Review Realme 7i

Realme 7i Banting Harga, Tepatkah Waktunya Untuk Beli?

Realme 7i yang sebelumnya dibanderol Rp 3,199 Juta pada awal Desember sempat banting harga menjadi Rp 2,99 Juta saja.
Sama seperti pendahulunya Realme menempatkan Realme 7i sebagai opsi lebih terjangkau (murah) dari dua saudaranya yaitu Realme 7 dan Realme 7 Pro.
Pertanyaannya seberapa bedakah Realme 7i ini dibanding keduanya saudaranya yang sama-sama merupakan seri 7 tersebut?

Realme 7i dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Realme 7i

OS Realme UI berbasis Android 10
Layar 6.5 inches, 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density)
SoC Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
GPU Adreno 610
RAM 6 GB
ROM 128 GB
Kamera Utama 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.73″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.3, 119˚, 16mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
Kamera Swafoto 16 MP, f/2.1, 26mm (wide), 1/3.1″, 1.0µm
Sensor Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Dimensi 164.1 x 75.5 x 8.9 mm
Berat 188 g

Membahas Penampilan Realme 7i

Material yang digunakan untuk ponsel seharga Rp 3 Juta-an ini sepenuhnya adalah plastik, seperti biasa Realme kreatif dengan desainnya sehingga kesan murahan sama sekali tak terlihat.
Sang produsen menawarkan dua pilihan warna yaitu “Aurora Green” dan “Polar Blue”.

Pada sisi bagian depan secara keseluruhan tampilannya banyak memiliki kesamaan dengan kedua saudaranya.
Ukuran dan penempatan lensa swafoto yang ideal dibarengi ukuran bezel tipis menjadikan layarnya tampak luas sekaligus optimal kala digunakan.

Tombol-tombol fisik pada bagian samping terasa ergonomis, hanya saja kala ditekan terasa lebih keras dibanding kebanyakan ponsel merek lain. Namun setelah terbiasa kondisi tersebut tak terlalu menganggu.

Di bagian belakang selain terlihat modul kamera utama pada sisi kiri atas terlihat pula sensor pindai sidik jari tak jauh dari modul tersebut.

Untuk ponsel seharga ini Dombort merasa Realme mampu menyajikan desain dan build quality melebihi ekspektasi.

Layar dan Kualitas Suara

Meski diposisikan sebagai ponsel dengan harga terjangkau namun kali ini layar Realme 7i sudah menerapkan refresh rate 90 Hz.
Fitur tersebut memberi keunggulan tersendiri sebab dalam pemakaian memberi kesan mulus dibanding para kompetitor yang umumnya masih menerapkan layar 60 Hz.

Tapi pada sisi lain Realme justru mengorbankan tingkat resolusi dimana kebanyakan kompetitor sekelas sudah menawarkan resolusi FHD+ Realme 7i masih sekedar bertahan pada resolusi HD+.

Akibatnya kala dibandingkan langsung dengan ponsel yang mengusung layar FHD+ terlihat sekali bahwa tingkat ketajaman layar Realme 7i ini cukup tertinggal.

Di bagian bawah Realme menempatkan sebuah speaker, meski sekedar speaker tunggal namun tingkat volume serta kualitas bass -nya cukup memuaskan.
Tentu saja untuk mendapat kualitas optimal akan lebih baik Anda menambah investasi dengan membeli earphone dari perusahaan yang sama.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 7i

Earphone merek Realme (Real Soud Technology) bisa Anda beli dengan harga cukup terjangkau namun sudah optimal baik untuk menonton film, memutar musik maupun bermain game.
Anda cukup memilih mode “Smart” maka optimalisasi otomatis akan dilakukan berdasar media yang diperdengarkan.

Kegegasan

Ditanami dengan SoC Snapdragon 662 buatan Qualcomm didampingi RAM sebesar 6 GB kemampuan multitasking ponsel ini terasa istimewa.

Tapi untuk menjalankan game langsung terasa bahwa Snapdragon 662 ini tidaklah cukup bertenaga.
Game populer seperti “PUBG” atau “Call of Duty” hanya mungkin dijalankan pada tingkat pengaturan medium untuk bisa berjalan lancar.

Realme 7i Jalankan PUBG

Cukup jelas bahwa Helio G90T yang digunakan oleh Realme 6 masih lebih tangguh menjalankan game dibanding Snapdragon 662 pada Realme 7i ini.

Sementara itu baterai 5000 mAh mampu bertahan hingga 2 hari untuk pemakaian normal ala Dombort. Efisiensi ini tampaknya dicapai berkat penggunaan prosesor yang tidak terlalu mengkonsumsi sumber daya baterai serta layar beresolusi rendah.

Bahkan kala digunakan untuk menjalankan game dengan intensitas yang menurut Dombort cukup sering pun baterai ponsel ini masih bertahan selama sehari penuh.

Pengisian ulang daya baterai dengan menggunakan charger 18W bawaannya memakan waktu lebih kurang satu setengah jam.

Kamera

Pada modul kamera belakang terdapat empat buah lensa masing-masing adalah lensa utama dengan sensor 64 MP, lensa ultra-wide 8 MP, depth sensor 2 MP serta lensa makro 2 MP.

Kualitas Kamera Realme 7i

Untuk standar ponsel seharga ini kualitas foto-foto yang dihasilkan oleh kamera tersebut termasuk baik, memang beberapa kali muncul gejala inkonsitensi namun tampaknya situasi ini bakal teratasi dengan pembaruan firmware.

Sepadankah Realme 7i dengan Banderolnya?

Dalam pengujian Realme 7i terlihat bahwa keunggulan ponsel ini terletak pada desain, kegegasan untuk pemakaian harian, kualitas kamera serta daya tahan baterai.

Pada sisi lain ponsel ini lemah dari sisi prosesor dan resolusi layar jika dibanding kompetitor sekelasnya.

Akhirnya, setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan tersebut selamat memutuskan layak atau tidaknya banderol yang ditentukan oleh sang produsen.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Realme 7i
Author Rating
31star1star1stargraygray
Product Name
Realme 7i
Price
IDR 3199999
Product Availability
Available in Stock