Ulasan iPad Air (2020)

iPad Air (2020) Nyaris Setangguh iPad Pro Tapi Lebih Terjangkau

Selain Samsung, Apple adalah pabrikan yang konsisten memproduksi dan meng –update produk tablet. Kalau Samsung punya seri Galaxy Tab A untuk segmen terjangkau dan seri Galaxy Tab S untuk segmen high-end maka Apple pun juga punya dua lini tablet yaitu iPad Air dan iPad Pro.
Tahun ini keduanya kembali mendapatkan penyegaran.

Meski sejatinya iPad Air merupakan tablet dengan harga terjangkau namun kriteria “terjangkau” menurut Samsung dan Apple jelas beda. Bagi Apple harga Rp 10 Juta-an masih masuk kategori terjangkau, karenanya tak usah heran kalau iPad Air generasi ke-4 ini dibanderol di kisaran harga tersebut.

Harga iPad Air 2020 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Penampilan dan Layar

Dari sisi penampilan kental sekali kemiripan antara iPad Air (2020) dengan iPad Pro (2020), paling mencolok adalah desain yang mengkotak serta ukuran bezel tebal di sekeliling layar. Tentu saja ada beberapa adaptasi.

iPad Air generasi ke-4 ini mengusung layar Liquid Retina dengan bentang 10,5 inch dan tingkat resolusi 2224 x 1668 pixels yang menghasilkan tingkat kerapatan warna 264 ppi.
Kalau sekedar membayangkan tampaknya dengan bentang layar sebesar itu tablet buatan Apple ini terkesan besar, namun dalam pemakaiannya ternyata tak terasa demikian.

Kualitas Layar iPad Air 2020 Spesifikasi

Memang layar ini tidak memiliki refresh rate 120 Hz seperti halnya layar iPad Pro, namun Dombort tak merasa kondisi ini sebagai sebuah kelemahan.
Lebih-lebih sampai saat ini masih sedikit aplikasi game maupun lainnya yang sudah mendukung refresh rate di atas 60 Hz.

Tapi memang kalau kebutuhan Anda lebih dari kebutuhan kasual, misalnya desainer grafis atau profesi lain yang menuntut fluiditas layar lebih baik maka posisi iPad Pro belum bisa tergantikan oleh saudaranya ini.

iPad Air 2020 dibanding iPad Pro

Satu hal yang menurut Dombort pantas diapresiasi adalah keputusan Apple tidak lagi menggunakan port “Lightning” dan beralih ke USB tipe C yang lebih leluasa dan kompatibel dengan berbagai aksesoris ekternal seperti layar atau ethernet.

Ada fitur menarik milik iPad Pro yang turut diadopsi untuk iPad Air (2020) yaitu kemampuan pengisian daya “Apple Pencil” secara nirkabel (wireless) manakala perangkat tersebut tertempel secara magnetik dengan tabletnya.

“Apple Pencil” sendiri mengalami peningkatan dibanding sebelumnya sehingga kini terasa lebih nyaman digenggam sekaligus akurat.
Untuk mengubah ke mode hapus juga tinggal melakukan dua kali klik.

Akurasinya memungkinkan Anda untuk menandatangani dokumen secara digital, fitur ini terasa vital di masa remote working seperti saat ini.

Seperti perangkat buatan Apple lainnya iPad Air generasi ke-4 ini pun telah meninggalkan fitur Face ID dan beralih ke Touch ID yang diklaim lebih disukai oleh para pengguna setia produk Apple.

Sensor biometrik pada tablet ini disatukan dengan tombol daya yang berada di bagian atas.
Karena dimensi tablet yang lebih besar dibanding ponsel maka ada baiknya Anda mendaftarkan setidaknya dua jari untuk dikenali karena nantinya bakal terasa lebih praktis kala hendak menggunakan.

Kegegasan iPad Air (2020) Tak Kalah dari iPad Pro

Mengandalkan prosesor terbaru A14 Bionic kegegasan iPad Air (2020) ini tidak main-main, uji benchmark mengkokohkan hal itu dengan raihan 1593 poin pada single core dan 4209 poin pada multi core menggunakan “Geekbench”.

Didampingi dengan RAM berkapasitas 4 GB hampir semua tugas sanggup dilakukan sangat baik oleh tablet generasi keempat ini.
Mungkin dua momen dimana kemampuannya sedikit tidak optimal pertama adalah kala digunakan untuk melakukan editing konten Dolby Vision HDR dengan menggunakan IMovie.
Sementara kondisi kedua terjadi kala melakukan olah foto RAW 40 MP.

Konsekuensinya kalau aktivitas rutin Anda melibatkan dua hal di atas maka tak ada pilihan selain iPad Pro, karena iPad Air ini bakal membuat frustrasi dalam dua situasi tersebut.

Di luar kedua aktivitas tersebut Dombort sendiri tak merasakan perbedaan kegegasan antara iPad Air dengan iPad Pro. Keduanya sama-sama mulus dan handal.

Kelebihan dan Kekurangan iPad Air 2020

Bagi Anda penggemar game iPad Air (2020) tidaklah mengecewakan, setidaknya situasi itu terbukti kala dicoba menjalankan “Samurai Jack: Battle Through Time”.
Detil grafisnya tentu tak sebaik kala menjalankan game yang sama di perangkat PC, namun masih lebih baik dibanding Nintendo Switch.

Cukup Mampu Gantikan Laptop

Dalam kondisi tertentu biasanya alasan kepraktisan tak jarang tablet dipakai untuk menggantikan laptop. Untuk maksud tersebut iPad Air generasi ke-4 cukup mumpuni, tentu kala ditemani dengan aksesoris tambahan seperti “Magic Keyboard”.

Review iPad Air 2020

“Magic Keyboard” sendiri bekerja dengan baik dan cukup memberikan kenyamanan kala dipakai mengetik. Selain sudah dilengkapi backlight yang memungkinkan Anda bekerja dalam ruang redup kinerja trackpad -nya juga sangat akurat.

Summary
Review Date
Reviewed Item
iPad Air (2020)
Author Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
iPad Air (2020)
Price
IDR 11099000
Product Availability
Available in Stock