tersebut.

Untuk menghindari menggunakan aplikasi yang tak perlu, berikut Dombort mengelompokkan beberapa jenis aplikasi peningkat performa yang baiknya dihindari.

Aplikasi Pembersih (Cleaning)

Aplikasi jenis ini pada deskripsinya menjanjikan peningkatan kegegasan ponsel dengan mengoptimalkan RAM atau membersihkan file-file yang tidak diperlukan lagi.
Meski berkesan masuk akal namun bukan berarti Anda perlu melakukan instalasi ke perangkat ponsel yang dimiliki.

Alasannya sistem operasi Android sendiri sudah memiliki kemampuan yang sama. Anda cukup masuk ke bagian Setting >> Storage >> Cached data maka proses pembersihan cached data pun segera berlangsung dan beban RAM akan berkurang.

Begitu pula kalau Anda berkehendak membersihkan cache data terbatas pada aplikasi-aplikasi tertentu saja maka cukup mengakses strongSetting >> Apps >> Downloaded lalu pilih aplikasi yang ingin dibersihkan cache -nya lalu pilih Clear cache.

Cara tersebut bukan hanya membebaskan RAM namun juga menghemat konsumsi baterai, persis seperti yang dijanjikan oleh aplikasi-aplikasi peningkat kegegasan.

Memang menggunakan aplikasi tersebut prosesnya terasa lebih praktis namun kelemahannya keberadaan aplikasi itu sendiri menyita ruang penyimpanan, umumnya dijejali iklan dan belum lagi permintaan akses yang disyaratkan.

Aplikasi Penghemat Baterai Ponsel

Aplikasi Penghemat Baterai

Aplikasi penghemat baterai juga tidak jauh berbeda, sebab pada dasarnnya aplikasi ini hanya menonaktifkan aplikasi yang berjalan di belakang (background) untuk meminimalisir penggunakan daya baterai.
Terkadang bahkan dalam deskripsi disebutkan bahwa aplikasi ini juga meningkatkan kecepatan proses pengisian ulang daya baterai (recharging).

Secara manual proses tersebut bisa Anda lakukan sendiri. Sekali lagi tidak sepraktis menekan satu tombol seperti kala menggunakan aplikasi pihak ketiga namun jelas lebih aman.

Keyboard

Aplikasi keyboard harus diakui memberikan kemampuan kustomisasi yang memudahkan pengguna namun Anda perlu berhati-hati dalam memilihnya.
Jangan lupa bahwa aplikasi keyboard berpeluang mencatat semua kata yang Anda ketikkan termasuk tentunya password.

Salah-salah demi kenyamanan dan kustomisasi malah keamanan dan privacy Anda dipertaruhkan.