Ulasan Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Samsung Galaxy Note 20 Ultra Layar Luas Nyaris Tanpa Bezel

Samsung Galaxy Note 20 Ultra menurut Dombort adalah ponsel dengan penampilan terbaik (best looking phone) yang pernah dibuat sampai bulan Agustus 2020 ini terutama utama warna”Mystic Bronze”.
Bukan sekedar terbaik di antara sesama ponsel Android tapi bahkan sekali lagi secara subjektif ponsel ini tampil lebih menarik dibanding iPhone 11 Pro series.

Dimensinya memang besar namun sejak awal kelahirannya seri Galaxy Note memang tak pernah ditujukan bagi pengguna yang bekeberatan dengan dimensi besar.
Kemajuan penyempurnaan S-Pen yang jadi ciri khas Galaxy Note terasa nyata dibanding pendahulunya, demikian pula di sektor kamera Samsung melakukan pembenahan ke arah positif jika dibanding Galaxy S20 Ultra.

Tak cukup sampai di situ tentunya, Samsung memberikan perhatian pula pada bagian lain seperti kualitas layar yang membuatnya tak sekedar lebar namun sanggup menampilkan tingkat ketajaman dan saturasi warna ideal.
Tampilan antar muka OneUI versi 2.5 memberi pengalaman menyenangkan, tak seperti predikat Samsung Galaxy di masa lalu kala masih menggunakan TouchWiz.

Benar bahwa lagi-lagi konsumen di Indonesia masih harus berpuas dengan pilihan prosesor Exynos alih-alih Snapdragon, namun baik untuk penggunaan harian maupun menjalankan game berat nyatanya semua berjalan lancar.

Kurang lebih begitulah impresi terhadap Samsung Galaxy Note 20 Ultra yang baru saja dirilis di Indonesia. Bila Anda tertarik detilnya silakan melanjutkan membaca ulasan berikut ini.

Samsung Galaxy Note 20 Ultra dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 20 Ultra

OS One UI 2.5 berbasis Android 10
Layar Dynamic Super AMOLED 6.9 inches, 1440 x 3088 pixels (~496 ppi density), Gorilla Glass Victus
SoC Exynos 990 (7 nm+)
GPU Mali-G77 MP11
RAM 8 GB
ROM 256/512 GB
Kamera Utama 108 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.33″, 0.8µm, PDAF, Laser AF, OIS
12 MP, f/3.0, 120mm (periscope telephoto), 1.0µm, PDAF, OIS, 5x optical zoom, 50x hybrid zoom
12 MP, f/2.2, 120˚, 13mm (ultrawide), 1/2.55″, 1.4µm)
Kamera Swafoto 10 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/3.2″, 1.22µm, Dual Pixel PDAF
Sensor Fingerprint (under display, ultrasonic), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, ANT+, Samsung Wireless DeX (desktop experience support)
Waterproofing IP68
Baterai Non-removable Li-Po 4500 mAh battery
Dimensi 164.8 x 77.2 x 8.1 mm
Berat 208 g

Desain dan Layar

Sekali lagi Dombort tegaskan bahwa selera subjektif Dombort masih meyakini Samsung Galaxy Note 20 Ultra adalah ponsel dengan penampilan terbaik yang pernah dibuat hingga hari ini.
Aura modern berpadu elegan begitu kental terlihat sejak pertama kali membuka boks seri terbaru dari keluarga Galaxy Note ini.

Mengoperasikan Galaxy Note 20 Ultra dengan satu tangan jelas merupakan tindakan mustahil tapi bagi pengguna setiap seri Galaxy Note fakta itu bukan fakta baru.
Dari sisi feel ketika mengenggamnya justru hal yang lebih pantas disebutkan adalah perasaan solid sebagai hasil perpaduan apik antara ketepatan bobot dengan kualitas finishing.

Desain Samsung Galaxy Note 20

Pada bagian belakang modul kameranya memang menonjol, bahkan tonjolan tersebut mungkin adalah yang paling kentara dibanding semua ponsel yang pernah dicoba Dombort selama tahun 2020.
Tapi pengorbanan kecil tersebut sejujurnya tak berarti dibanding pengalaman istimewa secara keseluruhan yang diberikan oleh ponsel ini.
Selain itu sisi belakang sama halnya dengan bagian depan sudah terlindung oleh Gorilla Glass Victus, sedangkan bagian modul kamera dilapis Corning Gorilla Glass 6 sehingga setidaknya sanggup memberikan sedikit rasa tenang dari peluang munculnya goresan.

Untuk seri terbarunya ini Samsung memutuskan memindah posisi S-Pen dari kanan ke kiri, mungkin bagi yang sudah terbiasa menggunakan seri Galaxy Note akan memerlukan penyesuaian tapi bagi Dombort yang selama ini sekedar menikmati pinjaman kondisi ini tak terasa menyulitkan.

Beralih ke fitur layar, seperti biasa Samsung selalu memberikan kualitas layar terbaik untuk semua seri flagship -nya.
Pada Samsung Galaxy Note 20 Ultra ini disematkan layar Dynamic AMOLED dengan bentang 6.9 inch yang memiliki tingkat kecerahan hingga 150 nits dan refresh rate 120 Hz.

Nilai refresh rate 120 Hz tersebut adalah nilai tertinggi pada penggunaannya Samsung menyertakan teknologi adaptive refresh rate antara 60-120 Hz untuk memaksimalkan performa.

Kualitas layar ini sangat memukau terutama kala digunakan untuk memutar film atau menjalankan game, namun bukan berarti Anda takkan merasakan keistimewaannya kala sekedar menggunakan untuk membaca e-book atau browsing dan bermedia sosial.

Kualitas Layar Samsung Galaxy Note 20

Posisi lensa kamera swafotonya tepat berada di bagian tengah atas namun lubang kecil ini ternyata tidak memberikan distraksi/gangguan selama penggunaan.

Selain itu pemindai sidik jari ultrasonik yang menyatu dengan layar juga kini mampu bekerja lebih cepat dan akurat dibanding generasi sebelumnya.

S-Pen Makin Mendekati Sempurna

S-Pen yang merupakan fitur khas Samsung Galaxy Note series tak pernah luput dari penyempurnaan. Dulu ketika pertama kali menyertakan S-Pen benda kecil bak pena ini hanya menawarkan tingkat latensi 9 ms, kini pada Galaxy Note 20 Ultra jauh meningkat menjadi 42 ms.

S-Pen Layar Samsung Galaxy Note 20

Peningkatan tersebut berpengaruh besar pada tingkat akurasi dan kenyamanan selama digunakan.
Sedangkan dari sisi gimmick pihak produsen memberikan fitur air gestures yang berfungsi hampir pada seluruh aktivitas ponsel termasuk melakukan minimise pada aplikasi. Tidak ada nilai tambah dari sisi produktivitas maupun kepraktisan namun dari sisi pengalaman cukup menyenangkan.

Kegegasan, Stamina Baterai dan Audio

Lupakan Snapdragon 865+ atau 865, betapapun Anda meratapinya Samsung masih bersikukuh memberikan Exynos 990 untuk Samsung Galaxy Note 20 Ultra yang dijual di Indonesia dan beberapa pasar Asia Tenggara lainnya.

Meski uji benchmark selalu menunjukkan betapa inferiornya Exynos 990 ini dibanding Snapdragon 865 maupun 865+ namun kondisi tersebut tidak terasa dalam pemakaian sesungguhnya.

Baik menjalankan game berat, memutar film dengan resolusi tinggi dan tentu saja pemakaian harian ponsel ini tak pernah kekurangan tenaga.

Kelemahan Exynos 990 ini tampaknya memang bukan pada faktor tenaga (kegegasan) melainkan lebih pada efisiensi.

Benar bahwa layarnya sudah mengadopsi adaptive refresh rate, pun kapasitas baterai 4500 mAh juga bukan kapasitas kecil. Tapi bahkan dalam penggunaan normal ala Dombort pun stamina baterai Galaxy Note 20 Ultra ini hanya berkisar di angka 12 jam .
Padahal kalau Anda baca review Samsung Galaxy Note 20 Ultra di blog luar negeri yang menggunakan prosesor Snapdragon didapat angka yang lebih baik dari itu.

Setidaknya proses pengisian ulang daya baterai tidak terlampau lama, dengan menggunakan pengisi daya (charger) bawaannya hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih 15 menit untuk mengisi daya dari 0-100%.

Di fitur audio Samsung Galaxy Note 20 Ultra dilengkapi dengan speaker ganda Dolby Atmos yang menyuguhkan kualitas suara istimewa baik secara langsung maupun lewat koneksi nirkabel.

Kamera

Sampai saat ini kamera senantiasa jadi fitur penting bagi sebagian besar konsumen dalam mempertimbangkan keputusan beli perangkat ponsel. Karenanya tak heran kalau Samsung tak begitu saja memilih menyematkan kamera yang sama dengan milik Galaxy S20 Ultra meski selisih usia keduanya tak jauh beda.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note 20

Kamera Galaxy S20 Ultra dituding kerap bermasalah dengan fitur PDAF karenanya Samsung berupaya memperbaiki kekurangan tersebut sebelum menyematkannya pada kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra ini.

Dari sisi kualitas foto yang dihasilkan terlihat bahwa foto hasil kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra ini menampilkan tingkat detil lebih tinggi dibanding kamera Galaxy S20 Ultra.
Sayang sekali pada saat bersamaan Samsung kembali menyajikan selera wana yang berlebihan alih-alih mendekati alamiah sebagaimana dimiliki oleh kamera Samsung Galaxy S20 Ultra.

Untuk kamera ultrawide tak ada yang berubah dibanding Galaxy S20 Ultra, namun untuk lensa telephoto Samsung memberikan lensa ultra zoom sedikit lebih panjang sehingga pembesaran secara optikal meningkat hingga 4.6x dimana untuk Galaxy S20 Ultra hanya sampai 4x pembesaran.

Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy Note 20 Auto vs HDR
Auto vs HDR
Foto Hasil Lensa Makro Samsung Galaxy Note 20
Lensa Makro
Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy Note 20 Indoor
Indoor

 

Tapi kalau Anda mencari peningkatan signifikan di sektor kamera yang membedakan Samsung Galaxy Note 20 Ultra dengan Samsung Galaxy S20 Ultra malahan sebenarnya terjadi di kamera swafoto dimana kini Samsung memercayakan pada sensor 10 MP.

Secara keseluruhan kualitas Samsung Galaxy Note 20 Ultra ini memuaskan sekaligus membanggakan bagi pemiliknya. Sebab mata awam bakal sulit membedakan mana foto yang dihasilkan oleh kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra dengan kamera DSLR.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Samsung Galaxy Note 20 Ultra
Author Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Samsung Galaxy Note 20 Ultra