Review Realme C12

Bakal Menyesalkah Anda Jika Membeli Realme C12?

Bayangkan saat ini Anda baru saja membeli Realme C12. Dengan harga relatif terjangkau yaitu kisaran Rp 1 Juta-an Anda sudah bisa membawa pulang ponsel baru yang penampilannya sama sekali tidak murahan.

Tapi meski terjangkau, uang sebesar itu bukanlah jumlah kecil bagi kebanyakan orang. Berapa banyak waktu dan tenaga yang harus dikorbankan untuk mendapatkan uang senilai itu?

Anda lalu kembali bertanya dalam hati, sepadankah pengorbanan waktu dan tenaga tersebut untuk kemudian ditukarkan dengan sebuah ponsel berwujud Realme C12.
Perasaan puas atau perasaan menyesalkah kira-kira yang bakal Anda rasakan setelah melakukan transaksi tersebut?

Awalnya Anda mungkin bersemangat membeli Realme C12 tersebut karena Anda berpikir harganya murah atau setidaknya terjangkau. Tapi setelah melewati proses pertimbangan seperti di atas masihkah Anda yakin dengan rencana itu?

Tentu akan ada kekhawatiran di benak Anda mengenai bagaimana perasaan setelah membeli ponsel seperti:

  • Pantas saja harganya murah ternyata memang kualitasnya seperti ini.
  • Ternyata untuk nilai uang sebesar ini lebih baik dibelanjakan untuk barang lain.
  • Andaikan tahu kuaitasnya seperti ini lebih baik ditabung dulu sampai cukup beli yang lebih baik.

Untungnya di era informasi digital ini Anda tak perlu melalui proses tebak-menebak yang penuh teka-teki. Ada banyak review Realme C12 maupun produk lain di internet, termasuk salah satunya akan disajikan Dombort kali ini.

Pada ulasan Realme C12 kali ini Dombort akan mengulas beberapa faktor penting yang perlu Anda pahami untuk memastikan bahwa ponsel ini memang sesuai atau tidak sesuai harapan awal.

Realme C12 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Realme C12

OS Realme UI 1.0 berbasis Android 10
Layar 6.5 inches, 720 x 1560 pixels, 19.5:9 ratio (~264 ppi density)
SoC MediaTek Helio G35 (12 nm)
GPU PowerVR GE8320
RAM 3 GB
ROM 32 GB
Kamera Utama 13 MP, f/2.2, (wide), PDAF
2 MP B/W, f/2.4
2 MP, f/2.4
Kamera Swafoto 5 MP, f/2.0, (wide)
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 6000 mAh battery
Dimensi 164.5 x 75.9 x 9.8 mm
Berat 209 g

Mengapa Realme C12 Layak Dipertimbangkan?

Ponsel harga sejutaan ada lebih dari satu pilihan, lalu kenapa Anda perlu mempertimbangkan Realme C12 ini sebagai salah satu opsi yang pantas dipertimbangkan?

Bahan atau material plastik polikarbonat memang adalah hal lumrah untuk ponsel sekelas ini, tapi dibanding kompetitor di segmennya ponsel terbaru keluaran Realme ini tampak lebih apik. Tak hanya karena desainnya atraktif namun juga build quality yang solid.

Pekan lalu Dombort pernah mengulas betapa menariknya penampilan Realme C15, nah untuk Realme C12 ini penampilannya tak jauh beda. Bahkan sekilas keduanya bak pinang dibelah dua.

Artinya dari sisi ergonomis pun C12 ini sama baiknya dengan C15. Perbedaannya terletak pada modul kamera belakang, meski memiliki tata letak sama namun modul kamera utama Realme C12 hanya berisi tiga lensa.
Lubang yang semestinya dipakai sebagai lensa keempat pada C15 dihuni oleh lampu kilat untuk C12.

Anda juga akan mendapatkan layar dengan bentang luas yaitu 6.5 dengan tingkat resolusi wajar untuk ponsel seharga ini yang memang hampir kesemuanya menampilkan 720 x 1600 pixels.
Tapi dengan tingkat kecerahan yang hanya 420 nits artinya Anda akan sedikit merasakan ketidaknyamanan kala menggunakan di bawah terik matahari.

Kualitas Layar Realme C12

Apakah Realme C12 Diperuntukkan Menjalankan Game?

Realme mempercayakan prosesor Helio G35 buatan MediaTek untuk C12 ini dengan ditemani RAM sebesar 3 GB serta kapasitas penyimpanan internal 32 GB.

Dari spesifikasinya sudah jelas bahwa ponsel ini tidak diperuntukkan menjalankan game, Anda tentu masih bisa memainkan beberapa game populer namun dengan berbagai keterbatasan tentunya.

Sebaliknya untuk berjejaring sosial atau alat bantu Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kegegasannya relatif bisa diandalkan.

Berapa Lama Baterainya Bisa Bertahan?

Ditanami oleh baterai dengan kapasitas 6000 mAh saat Dombort mencoba menjalankan aplikasi YouTube dengan pengaturan tingkat kecerahan layar maksimal ternyata mampu bertahan selama 24 jam lebih sedikit (sekitar 20 menit).

Percobaan itu cukup untuk menggambarkan bahwa stamina baterai ponsel Realme ini lebih dari layak disebut handal.

Sayang pada sisi lain karena harga yang lebih murah tidak bakal ditemukan fitur pengisian daya cepat (fast charging) seperti halnya pada Realme C15.
Hasilnya pengisian ulang daya dari 0-100% memerlukan waktu hingga 4 jam.

Kualitas Foto Seperti Apa yang Dihasilkan oleh Kamera Realme C12?

Tidak seperti Realme C15 yang punya empat lensa kamera utama berhubung dijual dengan harga lebih murah tentunya Anda bisa maklum kalau C12 ini hanya punya 3 lensa kamera di bagian belakang.

Tiga lensa itu tersusun atas lensa utama dengan sensor 13 MP serta dua lensa masing-masing dengan sensor 2 MP untuk mode Mono dan Makro.

Desain Modul Kamera Realme C12

Ketiga kamera itu terutama untuk lensa utamanya menurut Dombort mampu menghadirkan foto dengan kualitas yang memuaskan tentu untuk standar ponsel sekelas ini.
Silakan dicermati beberapa contoh foto di bawah ini agar Anda bisa menilai dan membayangkan seperti apa kira-kira kualitas kamera dari ponsel yang akan dibeli itu.

Contoh Foto Hasil Kamera Realme C12

Contoh Foto Hasil Kamera Realme C12

Contoh Foto Hasil Kamera Realme C12

Sedangkan pada bagian depan terdapat lensa kamera swafoto dengan sensor 5 MP yang selama pencahayaan sekitar memadai maka hasilnya cukup pantas diunggah ke media sosial.

Realme C12, C11 atau C15 yang Sebaiknya Dibeli?

Karena selisih harga yang terpaut tipis satu sama lain terkadang memang tak mudah menentukan mana diantara Realme C11, C12 dan C15 yang sebaiknya dibeli.

Ketiganya memang ditujukan untuk price sensitive segment, artinya Realme paham bahwa untuk segmen mana ponsel tersebut dimaksudkan selisih beberapa ratus ribu signifikan dalam proses keputusan beli.

Realme C11 dijual dengan harga 1,6 Jutaan, Realme C12 dijual seharga Rp 1,89 Jutaan sementara Realme C15 mulai dari 1,99 Jutaan hingga 2,5 Jutaan tergantung kapasitas RAM dan memori internal.

Cukup membingungkan sebenarnya ekspektasi Realme terhadap C12 ini. Sebab bagi Anda yang membutuhkan ponsel untuk keperluan mendasar tentu Realme C11 lebih ekonomis, namun kalau Anda punya dana ekstra Realme C15 3/32 GB hanya beda Rp 100.000,-.
Bahkan saat tulisan ini dibuat Realme C15 3/32 baru diskon hingga harganya sama persis dengan Realme C12.

Mana yang lebih sesuai untuk Anda tentu bergantung pada ketersediaan dana dan kebutuhan masing-masing.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Realme C12
Product Name
Realme C12
Price
IDR 1899000
Product Availability
Available in Stock