Ulasan Samsung Galaxy Tab A7 2020

Samsung Galaxy Tab A7 2020: Tablet 5 Juta yang Tak Bikin Kecewa

Beberapa tahun ini membeli tablet bukanlah perkara gampang pasalnya beberapa tahun terakhir memang tak banyak, lebih-lebih untuk rentang harga kurang dari Rp 5 Juta.
Dari beberapa pabrikan yang masih konsisten memproduksi tablet dan menjualnya di Indonesia sampai saat ini hanya Apple dan Samsung –lah yang benar-benar pantas dipertimbangkan.

Apple seperti biasa menjual produknya di harga premium, iPad Air yang merupakan lini paling terjangkau pun saat ini banderolnya di kisaran Rp 6,3 Juta-an.
Untungnya Samsung tak hanya menggarap segmen premium namun masih konsisten membarui produk tabletnya di segmen harga yang lebih terjangkau lewat Samsung Galaxy Tab seri A.

Samsung Galaxy Tab A7 2020 saat tulisan ini dibuat masih dipatok di harga yang relatif terjangkau yaitu Rp 4,99 Juta.
Tentu ketika anggaran yang tersedia terbatas maka tak banyak pilihan lain, namun bagi Anda yang memiliki dana lebih longgar tentu bakal bertanya-tanya sepadankah membeli Samsung Galaxy Tab A7 ini? Atau lebih baik menginvestasikan dana ekstra untuk melompat ke Samsung Galaxy Tab seri S saja?

Samsung Galaxy Tab A7 2020 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A7 2020

OS One UI 2.1 berbasis Android 10
Layar 10.4 inches, 1200 x 2000 pixels, 5:3 ratio (~224 ppi density)
SoC Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
GPU Adreno 610
RAM 3 GB
ROM 32 GB
Kamera Utama 8 MP, AF
Kamera Swafoto 5 MP
Sensor Accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 7040 mAh battery
Dimensi 247.6 x 157.4 x 7 mm
Berat 476 g

Desain dan Penampilan Samsung Galaxy Tab A7

Meski dibanderol dengan harga lebih terjangkau kesan premium langsung terlihat kala membuka boks Samsung Galaxy Tab A7 ini.

Bukan hanya kelir silver saja yang menjadikan tablet Android ini berkesan premium, namun material aluminum turut menopang kesan tersebut disamping membuat Samsung Galaxy Tab A7 terasa kokoh kala digunakan.

Penampilannya sendiri sangat minimalis, tak ada kesan stylish apalagi futuristis, namun mengingat pasar tablet yang mengalami decline tak mengejutkan kalau Samsung enggan berinvestasi terlalu besar untuk peremajaan desain.

Pada bagian belakang tablet terlihat modul kamera 8 MP, tepatnya di kiri atas. Dengan berat sekitar 477 gram Samsung Galaxy Tab A7 cukup ideal untuk ukuran sebuha tablet dengan bentang layar 10 inch.

Layar TFT

Tentu tak masuk akal membayangkan sebuah tablet seharga ini dilengkapi oleh layar berteknologi AMOLED, karenanya justru wajar ketika Samsung pilih menempatkan layar berteknologi TFT untuk tablet Android kelas menengahnya ini.

Kualitas gambar yang ditampilkan cukup baik, selain luas juga cukup tajam. Hanya saja jika dibanding layar AMOLED milik Samsung Galaxy Tab S7 tentu kualitasnya kalah telak.

Secara keseluruhan untuk kualitas layar tablet di kisaran harga ini untuk menonton film, membaca e-book dan browsing tidaklah mengecewakan.

Kelemahan layar ini baru terasa kala digunakan di luar ruangan, sebab tingkat kecerahannya memang tidak cukup tinggi untuk mengakomodir penggunaan di luar ruangan.

Di luar itu Dombort merasa tak ada keluhan atau kritikan terkait layar tablet seharga Rp 5 Jutaan ini.

Kegegasan, Baterai dan Audio

Samsung mempersenjatai Galaxy Tab A7 2020 ini dengan jantung performa Snapdragon 662 buatan Qualcomm didampingi RAM berkapasitas 3 GB serta memori internal 32 GB.

Dikombinasikan dengan sistem operasi One UI 2.1 berbasis Android 10 dalam pemakaian harian tablet ini terasa mulus, proses transisi antar aplikasi juga terasa mulus.

Bahkan kala dijajal menjalankan game populer seperti “Asphalt 9” dan “PUBG” masih bisa berjalan lancar selama Anda tidak menempatkan pada mode pengaturan tertinggi.

Ditanami dengan baterai berkapasitas 7040 mAh dalam pemakaian intensif baterainya bisa bertahan selama 13 jam, hanya saja proses pengisian ulang daya baterai dengan menggunakan charger bawaan memakan waktu yang tidak singkat yaitu sekitar 3 jam.

Pada fitur audio speaker Samsung Galaxy Tab A7 sudah dioptimalkan dengan Dolby Atmos, empat speaker tersebut menghasilkan kualitas suara yang kuat sekaligus jernih.
Kala digunakan di dalam ruangan berukuran sedang suaranya sudah cukup kuat tanpa perlu menambahkan speaker eksternal.

Review Samsung Galaxy Tab A7 2020

Kamera

Seperti biasa kamera bukanlah fitur unggulan dalam sebuah tablet, karenanya Samsung hanya melengkapi Galaxy Tab A7 2020 ini dengan modul kamera utama 8 MP serta kamera sekunder 5 MP di bagian depan.

Kualitas kedua kamera ini cukup lumayan kala digunakan di luar ruangan dengan kondisi pencahayaan ideal. Namun sebaiknya jangan mengandalkan tablet ini untuk mengabadikan foto selama liburan atau memfoto produk yang hendak dijual di marketplace.

Puaskah Membeli Samsung Galaxy Tab A7?

Dengan mempertimbangkan faktor harga, kelebihan serta kelemahan yang dimiliki Dombort beranggapan bahwa Galaxy Tab A7 adalah tablet terbaik yang ada di pasaran dengan harga kurang dari Rp 5 Juta.