Ulasan Realme 7

Harga 4 Juta Sepadankah untuk Realme 7?

Sekitar enam bulan silam Realme 6 hadir di pasaran dan mendapat cukup respon positif dari pasar, hanya dalam waktu singkat pabrikan yang sama memperkenalkan penerusnya yaitu Realme 7.
Saat ulasan ini dibuat Realme 7 dijual dengan harga Rp 3,999 Juta, tentu mengundang cukup rasa penasaran memang ada peningkatan apa pada Realme 7 ini hingga dibanderol lebih mahal ketimbang pendahulunya.

Dulu Realme 6 versi 8/128 GB dijual dengan harga Rp 3,29 Juta kini penerusnya sekitar Rp 700 ribu lebih mahal. Dengan selisih harga yang cukup besar konsumen tentu berharap ada ubahan yang signifikan, tapi sebenarnya seberapa signifikankah peningkatan Realme 7 dibanding Realme 6? Silakan simak ulasan berikut.

Realme 7 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Realme 7

OS Realme UI berbasis Android 10
Layar 6.5 inches, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~405 ppi density)
SoC Mediatek Helio G95 (12 nm)
GPU Mali-G76 MC4
RAM 8 GB
ROM 128 GB
Kamera Utama 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.73″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.3, 119˚, 16mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
Kamera Swafoto 16 MP, f/2.1, 26mm (wide), 1/3.1″, 1.0µm
Sensor Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Dimensi 162.3 x 75.4 x 9.4 mm
Berat 196 g

Realme Tidak Malas Mendesain

Salah satu hal yang Dombort sukai dari Realme adalah produsen ini termasuk yang tidak malas membuat desain baru. Kebanyakan ponsel hanya mengalami ubahan minor jika membandingkan dengan pendahulunya, tidak demikian halnya dengan Realme.

Memang kali ini penampilan antara versi standar dan versi Pro (Realme 7 dan Realme 7 Pro) terlihat identik, tapi dibanding Realme 6 series penampilannya kini terlihat lebih segar.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 7

Realme 7 memiliki modul kamera yang terlihat lebih bulky dibanding pendahulunya, keempat lensa kameranya disusun secara vertikal.
Sementara itu permukaan bodi bagian belakang memiliki tekstur matte yang halus dengan sentuhan metalik yang sama sekali sanggup mengaburkan fakta bahwa materialnya masih menggunakan plastik.

Memang pada satu sisi permukaan seperti ini lebih rentan terlihat kusam karena bekas jari-jari tangan, tapi pada sisi lain ia sanggup menampilkan kesan premium.

Di bagian depan Realme menempatkan layar dengan bentang 6.5 inch berteknologi IPS LCD yang menampilkan tingkat resolusi 1080 x2400 pixels dan refresh rate 90 Hz.

Kualitas Layar Realme 7

Selain terlapis Corning Gorilla Glass 3 untuk meminimalisir risiko tergores, posisi dan ukuran lubang lensa kamera swafoto yang kecil juga terbukti tidak menimbulkan distraksi selama penggunaan.

Layarnya sendiri menampilkan warna tajam dengan viewing angles luas. Berkat kombinasi refresh rate 90 Hz dan tampilan antar muka Realme UI layar ini terasa mulus dan responsif.

Kameranya Lebih Baik

Memang sebelumnya Realme 6 juga sudah memiliki empat lensa pada modul kamera utamanya, tapi untuk Realme 7 ini pihak pabrikan melakukan beberapa ubahan.

Lensa utamanya masih menawarkan tingkat resolusi sama yaitu 64 MP, bedanya jika dulu Realme 6 mengunakan sensor Samsung GW-1 kini untuk Realme 7 dipilih sensor Sony IMX682 yang dipercaya menghasilkan kualitas foto lebih baik karena sistem pikselisasi yang berbeda.

Untuk lensa ultra wide, makro dan B/W tidak ada perubahan dari sisi perangkat keras jika dibanding pendahulunya.

Lensa kamera utamanya menghasilkan kualitas foto dengan warna tajam dengan tingkat kontras tinggi. Selain itu dynamic range serta shadow processing -nya juga terlihat istimewa terutama kala digunakan di luar ruangan.

Seperti biasa Anda bisa memanfaatkan fitur Chroma Boost yang jadi ciri khas Realme, namun perlu berhati-hati sebab tak jarang hasilnya oversaturated.

Peningkatan besar dari sisi kualitas foto dibanding Realme 6 menurut Dombort terletak pada tingkat kedalamannya yang membuat foto tampak lebih realistis.

Kualitas Foto Hasil Kamera Utama Realme 7

Kala digunakan di dalam ruangan tingkat white balance -nya jadi kurang akurat sehingga foto yang dihasilkan cenderung menampilkan warna lebih warm, tapi tampaknya kekurangan ini bakal diatasi lewat pembaruan software di kemudia hari.

Pada pembesaran (zoom) hingga 2x tingkat detil serta ketajaman warnanya masih terlihat cukup baik. Sementara untuk pembesaran 5x terjadi degradasi namun masih lumayan.

Sanggupkah Helio G95 untuk Jalankan Game?

Realme 7 adalah ponsel pertama yang memanfaatkan ketangguhan chipset Helio G95 sebagai jantung performanya.
Didampingi dengan kapasitas RAM 8 GB, media penyimpanan internal 128 GB UFS 2.1 serta layar refresh rate 90 Hz ekspektasi terhadap kegegasan Realme 7 ini tentu sangat tinggi.

Dalam situasi pandemi saat ini kegegasan jadi terasa makin vital sebab banyak kegiatan tatap muka seperti rapat, kuliah dan sekolah dilakukan lewat konferensi video.

Pada pengujian yang dilakukan lewat aplikasi Zoom, Google Meet maupun Skype tak ada kendala kegegasan terjadi selama proses konferensi video tersebut.
Demikian pula untuk pemakaian normal harian seperti berkirim dan menerima pesan, bersosial media, memutar klip serta browsing.

Tapi bagaimana dengan kemampuannya menjalankan game terutama judul-judul populer seperti “PUBG”?

Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa beberapa game termasuk “PUBG” mencoba mengenali spesifikasi ponsel kemudian mengatur penyesuaian tingkat grafis dan sebagainya untuk menyajikan performa optimal.

Karena Helio G95 ini termasuk salah satu chipset terbaru maka optimasinya berbeda dibandingkan Realme 6. Karenanya tak perlu terkejut jika nilai benchmark yang ditampilkan terlihat lebih rendah.

Namun demikian dalam kenyataannya game populer seperti “PUBG” dan “Call of Duty” sanggup dijalankan dengan mulus oleh Realme 7 meski pada tingkat grafis tinggi (High).
GPU Mali-G76 MC4 yang terintegrasi dalam Helio G95 terbukti tidak mengecewakan.

Sementara itu baterai berkapasitas 5000 mAh yang ditanamkan sanggup bertahan selama satu setengah hari untuk pemakaian normal ala Dombort.

Sedangkan pengisian ulang daya baterai dari 0-100% hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam menggunakan pengisi daya (charger) 30W bawaannya.

Pantaskah Realme 7 Dibanderol Rp 4 Juta?

Dengan selisih harga yang tidak sedikit Realme 7 memang menawarkan pembaruan dari sisi desain, peningkatan pada lensa utama kamera belakang, peningkatan kegegasan serta kapasitas baterai.

Bagi Anda penggemar game atau punya tuntutan tinggi terhadap kualitas kamera maka menurut Dombort selisih harga Realme 7 dibanding Realme 6 terasa sepadan.
Tapi di luar dua hal di atas rasanya Realme 6 yang lebih terjangkau dan masih bisa dijumpai di pasaran bakal terasa lebih ekonomis.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Realme 7
Author Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
Realme 7 8/128 GB
Price
IDR 3999999
Product Availability
Available in Stock