Review Redmi 9A

Redmi 9A Memang Pantaskah Dijual Harga Sejuta?

Banderol harga Redmi 9A yang hanya Rp 1 Juta lebih sedikit terkadang membuat orang tak berpikir panjang untuk meminangnya.
Tentu saja ponsel ini dimaksudkan sebagai enty level phone namun bukan berarti karena harganya murah calon pembeli bisa begitu saja mengabaikan pertimbangan-pertimbangan pada proses pengambilan keputusan beli.

Di kisaran harga tersebut Redmi 9A bukan satu-satunya pilihan. Ada beberapa kompetitor lain seperti Realme dan beberapa merek lokal.
Karena pekan lalu Dombort sudah mengulas Redmi 9c maka rasanya tanggung kalau tak sekalian mengulas Redmi 9A yang banderolnya beberapa ratus ribu Rupiah lebih murah.

Saat ulasan ini dibuat Redmi 9A hanya ditawarkan dalam satu varian saja yaitu dengan kapasitas RAM 2 GB dan memori internal 32 GB yang dibanderol dengan harga resmi Rp 1, 199 Juta.

Kalau usai menguji Redmi 9 kemarin Dombort berkesimpulan bahwa dengan banderol harga yang ditawarkan ponsel tersebut mampu melewati ekspektasi terutama dari sisi kegegasan, maka kira-kira adakah kejutan serupa dari Redmi 9A ini?

Redmi 9A dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Redmi 9A

OS MIUI 12 berbasis Android 10
Layar 6.53 inches, 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~269 ppi density)
SoC MediaTek Helio G25 (12 nm)
GPU PowerVR GE8320
RAM 2 GB
ROM 32 GB
Kamera Utama 13 MP, f/2.2, 28mm (wide), 1.0µm, PDAF
Kamera Swafoto 5 MP, f/2.2, (wide), 1.12µm
Sensor Accelerometer, proximity
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Dimensi 164.9 x 77.1 x 9 mm
Berat 196 g

Secantik Apa Tampilan Redmi 9A?

Boks atau kardusnya tidak terlihat berbeda dari ponsel Redmi lainnnya, sama halnya dengan Redmi 9c untuk Redmi 9A ini pihak produsen masih mempertahankan port microUSB alih-alih USB tipe C.

Karena sama-sama menggunakan versi sistem operasi MIUI yang sama maka tampilan dan proses menyalakan kali pertama lebih kurang sama seperti Redmi 9c.

Desainnya pun sangat sederhana dengan menggunakan material plastik sebagaimana umumnya ponsel lain di kisaran harga ini.
Tapi Redmi memberikan sentuhan akhir serta build quality solid sehingga tak berkesan murahan atau ringkih.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9A

Secara garis besar penampilannya memiliki banyak sekali kemiripan dengan Redmi 9c, sedangkan pada bagian detil tentu ada perbedaan-perbedaan mendasar antara keduanya.

Di sisi belakang misalnya Redmi 9A hanya memiliki satu lensa pada modul kamera utama, demikian pula sensor pemindai sidik jari tidak akan diketemukan padanya.

Perbedaan Redmi 9A dan Redmi 9c

Bagi Dombort keunggulan ponsel ini dari sisi desain tentu saja adalah kesan solid yang dihadirkan oleh build quality -nya.
Redmi 9A mungkin bukan satu-satunya ponsel seharga ini yang bisa dipilih, namun pastinya adalah yang paling kokoh di kelas tersebut.

Cukup Gegaskah Redmi 9A untuk PUBG?

Sudah jelas ponsel ini tidak pernah dimaksudkan secara khusus untuk menjalankan game, namun fakta tersebut tentu tak menghalangi pemiliknya untuk menjajal kemungkinan tersebut. Pertanyaannya seberapa sanggup ponsel ini menjalankan game populer sepert “PUBG”?

Ditanami dengan prosesor Helio G25 buatan MediaTek serta didampingi RAM berkapasitas 2 GB sebenarnya ponsel ini jelas dimaksudkan untuk melakukan tugas ringan.
Skor AnTuTu 100.000 points yang diperolehnya mempertegas kemungkinan tersebut, namun karena uji benchmark tak begitu saja menggambarkan kondisi sebenarnya maka Dombort pun nekad menjajal menjalankan “PUBG” di Redmi 9A.

Untungnya “PUBG” sendiri dirancang untuk secara otomatis melakukan pengaturan sesuai kemampuan tiap-tiap ponsel.
Hasilnya kalau Anda berencana membeli Redmi 9A untuk memainkan “PUBG” masih sangat dimungkinkan meski tentu saja harus menerima pengaturan grafisnya sangat rendah.

Untuk pemakaian harian Dombort tidak merasakan kendala, namun saat diuji ponsel ini masih dalam kondisi baru. Seberapa lama ia sanggup mempertahankan kegegasan tersebut belum bisa dijawab.

Sedangkan untuk daya tahan baterai serta waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang daya baterai itu sendiri kondisinya sebelas dua belas dibandingkan Redmi 9c, alias tidak terlalu berbeda.

Jelekkah Kualitas Foto dari Kamera Redmi 9A?

Karena Redmi 9A dibanderol dengan harga tak jauh beda dari Redmi 9c maka Dombort merasa sah-sah saja membandingkan kamera kedua ponsel itu.
Tentu sebatas lensa utamanya saja karena Redmi 9A memang hanya memiliki satu lensa di modul utama.

Kala dicoba di dalam ruangan dengan membandingkan keduanya ternyata karakter warna yang dihasilkan oleh kedua ponsel itu sangat berbeda.
Kalau foto-foto yang dihasilkan oleh kamera Redmi 9c lebih hangat (warm) maka foto dari kamera Redmi 9A ini terkesan sebaliknya.

Foto Hasil Kamera Redmi 9A

Foto Hasi Kamera Redmi 9c

Meski demikian tingkat ketajaman antara keduanya tidak terlalu jauh berbeda, setidaknya menurut mata awam Dombort.

Sebaliknya ketika digunakan di luar ruangan warnanya yang dihasilkan terlihat terlalu hangat, serta kerap mengalami gejala overexposed.

Meski dengan kekurangannya Dombort tak menilai kondisi tersebut sebagai kekurangan Redmi 9A, sebab sampai saat ini tidak ada ponsel lain di kelas tersebut yang memiliki kualitas kamera lebih baik.

Pantaskah Uang Sejuta untuk Beli Redmi 9A?

Meski tak menemukan kejutan seperti kala menguji Redmi 9 namun Dombort menilai bahwa Redmi 9A pantas ditebus sesuai banderolnya.

Saat ini Dombort sendiri menggunakan Redmi Note 9 Pro sebagai daily driver namun selama melakukan pengujian dengan Redmi 9A tidak terasa menguji kesabaran kala buka tutup maupun berpindah antar aplikasi.
Singkatnya kegegasan Redmi 9A tidaklah mengecewakan untuk ponsel di kisaran harga tersebut.

Analogikan saja Anda membeli mobil LCGC, memang kalau mau dicari akan banyak kekurangan tapi mobil tersebut terbukti sanggup melakukan tugas utamanya yaitu mengantarkan Anda dari titik A ke titik B.
Demikian pula kurang lebih kondisi Redmi 9A.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Redmi 9A
Author Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
Redmi 9A
Price
IDR 1999000
Product Availability
Available in Stock