Review iPhone 12 versi Dombort

iPhone 12 Sudah Tersedia, Sepadankah Harga Rp 15 Juta?

Bagi Anda yang sudah melakukan pre-order iPhone 12 tentunya pada pertengahan Desember kemarin sudah menerima unit sesuai pesanan. Bagi Anda yang pilih menunggu kini saatnya Anda memutuskan jadi atau tidakkah membeli iPhone 12 yang dijual dengan harga mulai Rp 14, 999 Juta.

iPhone 12 tampil dengan desain yang mengingatkan pada penampilan iPhone 4 berikut kerangka aluminum yang pernah diusung oleh ponsel buatan Apple tersebut beberapa tahun silam.
Pada sisi lain ponsel ini membawa pula beberapa fitur andalan yang terbukti sukses di iPhone 11 Pro tahun lalu.
Lantas tepatkah membeli iPhone 12 dengan banderol di kisaran Rp 15 Juta-an saat ini?

Harga iPhone 12 dan Spesifikasi

Official Store iPhone

Spesifikasi iPhone 12

OS iOS 14.1, upgradable to iOS 14.2
Layar Super Retina XDR OLED 6.1 inches, 1170 x 2532 pixels, 19.5:9 ratio (~460 ppi density)
SoC Apple A14 Bionic (5 nm)
GPU Apple GPU (4-core graphics)
RAM 4 GB
ROM 64/128/256 GB
Kamera Utama 12 MP, f/1.6, 26mm (wide), 1.4µm, dual pixel PDAF, OIS
12 MP, f/2.4, 120˚, 13mm (ultrawide), 1/3.6″
Kamera Swafoto 12 MP, f/2.2, 23mm (wide), 1/3.6″
Sensor Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, Siri natural language commands and dictation
Waterproofing IP68
Baterai Non-removable Li-Ion 2815 mAh battery
Dimensi 146.7 x 71.5 x 7.4 mm
Berat 164 g

Desain dan Layar iPhone 12

Tampilan mengkotak yang diusung oleh iPhone 12 terakhir kali dijumpai pada tahun 2014 sebab semenjak iPhone 5 pabrikan berbasis di Cupertino ini melakukan peremajaan signifikan di sektor desain.

Kembalinya iPhone ke desain lama ini pada satu sisi mengurangi kesan modern dan langsing tapi pada sisi lain membangkitkan banyak nostalgia bagi pengguna setia iPhone.
Desain ini sekaligus membuat ponsel berlogo buah apel tergigit ini memiliki pembeda unik dibandingkan ponsel Android.

Jika membandingkan dengan iPhone 11 terasa bahwa iPhone 12 lebih mantap dalam genggaman karena tidak licin.
Pada bodi bagian belakang terdapat magnet yang dipakai untuk melakukan pengisian daya secara nirkabel kala Anda menggunakan charger MagSafe buatan Apple juga.

Keberadaan magnet tersebut memiliki fungsi praktis sebab selama proses pengisian ulang daya baterai secara nirkabel Anda masih tetap bisa menggunakan ponselnya.

Tak seperti iPad Air generasi ke-4 yang beralih ke port USB tipe C untuk iPhone 12 ini Apple masih tetap mempertahankan port Lightning yang diletakkan bersebelahan dengan kisi-kisi speaker -nya.

Karena sudah tersertifikasi IP68 iPhone terbaru ini sanggup menahan rembesan air hingga kedalaman 6 meter dalam waktu maksimal 30 menit.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 12

Di sektor layar Apple memberikan layar berteknologi Super Retina XDR OLED seperti yang digunakan pada iPhone seri Pro.
Layar yang memiliki bentang 6.1 inch ini mampu menampilkan tingkat resolusi 2532 x 1170 pixels, resolusi ini meningkat dibanding iPhone 11 tahun lalu.

Dibanding pendahulunya layar iPhone 12 terlihat meningkat dari sisi akurasi warna, kepekatan warna hitam serta tingkat kontras yang perpaduan ketiganya menghasilkan gambar lebih hidup dibanding layar iPhone 11.

Kamera

Apple turut membenahi pula fitur kamera untuk salah satu varian produk ponsel terbarunya ini, dengan nilai aperture f/1.6 secara teoritis lensa kamera iPhone 12 ini memiliki kemampuan pemotretan malam hari yang lebih baik dibanding pendahulunya.

Pada pengujian yang dilakukan kamera iPhone 12 bukan saja sanggup menghasilkan kualitas foto lebih baik di malam hari dibanding iPhone 11 Pro namun dari sisi performa juga mampu bekerja lebih cepat.
Dibanding ponsel Android sendiri untuk sekarang hanya Pixel 4a yang sanggup menyamai kemampuan kamera iPhone 12.

Foto Hasil Kamera iPhone 12 Indoor

Foto Hasil Kamera iPhone 12 Outdoor Malam

Foto Hasil Kamera iPhone 12 Outdoor Night

Sementara untuk mode lain foto yang dihasilkan tampak lebih hidup dan realistis dibanding ponsel lain yang pernah dicoba oleh Dombort.
Memang sama halnya dengan semua kamera digital sudah pasti ada peran perangkat lunak dalam pemrosesan foto, namun pada iPhone 12 pemrosesan ini cukup ideal dalam melakukan rekayasa white balance dan kontras sehingga hasilnya masih tetap mendekati kondisi yang sebenarnya.

Sementara itu untuk perekaman video 4K pada 60 fps lagi-lagi kualitas maupun performanya mampu melampaui para kompetitor.
Kamera GoPro tidak ada apa-apanya dari sisi kualitas jika dibandingkan klip video yang dihasilkan oleh kamera iPhone 12 ini.

Kalau Anda masih mengharapkan kualitas lebih baik lagi bisa beralih pada mode Dolby Vision HDR dengan 30 fps

Kegegasan

iPhone 12 menggunakan prosesor A14 Bionic seperti yang diandalkan juga sebagai jantung performa iPad Air 2020.
Seperti yang sudah Dombort sebutkan pada review iPad Air 2020 lalu bahwa prosesor ini mencatatkan hasil mengesankan pada uji GeekBench.

Pada penggunaan sesungguhnya baik harian, memutar video maupun menjalankan game iPhone 12 menunjukkan kemampuan yang memuaskan, karakternya sangat mirip dengan iPad Air terbaru.

Kalau Anda termasuk penggemar game rasanya memiliki iPhone 12 sudah cukup sekaligus mengakomodir kebutuhan tersebut tanpa perlu memberi Nintendo Switch misalnya.

Sementara itu dalam penggunaan normal ala Dombort baterai ponsel ini sanggup bertahan seharian.

Sepadankah Rp 15 Juta untuk iPhone 12?

Saat ini Dombort belum berkesempatan menjajal iPhone 12 Mini, namun untuk sementara iPhone 12 membuktikan diri sebagai ponsel terbaik untuk rentang harga kurang dari Rp 20 Juta. Tentu maksudnya dibanding pula dengan ponsel berbasis Android.

Summary
Review Date
Reviewed Item
iPhone 12
Author Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
iPhone 12
Price
IDR 14999999
Product Availability
Available in Stock