Samsung Galaxy M51 vs. Realme 7 Pro

Komparasi Samsung Galaxy M51 dengan Realme 7 Pro

Pada pekan-pekan sebelumnya Dombort telah mengulas Samsung Galaxy M51 dan Realme 7 Pro. Pada kedua ulasan tersebut sudah disinggung bahwa kedua ponsel ini bakal berada dalam posisi saling bersaing karena fitur dan banderol harga yang sebelas dua belas, a.k.a. kurang lebih sama.

Bagi Anda yang jadi bingung mana yang hendak dibeli antara Samsung Galaxy M51 atau Realme 7 Pro, kali ini Dombort mencoba menyajikan perbandingan antara keduanya.
Seperti biasa perbandingan atau komparasi ini tak dimaksud menemukan mana yang lebih baik melainkan membantu menentukan mana yang lebih sesuai untuk selera dan ekspektasi Anda masing-masing.

Perbandingan Penampilan dan Desain Samsung Galaxy M51 dengan Realme 7 Pro

Desain atau penampilan tentu saja merupakan pendapat subjektif. Untuk selera Dombort Realme 7 Pro memberi kesan lebih atraktif, elegan sekaligus fungsional.

Keputusan Realme memberikan permukaan matte pada bodi bagian belakang dalam praktiknya terlihat lebih minim meninggalkan jejak noda jari dibanding permukaan tipe glossy yang diadopsi oleh Samsung Galaxy M51.

Komparasi Samsung Galaxy M51 dengan Realme 7 Pro

Pada sisi lain desain Galaxy M51 juga memiliki kelebihannya sendiri, sebab pada bagian belakang tonjolan modul kamera utama terlihat minimal jika dibandingkan milik Realme 7 Pro.

Karena mengadopsi jenis sensor pindai sidik jari yang berbeda maka penempatan pada kedua ponsel ini jelas berbeda.
Realme 7 Pro mengaplikasikan sensor pindai pada layar, sementara untuk Galaxy M51 disatukan dengan tombol daya pada sisi kanan.

Meski sama-sama mendukung penggunaan memori eksternal namun Galaxy M51 menawarkan dukungan kapasitas hingga 512 GB dimana pada Realme 7 Pro hanya separuhnya yaitu 256 GB.

Kala mencoba menggenggam keduanya secara bergantian cukup kentara bahwa Galaxy M51 memiliki bobot lebih dibanding Realme 7 Pro, bisa jadi kapasitas baterai yang lebih besar menjadi biang keladi penambahan bobot tersebut.

Perbandingan Layar

Realme 7 Pro sudah meninggalkan layar IPS dan beralih menggunakna layar AMOLED, sementara Samsung memercayakan teknologi Super AMOLED Plus untuk Galaxy M51.

Meski sama-sama menawarkan tingkat resolusi setara Full HD+ namun Samsung Galaxy M51 menawarkan pula bentang layar sedikit lebih luas yaitu 6.7 inch dibanding Realme 7 Pro yang memiliki bentang layar 6.5 inch.

Walaupun sekilas keduanya sama-sama memanfaatkan teknologi berbasis AMOLED namun ternyata teknologi Super AMOLED Plus yang digunakan oleh Samsung Galaxy M51 mampu menampilkan gambar dan warna yang lebih hidup dibanding layar AMOLED milik Realme 7 Pro.

Jadi rasanya bukan hal subjektif jika Dombort menyebut layar Samsung Galaxy M51 lebih baik dibanding Realme 7 Pro dilihat dari bentang layar serta ketajaman warna.

Perbandingan Kamera

Kemiripan antara Samsung Galaxy M51 dengan Realme 7 Pro kembali terlihat pada fitu kamera dimana keduanya sama-sama mengandalkan sensor Sony IMX 682 dengan tingkat resolusi 64 MP.

Namun bukan berarti hasilnya bakal sama persis mengingat hasil akhir sebuah foto dari kamera ponsel ditentukan pula oleh pemrosesan dengan perangkat lunaknya.

Dalam pemakaiannya di luar ruangan lensa utama Realme 7 Pro mampu menghasilkan dynamic range yang lebih baik jika dibanding kamera Samsung Galaxy M51.

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy M51 dengan Realme 7 Pro
Kiri: Realme 7 Pro – Kanan: Samsung Galaxy M51

White balance pada foto yang diabadikan dengan kamera Realme 7 Pro juga sekali lagi terlihat lebih baik dibanding foto yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy M51.
Perbedaan ini memberi dampak cukup signifikan mengingat white balance memang memberi pengaruh besar dalam menentukan kesan keseluruhan dari sebuah foto.

Untuk pemotretan di malam hari dengan menggunakan mode “Night” lagi-lagi kamera Realme 7 Pro mampu menampilkan foto yang lebih jelas dibanding Samsung Galaxy M51.

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy M51 dengan Realme 7 Pro Malam Hari
Night – Kiri: Realme 7 Pro – Kanan: Samsung Galaxy M51

Kondisinya berubah ketika membandingkan kamera makro kedua ponsel ini. Pada fitur ini ganti Samsung Galaxy M51 menunjukkan keunggulannya karena foto makro yang dihasilkan tampak lebih hidup dibanding foto makro dengan kamera Realme 7 Pro yang lebih banyak menghasilkan efek grain.

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy M51 dengan Realme 7 Pro Makro
Makro – Kiri: Realme 7 Pro – Kanan: Samsung Galaxy M51

Samsung tampaknya cukup serius menggarap kualitas lensa makro milik Galaxy M51 hingga keberadaannya tak berkesan sekedar gimmick.

Untuk mode portrait Dombort menilai kualitas keduanya setara, hanya saja untuk warna biru latar belakang seperti langit kamera Realme 7 Pro terkesan memberi ekstra pewarnaan dibanding Galaxy M51.

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy M51 dengan Realme 7 Pro Portrait
Portrait – Kiri: Realme 7 Pro – Kanan: Samsung Galaxy M51

Di bagian lensa ultrawide melihat dari sisi teknis spesifikasi memang Samsung Galaxy M51 menawarkan sudut yang lebih luas. Sayang pemrosesannya tidak cukup optimal sehingga kualitas secara keseluruhan tak menunjukkannya unggul dibanding Realme 7 Pro.

Kegegasan Samsung Galaxy M51 vs. Realme 7 Pro

Realme dan Samsung sama-sama mempercayakan Qualcomm untuk memberi jantung performa bagi ponsel buatan masing-masing.
Bedanya jika Realme 7 Pro menggunakan Snapdragon 720G maka Samsung Galaxy M51 memilih Snapdragon 730G.

Meski keduanya sama-sama merupakan prosesor 8 nm namun dalam uji benchmark Snapdragon 720G terlihat lebih unggul dibanding Snapdragon 730G.

Pada penggunaan harian sebenarnya kedua ponsel ini sama-sama menunjukkan ketangguhan, tidak ada gejala lag maupun proses buka tutup aplikasi terlalu lama.

Hanya saja kala dicoba menjalankan beberapa judul game populer ternyata memang Realme 7 Pro terasa lebih lancar dibanding Samsung Galaxy M51.
Contohnya kala dicoba menjalankan “WildRift” dengan pengaturan maksimal Realme 7 Pro mampu mencapai 45 fps dimana Samsung Galaxy M51 hanya sebatas 32 fps.

Jadi bagi Anda yang jarang atau bahkan sama sekali tak pernah memainkan game di ponsel maka manapun dari keduanya tak jadi soal. Namun bagi Anda penggemar game tentu saja Realme 7 Pro lebih ideal dibanding Samsung Galaxy M51.

Perbanding Baterai Samsung Galaxy M51 vs. Realme 7 Pro

Sekilas mudah beranggapan bahwa Samsung Galaxy M51 yang dijejali baterai berkapasitas 7000 mAh unggul dibanding Realme 7 Pro.

Namun pada penggunaan harian sebenarnya perbedaan itu jadi tak terlalu terasa karena Realme 7 Pro sudah ditemani oleh pengisi daya 65W yang memungkinkan pengisian ulang daya baterai dalam waktu 37 menit.

Sementara meski dengan kapasitas baterai lebih besar Samsung hanya memberikan pengisi daya 25W untuk menemani Samsung Galaxy M51.

Kualitas Audio

Baik Samsung Galaxy M51 maupun Realme 7 Pro sama-sama mendukung Dolby Atmos dan Hi-Res pada sektor audio.

Komparasi Speaker Samsung Galaxy M51 dengan Realme 7 Pro

Meski demikian warna suara yang dihasilkan dari speaker kedua ponsel ini tidaklah sama.
Realme 7 Pro menghasilkan kualitas suara yang lebih merata, sementara Samsung Galaxy M51 lebih nge-bass.

Untuk selera Dombort audio Realme 7 Pro terasa lebih pas didengar oleh telinga.