Realme C15 Review Dombort

Realme C15 Bawa Baterai Cadas di Kelas 1 Jutaan

Realme kembali membarui produknya di segmen entry level lewat Realme C15 yang mengandalkan baterai tahan lama sebagai key selling point -nya. Tampaknya Realme menyasar tingginya permintaan ponsel selama masa pandemi hingga begitu cepat memberikan pembaruan bagi Realme C11 yang sebenarnya baru berusia beberapa bulan.

Tak hanya stamina baterai yang panjang namun untuk mengimbanginya Realme tak lupa memberi fitur pengisian daya cepat (fast charging).
Untuk sebuah ponsel dengan kisaran harga mulai sejutaan Realme C15 tak hanya punya kelebihan di sektor baterai namun bahkan kameranya pun cukup baik untuk standar kelas tersebut.

Kalau memang Anda sedang mencari ponsel harga sejutaan yang mampu tawarkan worth value for the money maka ponsel ini layak jadi pilihan utama.
Bila berminat mempelajari lebih dalam bagian per bagian silakan melanjutkan pada ulasan berikut ini.

Realme C15 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Realme C15

OS Realme UI 1.0 berbasis Android 10
Layar 6.5 inches, 720 x 1560 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density)
SoC MediaTek Helio G35 (12 nm)
GPU PowerVR GE8320
RAM 3/4 GB
ROM 32/64 GB
Kamera Utama 13 MP, f/2.2, (wide), PDAF
8 MP, f/2.3, 119˚ (ultrawide)
2 MP B/W, f/2.4
2 MP, f/2.4)
Kamera Swafoto 8 MP, f/2.0, (wide)
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 6000 mAh battery
Dimensi 164.5 x 75.9 x 9.8 mm
Berat 209 g

Desain dan Layar

Tentu saja untuk kisaran harga ini tidak mengejutkan jika Realme C15 sekedar menggunakan material plastik pada bodi. Namun jangan pesimis sebab dengan desain rapih serta build quality solid ponsel murah terbaru andalan Realme ini sama sekali tak berkesan murah apalagi ringkih.

Bahkan untuk standar masa kini pun masih teramat jarang pabrikan yang memberikan penampilan sebaik dan sesolid ini untuk produk ponsel di kisaran harga ini.

Namun untuk menghemat biaya produksi tentu Realme pun harus melakukan trade-off, salah satunya tampak dari desain modul kamera yang masih tidak berubah dari pendahulunya yaitu Realme C11.

Bedanya untuk Realme C15 ini lensa kamera disusun lebih simetris dengan menempatkan lampu kilat terpisah dari modulnya.

Modul Kamera Utama Realme C15

Pada sisi desain sedikit kekurangan menurut Dombort terletak pada penempatan sensor pemindai sidik jari yang agak terlalu tinggi sehingga untuk ukuran tangan kecil akan mengalami sedikit kesulitan dalam menjangkaunya.

Dimensi ponsel ini terbilang lebar pun bobotnya terasa lebih berat dari para kompetitor, namun keduanya harus diterima untuk dapat menjejalkan baterai dengan kapasitas besar.

Di bagian depan seperti biasa layar dengan bentang 6.5 inch mendominasi permukaan tersebut.
Meski bezel di sisi samping terlihat tipis namun bagian bawahnya lebih tebal sehingga rasio layarnya tercatat 88,7%.

Kualitas Layar Realme C15

Kalau melirik bagian atas lagi-lagi terlihat penghematan yang dilakukan pihak pabrikan, Anda takkan menemukan noise cancelling microphone di sana.
Demikian pula untuk port USB sang produsen masih mempertahankan microUSB alih-alih USB tipe C yang kini sebenarnya lebih jamak.

Realme C15 Masih Pakai MicroUSB

Selain melapis layarnya dengan Corning Gorilla Glass pada paket penjualannya Realme C15 juga disertai oleh pelindung layar tambahan yang bisa dipasang sendiri oleh pemiliknya.

Layar pada ponsel ini menampilkan tingkat resolusi 1600 x 720 pixels dengan tingkat kecerahan maksimal 420 nits.
Resolusi tersebut memang rendah namun masih terbilang layak untuk ponsel dengan kisaran harga ini.

SIM card dan slot microSD Realme C15

Kegegasan dan Stamina Baterai

Dipersenjatai dengan prosesor Helio G35 besutan MediaTek berdampingan kapasitas RAM 4 GB ponsel ini sanggup menjalankan berbagai tugas harian dengan baik. Dombort sendiri belum berkesempatan membandingkannya dengan versi RAM 3 GB sehingga tak cukup bisa memberi penilaian perbedaan antara keduanya.

Meski disebut-sebut tangguh pula menjalankan game namun untuk mampu menjalankan game dengan cukup lancar pada game “Call of Duty” Anda perlu menurunkan pengaturan tingkat grafis lebih rendah.

Sementara baterai berkapasitas 6000 mAh –nya sendiri pada uji PCMark 2.0 bertahan selama 18 jam, sedangkan untuk pemakaian normal ala Dombort sanggup bertahan selama dua hari.

Untuk pengisian ulang daya baterai sendiri karena sudah menggunakan fitur fast charging hasilnya hanya dibutuhkan waktu 2 jam untuk pengisian dari 0-100%.

Kamera

Meski tak banyak orang berharap banyak pada kualitas kamera ponsel sekelas ini sebenarnya kamera Realme C15 tidaklah mengecewakan mempertimbangkan standar harganya.

Pada lensa utama Realme menempatkan sensor 13 MP didampingi oleh lensa ultra-wide 8 MP, lensa monokrom (B/W) 2 MP dan lensa retro 2 MP.
Sementara untuk lensa kamera swafoto memiliki resolusi 8 MP.

Pada pemotretan di luar ruangan dengan kondisi pencahayaan ideal foto yang dihasilkan oleh lensa kamera utama ponsel ini cukup baik. Meski dynamic range -nya terlihat tidak pas namun juga tidak mengecewakan.
Fitur Chroma Boost sanggup memperbaiki kualitas foto, meski tidak selalu sempurna karena terkadang terlihat kelewat terang dan kadang warnanya terlalu tajam hingga tak berkesan alamiah.

Foto Hasil Kamera Utama Realme C15

Contoh Foto dengan Kamera Realme C15

Untuk lensa ultra-wide 8 MP kualitasnya tak terlalu baik karena cenderung gelap. Sementara dua lensa lainnya tak lebih sekedar gimmick namun terkadang terasa cukup bermanfaat sekedar untuk variasi.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Realme C15
Author Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
Realme C15
Price
IDR 1999999
Product Availability
Available in Stock