Harga Xiaomi Redmi 4 dan Review

Harga Xiaomi Redmi 4 Rp 1,8 Juta jika mengacu dari beberapa toko HP online yang menawarkan produk tersebut lewat beberapa marketplace populer seperti Lazada dan Bukalapak. Lini merek Redmi sendiri merupakan lini terpopuler dijajaran handphone Xiaomi karena harga yang sangat terjangkau.

Beberapa pendahulu Xiaomi Redmi 4 seperti Redmi 3 Prime dan Redmi 3s sampai saat ini pun masih banyak diminati oleh calon konsumen dengan anggaran terbatas. Bagaimana dengan Redmi 4 sendiri? Pembaruan apa saja yang ditawarkan olehnya dibanding generasi sebelumnya?

Also Read: Harga Xiaomi Redmi 4 Prime dan Spesifikasi Terkini

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 4

Spesifikasi Xiaomi Redmi 4

Spesifikasi Teknis Xiaomi Redmi 4
Bobot 156 gram
Layar IPS LCD 5.0 inch, FHD (1920 x 1080)
Pelindung Layar 2.5D Curved Glass Protection
Sistem Operasi MIUI 8 berbasis Android 6.0 Marshmallow
Chipset Qualcomm Snapdragon 430
Prosesor Octa-Core
Storage 16 GB, microSD up to 128 GB
RAM 2 GB
Kamera Sekunder 5 MP
Kamera Primer 13 MP with LED flash, PDAF
Sensor Fingerprint, accelerometer, A-GPS, GLONASS
Baterai 4100 mAh
Harga Lihat Disini

Desain dan Build Quality

Penampilan Xiaomi Redmi 4 sangat berbeda jika dibanding kebanyakan HP Android 1 Jutaan yang ada di bursa ponsel selama ini. Pasalnya sang produsen menerapkan desain elegan dengan berbalut metal meski bahasa desainnya sendiri tidak baru sama sekali sebab beberapa handphone Xiaomi terbaru lainnya juga mengadopsi penampilan serupa.

Soal kualitas pengerjaan lagi-lagi Xiaomi layak mendapat acungan jempol, selain rapi juga kualitas tombol-tombol fisik di bagian tepi terasa tactile jauh dari kesan murahan yang umum didapat dari sebuah HP Android harga kurang dari 2 Jutaan.

Pada bagian depan layar berukuran 5 inch dengan resolusi setara HD secara teknis tidak terkesan istimewa, namun untuk standar HP Android 2 Jutaan kualitas ketajaman serta tingkat kecerahannya terbilang baik.

Harga Xiaomi Redmi 4 dan Spesifikasi

Seperti biasa di atas layar terdapat lensa kamera sekunder dengan sensor 5 MP serta LED notifikasi yang bisa dikustomisasi. Sebagaimana umumnya ponsel Android kelas low-end tombol capacitive pada Redmi 4 ini belum didukung backlit.

Beralih ke bagian belakang selain lensa kamera utama 13 MP dengan f/2.2 dan dual LED flash terdapat pula sensor pemindai sidik jari yang bekerja cepat serta akurat ketika diuji. Xiaomi masih mempertahankan IR blaster pada Redmi 4.

Speaker -nya yang memiliki kisi-kisi terletak di bagian bawah menghasilkan kualitas suara terbilang baik untuk standar ponsel kelas low-end.

Performa

Unit yang diulas adalah Xiaomi Redmi 4 versi standar yang mengandalkan prosesor octa-core chipset Snapdragon 430 dengan RAM 2 GB dan kapasitas memori internal 16 GB. Sang produsen juga menyediakan versi lain yaitu Xiaomi Redmi 4 Prime dengan Snapdragon 625, media penyimpanan 32 GB serta kapasitas RAM 3 GB.

Sistem operasi Android 6.0 yang dijalankan oleh handphone Xiaomi terbaru di segmen low-end ini menggunakan tampilan antar muka MIUI versi 8, untuk versi global sebagaimana diuji pada ulasan ini sudah terintegrasi dengan Google services dan tidak mengusung bloatware yang menjadi ciri khas MIUI.

Untuk penggunaan sehari-hari performanya sangat memuaskan serta fluid, tidak muncul situasi lag serta hiccups

Beberapa game 3D yang sempat dijalankan para Redmi 4 ini juga mampu berjalan cukup lancar meski tidak sebaik kala menggunakan ponsel kelas di atasnya tentu saja.

Kamera Xiaomi Redmi 4

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 4

Kamera utama dengan sensor 13 MP f/2.2 milik Redmi 4 mampu menghasilkan tingkat ketajaman serta reproduksi warna yang cukup baik di luar ruangan dengan kondisi pencahayaan ideal, meski jika diamati dynamic range-nya tidak terlalu baik namun bisa diatasi dengan menggunakan mode HDR.
Sementara di malam hari dan di dalam ruangan selain warna yang ditampilkan menjadi tidak tajam juga detil dari foto-foto tersebut tampak minim.

Stamina Baterai

Kelebihan Xiaomi Redmi 4 lainnya bisa dilihat dari kapasitas baterai yang relatif besar dibanding spesifikasinya yaitu 4100 mAh. Tak heran jika kala digunakan secara intensif baterai ini masih mampu bertahan selama dua hari, sedangkan untuk pemakaian normal bahkan baterai ini sanggup bertahan selama empat hari.

Xiaomi Redmi 4 Indonesia

Meski chipset yang ditanamkan ke ponsel ini sudah mendukung fast charging namun pihak pabrikan tidak menyertakan charger untuk memanfaatkan fitur tersebut. Dengan menggunakan charger bawaan diperlukan waktu sekitar 2 jam untuk mengisi ulang daya baterai dari 0-100%.

Harga Xiaomi Redmi 4 di Indonesia

Xiaomi Redmi 4
Gold
Jual Xiaomi Redmi 4
Jual Xiaomi Redmi 4

Seperti sudah disebutkan di atas bahwa harga Xiaomi Redmi 4 di Indonesia saat artikel ini dipublikasikan dibanderol Rp 1,8 Juta-an. Untuk harga yang ditawarkan itu meski dengan beberapa kekurangan yang dimiliki pantas rasanya menyebut Redmi 4 sebagai salah satu HP Android 2 Jutaan Terbaik yang ada di pasaran saat ini.

Harga Xiaomi Redmi 4 dan Spesifikasi
Harga Xiaomi Redmi 4 dan Review | Ponsel Dombort | 4.5