Review Huawei Matebook 14

Huawei Matebook 14 Laptop Berprosesor AMD Ryzen Terbaik dengan Harga Terjangkau

Laptop dengan prosesor AMD kini makin banyak dijumpai di pasaran, bahkan meski di tengah pandemi tercatat tahun 2020 jadi tahun dimana laptop berprosesor AMD paling banyak dijumpai dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Setelah cukup lama posisinya tertinggal dari Intel kehadiran seri AMD Ryzen 4000 untuk laptop terlihat mulai membalikkan keadaan. Keunggulan AMD seri 4000 untuk laptop kini bahkan sudah bisa dianggap sebagai ancaman serius bagi prosesor Intel di kategori laptop.

Dari sekian banyak laptop dengan prosesor AMD seri Ryzen 4000 bagi Dombort adalah Huawei Matebook 14 yang paling menarik perhatian. Laptop buatan Huawei ini muncul sebagai laptop berprosesor AMD Ryzen dengan kegegasan terbaik di rentang harga kurang dari Rp 20 Juta.

Bahkan jika dibanding laptop lain di kisaran harga sama yang mengandalkan prosesor buatan Intel, kemampuan Huawei D 14 terasa melebihi standar kelasnya.

Bukan hanya pekerjaan harian seperti olah kata (word processing) atau sekedar spreadsheet saja yang bisa dilakukan olehnya namun termasuk pula olah grafis, rendering dan beberapa game ringan pun tanpa kendala dijalankan oleh laptop buatan Huawei ini.

Mengenal Prosesor AMD Seri Ryzen 4000

AMD Ryzen 4000 generasi terbaru ini sendiri dibangun dengan mengkombinasikan hingga 8 buah inti prosesor Zen 2 berikut peningkatan pada GPU Vega.

Dalam jajaran keluarga Ryzen sendiri untuk saat ini terbagi dalam dua kategori yaitu seri “U” yang merupakan prosesor dengan mengedepankan efisiensi penggunaan baterai serta meminimalisir suhu.
Prosesor seri “U” ini dibuat untuk memfasilitasi laptop-laptop tipis serta ringan yang mendukung mobilitas tinggi.

Sementara itu untuk seri “H” lebih mengedepankan performa/kegegasan sehingga sanggup menjalankan lebih banyak fungsi.

Berbeda dengan prosesor Intel yang sampai saat ini masih menggunakan arsitektur 10 nm, untuk AMD seri Ryzen 4000 sudah melangkah lebih jauh lewat arsitektur 7 nm yang lebih efisien.

Untuk Huawei D 14 terbaru sendiri sudah menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 4600H yang kemampuannya bisa disejajarkan dengan prosesor Intel i7-10750H seperti digunakan oleh Lenovo Yoga C940.

Untuk single thread performance memang prosesor Intel i7-10750H masih tak bisa ditekuk oleh AMD Ryzen 4600H, namun sebaliknya pada metrik multi-core Intel –lah yang kedodoran mengimbangi AMD.

GPU Vega yang terintegrasi dengan AMD Ryzen 4600H juga tak luput dari pembenahan, pihak pabrikan mengklaim peningkatan performa hingga 59% dibanding pendahulunya.

Peningkatan kemampuan dari sisi grafis ini terasa sekali kala digunakan untuk menjalankan game maupun melakukan proses rendering.