Ulasan Asus Zenfone 7 Pro

Akankah Anda Puas dengan Asus Zenfone 7 Pro?

Tahukah Anda bahwa Asus saat ini sudah merilis dua ponsel terbarunya dengan nama Asus Zenfone 7 dan Asus Zenfone 7 Pro?
Kalau Anda saat ini dalam situasi hendak memperbarui atau membeli ponsel kira-kira apakah salah satu dari dua ponsel terbaru buatan Asus itu bakal jadi bahan pertimbangan?

Asus memang sempat jadi pilihan favorit di Indonesia hingga dua tahun silam, tapi tahun lalu mereka menunda rilis Asus Zenfone 6 di Indonesia hingga antusiasme peminat sudah terlanjur pudar.
Meski telat masuk Indonesia sebenarnya Asus Zenfone 6 sama sekali bukan ponsel yang jelek, malah sebaliknya selain kualitasnya memuaskan ponsel tersebut juga tawarkan fitur inovatif.

Kini dengan kemunculan penerusnya yaitu Asus Zenfone 7 series tentu cukup banyak calon pembeli yang bertanya-tanya:

  • Kapan Asus Zenfone 7 dan Asus Zenfone 7 Pro bakal dijual di Indonesia?
  • Apakah Asus Zenfone 7 series pantas ditunggu?
  • Akankah Anda membeli Asus Zenfone 7 series saat sudah tersedia di pasaran?

Memudahkan Anda beroleh jawab atas pertanyaan dan rasa penasaran di atas maka pada artikel kali ini Dombort akan mengulas salah satu diantaranya.

Kali ini yang dipilih adalah Asus Zenfone 7 Pro yang dijual sedikit lebih mahal ketimbang Asus Zenfone 7 dan menurut Dombort bakal lebih populer ketimbang Asus Zenfone 7 versi standar.

Asus Zenfone 7 Pro dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Asus Zenfone 7 Pro

OS ZenUI 7 berbasis Android 10
Layar Super AMOLED 6.67 inches, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~395 ppi density)
SoC Qualcomm SM8250 Snapdragon 865+ (7 nm+)
GPU Adreno 650
RAM 8 GB
ROM 256 GB
Kamera Utama 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.72″, 0.8µm, PDAF, OIS
8 MP, f/2.4, 80mm (telephoto), PDAF, OIS, 3x optical zoom
12 MP, f/2.2, 113˚, 17mm (ultrawide), 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF
Kamera Swafoto Motorized flip-up main camera module
Sensor Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing IP 67
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Dimensi 165.1 x 77.3 x 9.6 mm
Berat 230 g

Mengapa Asus Zenfone 7 Pro Disebut Ponsel Paling Inovatif?

Setidaknya ada dua elemen penting yang menjadikan Asus Zenfone 7 Pro pantas disebut sebagai ponsel paling inovatif tahun ini.

Hal pertama adalah kamera dengan mekanisme flip seperti diaplikasikan pada Zenfone 6 tahun lalu.
Sedangkan hal kedua tentu saja sebagai konsekuensi dari inovasi mekanisme kamera maka tidak ada poni (notch) yang mengganggu pada layar Asus Zenfone 7 Pro ini.

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 7 Pro

Kebanyakan calon pembeli merasa khawatir kala hendak membeli ponsel dengan kamera model flip.

Kekhawatiran tersebut biasanya terkait dengan daya tahan mekanisme flip-nya sendiri.
Tapi Asus mengklaim bahwa mekanisme kamera ini teruji untuk bertahan melakukan perputaran (flip) hingga 200.000 kali.
Artinya kalau Anda dalam satu hari menggunakan kamera sebanyak 100 kali maka mekanisme tersebut sanggup bertahan selama lima tahun.

Proses putar baliknya sendiri bekerja cukup cepat jadi Anda tak perlu merasa khawatir ketinggalan momen karena menunggu kamera siap terlalu lama.

Sebagai konsekuensi dari kamera berputar/berjungkir balik tersebut maka layar Asus Zenfone 7 Pro bebas dari poni (notch karena Asus tak perlu memberikan ruang khusus bagi kamera swafoto di sana.

Kalau tahun lalu mereka masih menggunakan layar berteknologi IPS maka untuk Asus Zenfone 7 Pro sudah di-upgrade dengan teknologi OLED.

Layar dengan bentang 6.67 inch ini menampilkan resolusi 2400 x 1080 dengan refresh rate 90 Hz yang menjadikan proses menggulung layar jadi terasa lebih mulus dibanding layar 60 Hz.

Untuk pilihan warna, Anda bisa memilih opsi antara “Pastel White” atau “Aurora Black”.
Kebetulan unit yang diulas kali ini adalah warna “Aurora Black”.

Dimensi Asus Zenfone 7 Pro relatif besar, mengenggamnya kurang lebih bisa disetarakan dengan Samsung Galaxy S20 Ultra atau iPhone 11 Max Pro.

Dimensi besar tersebut memang tak bisa dihindari untuk bisa mengakomodasi komponen-komponen yang ada termasuk baterai dengan kapasitas besar.

Pada sisi desain (penampilan) Asus bisa dibilang sukses dan penuh pertimbangan. Satu-satunya kekurangan Asus Zenfone 7 Pro dari sisi desain menurut Dombort terletak pada tombol-tombol fisik yang sedikit bergoyang kala ditekan.
Kondisi ini tidak terlalu mengganggu secara praktis namun sedikit menodai kesan solid yang dimiliki.

Kualitas Tombol Fisik Asus Zenfone 7 Pro

Seberapa Gegas Asus Zenfone 7 Pro untuk Game?

Karena diposisikan sebagai lini flagship di antara produk ponsel mereka maka Asus pun membenamkan prosesor Snapdragon 865+ didampingi oleh LPDDR5 RAM sebesar 8 GB serta internal memori tipe UFS 3.1 berkapasitas 256 GB.

Meski bukan penggemar game namun Dombort sadar bahwa bagi sebagian besar calon pembeli sebuah ponsel dengan harga lebih dari Rp 5 Juta mestinya cukup gegas untuk menjalankan game-game populer.

Untuk menjalankan game populer seperti “PUBG”, “Asphalt 8” maupun “Call of Duty” ponsel ini terbukti gegas pada pengaturan detil tertinggi sekalipun.
Gejala panas yang muncul selama menjalankan game-game tersebut pun dalam tingkat wajar.

Sedangkan untuk pemakaian harian seperti browsing, memutar klip YouTube, bersosial media dan sebagainya sudah barang tentu tak ada gejala lag maupun bottle neck.

Perhatian Dombort sendiri sebenarnya lebih pada daya tahan baterai ponsel ini. Sebab dengan spesifikasi setinggi itu ditambah pula mekanisme jungkir balik pada kamera patut diduga bahwa ponsel ini mengkonsumsi cukup banyak sumber daya baterai.

Untuk pemakaian intentif dengan sepenuhnya menggantungkan koneksi 4G Dombort mendapai bahwa baterai Asus Zenfone 7 Pro mampu bertahan sehari penuh. Bahkan di penghujung hari masih tersisa sekitar 30% daya.

Sementara untuk pemakaian wajar ala Dombort dengan koneksi berganti-ganti antara mobile data pada jaringan 4G dengan WiFi baterainya bahkan bisa bertahan selama dua hari.

Tapi memang melakukan pengisian ulang daya baterai dengan menggunakan charger bawaannya bakal terasa cukup memerlukan kesabaran.

Luar Biasakah Kamera Asus Zenfone 7 Pro

Dari sisi mekanisme dan desain memang kamera Asus Zenfone 7 Pro terkategori inovatif. Namun tentu tak banyak bermakna kalau kualitas foto-foto yang dihasilkan sendiri tidaklah sesuai harapan.

Dibandingkan tahun lalu Asus melakukan pernyempurnaan cukup signifikan di sektor kamera.
Kali ini sensor 64 MP IMX 686 besutan Sony dengan aperture f/1.8 dipilih untuk lensa utamanya tentu didampingi oleh fitur optical stabilization untuk memaksimalkan kualitas foto yang dihasilkan.

Bagi mata awam Dombort yang tak paham fotografi ini terus terang tidak mudah membedakan hasil foto dari kamera Asus Zenfone 7 Pro dengan ponsel yang harganya lebih mahal.
Hasil maksimal ini dicapai di luar ruangan dengan kondisi pencahayaan memadai.

Foto-foto yang dihasilkan oleh lensa utama Asus Zenfone 7 Pro ini memiliki tingkat detil yang tinggi, warnanya juga terlihat cerah namun tetap terjaga hingga tak muncul gejala over saturated.

Namun kala digunakan di malam hari atau luar ruangan memang langsung kentara perbedaan kualitasnya dengan foto yang dihasilkan oleh iPhone 11 Pro atau Samsung Galaxy S20 dalam situasi yang sama.

Foto Hasil Kamera Asus Zenfone 7 Pro

Foto yang dihasilkan tetaplah terlihat jelas. Hanya saja pada kamera Asus Zenfone 7 Pro terlihat bahwa penajamannya terlalu berlebihan hingga berkesan kurang alamiah.

Untuk lensa sudut lebar 12 MP f/2.2 lagi-lagi kala digunakan di luar ruangan tidak terlihat inferior/kalah dari kamera ponsel yang lebih mahal baik dikala siang maupun malam.

Sedangkan lensa telephoto dengan sensor 8 MP dengan pembesaran hingga 3x dan dilengkapi optical stabilization kualitasnya juga tidak mengecewakan.
Hanya saja memang semakin tinggi tingkat pembesaran maka makin menurun kualitas yang dihasilkan. Dalam hal ini Samsung Galaxy S20 dan iPhone 11 memang terlihat lebih unggul.

Hal menarik lain dari fitur kamera Asus Zenfone 7 Pro ini adalah kemampuannya merekam video dengan kualitas sangat baik di tingkat resolusi 4K pada fps.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Asus Zenfone 7 Pro
Author Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
Asus Zenfone 7 Pro