Harga Oppo A37 dan Spesifikasi Terkini

Harga Oppo A37 merupakan faktor penentu tingginya antusiasme calon konsumen terhadap HP Oppo di kelas low-end tersebut. Umumnya mendapatkan HP Android 1 Jutaan dengan kualitas serta fitur layak bukan perkara yang mudah tak heran jika konsumen memerlukan waktu panjang dalam sebuah proses keputusan beli.

Ditilik dari spesifikasi Oppo A37 tampak ada beberapa poin seperti resolusi layar yang menempatkannya unggul dibanding kompetitor dikisaran harga sama. Namun perlu dicermati lebih dalam bagaimana kualitas serta performanya secara langsung lewat penggunaan harian.

Also Read: Harga Oppo Neo 7 dan Spesifikasi

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A37

Spesifikasi Oppo A37

Spesifikasi Teknis Oppo A37
Bobot 136 gram
Layar AMOLED 5.0 inch, HD
Pelindung Layar Ada
Sistem Operasi ColorOS V3.0.0i berbasis Android 5.1 Lollipop
Chipset Qualcomm Snapdragon 410
Prosesor Quad-Core 1.2 GHz
Storage 16 GB
RAM 2 GB
Kamera Sekunder 5 MP, f/2.2
Kamera Primer 8 MP, AF, LED Flash, f/2.2
Sensor GPS, G-Sensor, E-Compass, Light & Proximity Sensor, Gyroscope
Baterai 2630 mAh
Harga Lihat Disini

Desain dan Build Quality Oppo A37

Penampilan Oppo A37 benar-benar mengingatkan banyak orang pada Oppo R9, opsi warna yang tersedia pun serupa antara kedua handphone Oppo di segmen berbeda tersebut. Mungkin layak menyebut A37 sebagau Oppo R9 Mini.

Ukuran bezel yang tipis berikut bobot yang ideal menjadikan HP Android 1 Jutaan dengan RAM 2 GB dan prosesor Quad-core ini demikian nyaman digenggam. Bobotnya tercatat 137 gram yang berarti ideal dalam arti tidak terlampau ringan namun juga tidak terlalu berat. Sensasi yang diberikan kala digenggam juga memberi kesan solid seolah melebihi ekspektasi seseorang terhadap sebuah ponsel Android kelas low-end.

Sama seperti umumnya handphone buatan Oppo lainnya layar berukuran 5 inch pada Oppo A37 tampak ditempatkan di atas bezel layar berlapis pelindung ini memang terkesan ganjil bagi kebanyakan pengguna terutama mereka yang belum terbiasa dengan ponsel buatan Oppo.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A37

Pada bagian belakang tampak bahwa lensa kamera utamanya menonjol beberapa mm dari cover, namun tanpa pengamatan serius tak sedikit yang bakal menyadari fakta tersebut.

Layar

Kelebihan Oppo A37 pada poin layar di atas kertas terlihat pada kehadiran fitur eye protection yang beberapa tahun sebelumnya diperkenalkan oleh Apple lewat sistem operasi iOS. Fitur ini bertugas memfilter cahaya warna biru yang konon menurut beberapa pakar memaksa otot-otot mata bekerja lebih keras.

Sementara itu meski sekedar menampilkan resolusi setara HD namun dari sisi tingkat kecerahan, viewing angles serta akurasi warna ia terbilang baik untuk standar HP Android 1 Jutaan.

Sistem Operasi dan Performa Oppo A37

A37 menjalankan ColourOS 3.0 berbasis Android 5.1 Lollipop, tampilan antar muka ini sudah mengalami penyempurnaan signifikan dibanding pendahulunya. Beberapa bug yang sebelumnya muncul pada HP Oppo tampak sukses dibenahi.

Meski mengalami pembenahan dalam arti mengatasi bug yang sebelumnya kerap ditemukan pada smartphone Oppo namun pada sisi lain pabrikan asal Cina itu belum serius memperbaiki penampilannya. Karenanya ia masih tampak sebagai kloning dari iOS.

Performanya sendiri yang mengandalkan chipset Snapragon 410 memang tidak istimewa, tampak muncul gejala lag dalam instensitas minim. Bagaimanapun kondisi tersebut sangat wajar terjadi pada ponsel sekelas ini. Dan sebagai catatan saja bahwa berdasar uji Geekbench 3 Oppo A37 mencatat poin yang setara dengan Samsung Galaxy S3 yang dimasa lalu pernah menjadi flagship.

Jangan berharap akan performa luar biasa yang dari ponsel harga 1 Jutaan, tapi sebagai daily driver performa A37 cukup bisa diandalkan.
Hal yang perlu dipahami adalah jika Anda berencana membeli Oppo A37 maka jangan pula berharap mempertahankannya dalam waktu lama sebab menilik spesifikasi yang dimiliki idealnya ia hanya digunakan selama setahun pemakaian.

Performa Kamera Oppo A37

Meski penampilannya menyerupai dengan Oppo R9 yang pada masanya dikenal sebagai ponsel selfie jangan harap A37 dari Oppo menawarkan kemampuan sepadan. Memang dari sisi aplikasi keduanya setara namun Oppo A37 hanya menggunakan lensa kamera sekunder 5 MP f/2.2 bukan 8 MP seperti pada R9.

Bagaimanapun lagi-lagi untuk standar ponsel 1 Jutaan kualitas kamera sekunder A37 terbilang baik untuk foto-foto yang hendak diunggah di media sosial atau blog.

Hasil Kamera Oppo A37

Sementara untuk kamera utama 8 MP di bagian belakang juga tidak istimewa, foto-foto yang dihasilkan cenderung grainy. Situasi ini berlaku pula kala menggunakan mode HDR, Expert, Fill light maupun Expert.

Stamina Baterai

Lantas dimana sebenarnya kelebihan Oppo A37? Untuk standar ponsel sekelas ini kami menilai bahwa baterai merupakan nilai plus dari A37. Selain staminanya sanggup bertahan selama sehari penuh juga fitur VOOC menjadikan pengisian daya selama 30 menit sudah cukup untuk mengisi daya baterai dari 0% ke 70%.

Spesifikasi dan Harga A37

Kelebihan Oppo A37 Kekurangan Oppo A37
  • Ringan tapi solid
  • Tampilan antar muka setara flagship
  • Stamina baterai tahan lama
  • Fitur VOOC
  • Supports microSD
  • Kamera mediocre
  • Belum dilengkapi sensor pemindai sidik jari
  • Performa sekedar cukup untuk harian

Kesimpulan Review dan Harga Oppo A37

Oppo A37
Rose Gold
Harga Oppo A37
Jual Oppo A37

HP Oppo ini memang bukan ponsel sempurna tapi jika Anda sedang mempertimbangkan membeli HP Andrid 1 Jutaan maka smartphone Oppo ini pantas menjadi salah satu opsi yang dipertimbangkan. Performa yang cukup baik untuk penggunaan harian berikut stamina baterai panjang merupakan keunggulan utama.

Harga Oppo A37 pada saat tulisan ini dipublikasikan berkisar Rp 1,9 Juta-an.

Harga Oppo A37 dan Spesifikasi
Harga Oppo A37 dan Spesifikasi Terkini | Ponsel Dombort | 4.5