Review Samsung Galaxy A21s

Samsung Galaxy A21s Tak Sepenuhnya Kalah dari Redmi Note 9

Samsung Galaxy A21s bagi kebanyakan orang mungkin tak jadi pilihan utama mengingat di kelasnya sudah ada Redmi Note 9 yang lebih populer ketimbang ponsel buatan Korea itu.
Samsung memang punya sejarah inferior dari Redmi (Xiaomi) untuk segmen di luar high-end, maka tak heran jika Galaxy A21 s pun tak dapat perhatian yang sama seperti Redmi Note 9.

Lantas kenapa Dombort tertarik mengulasnya jika ponsel ini minim peminat? Alasannya sederhana, bagi kelompok usia tertentu (lebih tua) nama Samsung dirasa lebih memberi keamanan ketimbang Redmi. Tentu bagi Dombort penilaian tersebut tak lebih dari sekedar persepsi, sebab layanan purna jual Xiaomi/Redmi saat ini sama sekali tak kalah dari Samsung.

Pastinya meski basis konsumennya tak sebesar di masa lalu tapi Samsung masih punya konsumennya sendiri. Alasan inilah yang menjadikan Samsung Galaxy A21s dipilih untuk diulas pada artikel kali ini.

Berdasar pengalaman selama beberapa waktu secara keseluruhan memang Redmi Note 9 memberikan value lebih baik dibanding Galaxy A21s ini. Tapi ponsel kelas menengah buatan Samsung ini juga tak inferior-inferior amat.

Kegegasannya cukup baik, kualitas audionya bahkan lebih baik ketimbang Redmi Note 9 karena kekuatannya lebih merata di setiap frekuensi dibanding Redmi Note 9.
Bahkan di fitur kamera meski menggunakan sensor yang sama namun Galaxy A21s mampu menghasilkan kualitas foto sedikit lebih baik dibanding kamera milik Redmi Note 9.

Silakan simak uraian bagian per bagian di bawah jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang Samsung Galaxy A21s ini.

Samsung Galaxy A21s dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Samsung Galaxy A21s

OS One UI 2.0 berbasis Android 10
Layar 6.5 inch 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density)
SoC Exynos 850 (8nm)
GPU Mali-G52
RAM 3/6 GB
ROM 32/64 GB
Kamera Utama 48 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
Kamera Swafoto 13 MP, f/2.2, (wide), 1/3.1″, 1.12µm
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Dimensi 163.7 x 75.3 x 8.9 mm
Berat 192 g

Desain dan Layar

Penampilan Galaxy A21s cukup menarik meski masih sepenuhnya menggunakan material plastik. Kesesuaian warna pada setiap unsur dari bodi ponsel ini memberikan kesan elagan sekaligus atraktif.

Kualitas layar Samsung Galaxy A21s

Oleh karena bagian belakangnya belum menggunakan material serat kaca maka keuntungannya ponsel ini tidak terasa licin dalam genggaman.
Namun kalau Anda memilih opsi warna terang (putih) baiknya bersiap bakal banyak noda jari tertempel di bodi bagian belakang selama penggunaan.

Penempatan tombol–tombolnya juga ideal dalam arti ergonomis serta mudah diraih oleh jari-jari.
Bicara soal jari, Samsung menempatkan sensor pemindai sidik jari pada bagian belakang tepatnya di tengah.

Pemindai sidik jari di belakang memiliki keuntungan tertentu sebab kala mengangkat ponsel tidak bakal sering terjadi ketidaksengajaan mengakses sensor pemindai tersebut seperti halnya pada ponsel dengan pemindai yang menyatu dengan tombol daya.

Beralih pada bagian depan tampaknya untuk menghemat biaya produksi dan memastikan harga jualnya tetap kompetitif maka Samsung pilih menggunakan teknologi TFT untuk Samsung Galaxy A21s ini. Bagi Anda yang menghendaki layar AMOLED mungkin lebih baik mempertimbangkan Galaxy M21 yang harganya setara namun sudah menggunakan teknologi AMOLED pada layanya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A21s

Namun bagi Dombort masalahnya bukan pada layar berteknologi AMOLED atau bukan, masalahnya Samsung terlihat kelewat pelit pada bagian ini.

Pertama-tama layar ini tidak memberikan keleluasaan pengguna untuk mengatur temperatur warna sesuai selera masing-masing. Hal kedua ketika digunakan di luar ruangan tingkat kecerahannya tidak terlihat cukup baik meski sudah diatur pada tingkat kecerahan maksimal.

Kala digunakan di bawah terik matahari layar ini terasa sulit dibaca, mengingatkan Dombort pada Nokia Lumia 710 yang sempat dimiliki Dombort sekitar tahun 2012.

Cukup mengecewakan mengingat biasanya fitur layar menjadi salah satu kekuatan ponsel-ponsel buatan Samsung.

Kegegasan dan Stamina Baterai

Dengan mengandalkan Exynos 850 sebagai jantung performa yang dikenal efisien dalam menggunakan sumber daya kegegasan Samsung Galaxy A21s untuk pemakaian harian terbilang lumayan atau kata orang so-so lah.

Kecepatannya tak akan membuat Anda terpukau, namun juga tidak akan menguras kesabaran karena harus menunggu kelewat lama.

Tentu saja untuk game-game populer seperti “PUBG” atau “Call of Duty” pengguna dituntut untuk lebih sabar selama permainan karena banyak sekali muncul gejala lag sekalipun semua pengaturan sudah diposisikan pada tingkat paling rendah.

Untuk pemakaian normal ala Dombort baterai ponsel ini sanggup bertahan sekitar 2 hari. Pemakaian wajar ini meliputi browsing, memutar YouTube dan sesekali memainkan game “Mobile Legends” atau “Injustice 2”.

Sebaliknya proses pengisian ulang daya baterai menjadi kekurangan tersendiri sebab dari posisi 0-100% memakan waktu tak kurang dari 2 jam dan 26 menit.

Kamera

Seperti sempat disinggung sebelumnya bahwa Samsung Galaxy A21s ini menggunakan sensor kamera utama yang sama seperti Redmi Note 9 yaitu S5KGM2 besutan Samsung sendiri.
Sensor ini memang jamak dipakai pada hampir semua ponsel dikisaran harga ini dan sudah terbukti hasilnya tak mengecewakan.

Namun demikian bukan berarti kualitas foto hasil akhirnya akan sama pada setiap ponsel yang menggunakan sensor ini. Sebab faktor pemrosesan lewat perangkat lunak juga berperan terhadap hasil akhir tersebut.

Dalam hal ini kamera Samsung Galaxy A21s mampu mengungguli kamera Redmi Note 9.
Tingkat exposure-nya terlihat lebih baik, demikian pula halnya dengan ketajaman dan reproduksi warna yang lebih alamiah.

Karena menyangkut perangkat lunak maka Dombort tak bisa memastikan apakah kamera Samsung Galaxy A21s bakal terus unggul dibanding kamera Redmi Note 9 atau akan berbalik. Pastinya dengan versi firmware saat pengujian kamera Galaxy A21s mampu mencapai hasil yang lebih baik.

Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy A21s

Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy A21s Makro

Pada lensa sudut lebar Samsung juga mampu mencapai hasil lebih baik dibanding Redmi Note 9, selain lebih luas tingkat distorsi yang dihasilkan juga terlihat lebih minim.
Namun pada mode ini juga Dombort merasakan ketidakpuasan terhadap hasil akhir karena foto-foto terlihat cenderung gelap

Secara umum kala digunakan di luar ruangan dengan kondisi cahaya ideal kamera Samsung Galaxy A21s ini sanggup menghasilkan kualitas foto yang sangat memuaskan untuk standar ponsel di kisaran harga ini.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Samsung Galaxy A21s 3GB
Author Rating
31star1star1stargraygray
Product Name
Samsung Galaxy A21s 3GB
Price
IDR 2599000
Product Availability
Available in Stock