Ulasan iPhone 12 Mini Dombort

iPhone 12 Mini, Ponsel Mungil Penuh Kejutan

iPhone 12 Mini tak lain merupakan seri termungil sekaligus paling terjangkau dari sisi harga jika dibanding saudara-saudara lainnya yang berada di jajaran seri iPhone 12.
Semenjak iPhone SE baru kali ini perusahaan berbasis di Cupertino tersebut merilis ponsel baru dengan dimensi kompak.

Memang ada banyak pembaruan ditawarkan oleh iPhone 12 Mini dibanding iPhone SE misalnya dari sisi bentang layar, desain kamera swafoto dan sebagainya. Namun demikian kala digenggam ponsel ini memberi feeling yang sangat identik dengan iPhone SE.

Apple sendiri menawarkan iPhone 12 Mini dalam beberapa pilihan warna, menurut subjektivitas Dombort versi warna hijau tampak paling menarik sekaligus unik dibanding empat warna lainnya.

Meski mungkin seri Mini bakal jadi varian yang kurang terperhatikan dibanding varian lain tapi Dombort melihat ponsel ini sanggup memenuhi harapan pengguna yang selama ini mengharapkan ponsel bertenaga dengan ukuran kompak.

Kualitas kamera istimewa ditunjang dimensi kompak menjadikannya ideal sebagai teman traveling. Tapi pada sisi lain stamina baterai yang hanya bertahan sekitar 11 jam 30 menit menjadi kekurangan yang membuat pengguna sedikit was-was kala jauh dari outlet listrik.

iPhone 12 Mini dan Spesifikasi

Official Store iPhone

Spesifikasi iPhone 12 Mini

OS iOS 14.1, upgradable to iOS 14.2
Layar Super Retina XDR OLED 5.4 inches, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~476 ppi density)
SoC Apple A14 Bionic (5 nm)
GPU Apple GPU (4-core graphics)
RAM 4 GB
ROM 64/128/256 GB
Kamera Utama 12 MP, f/1.6, 26mm (wide), 1.4µm, dual pixel PDAF, OIS
12 MP, f/2.4, 120˚, 13mm (ultrawide), 1/3.6″
Kamera Swafoto 12 MP, f/2.2, 23mm (wide), 1/3.6″
Sensor Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, Siri natural language commands and dictation
Waterproofing IP68
Baterai Non-removable Li-Ion 2227 mAh battery
Dimensi 131.5 x 64.2 x 7.4 mm
Berat 135 g

Desain dan Layar

Berbeda dengan varian seri iPhone 12 lainnya yang menerapkan permukaan tipe matte Apple ternyata memutuskan memberi permukaan glossy untuk seri terbungsunya ini.
Setidaknya untuk iPhone 12 Mini warna hijau tak sekedar terlihat unik namun relatif mampu menyamarkan noda jari yang tertempel selama pemakaian.

Oleh karena dimensi kompaknya maka ponsel ini relatif mudah pula dioperasikan dengan satu tangan, tidak seperti kebanyakan ponsel masa kini yang hadir dengan ukuran besar.
Bobot yang hanya 135 gram juga menjadikannya terasa ringan terlebih kalau Anda bandingkan misalnya dengan Samsung Galaxy S20.

Dimensi Ukuran iPhone 12 Mini

Secara keseluruhan desain iPhone 12 Mini sangat menarik, elegan sekaligus terasa solid.
Sekalipun dimensinya tak sebesar kebanyakan ponsel masa kini namun bentang layar 5.4 inch tetap terasa nyaman digunakan sehari-hari.

Desain Penampilan iPhone 12 Mini

Bicara soal layar, Apple memberikan layar dengan resolusi 1080 pixels yang menghasilkan tingkat kerapatan warna 476 ppi serta tingkat kecerahan mencapai 1200 nits kala menampilkan konten HDR.
Sedang untuk konten non HDR tingkat kecerahan yang ditampilkan bisa mencapai 625 nits.

Apple sendiri memberi nama teknologi layarnya ini sebagai “Super Retina XDR OLED” yang secara awam bisa diterjemahkan sebagai layar yang lebih baik dibanding teknologi “Pro Display XDR”.

Pada penggunaan sehari-hari kualitas layar ini sudah terasa lebih dari cukup namun berbeda situasinya ketika digunakan menjalankan game.
Alasannya tentu saja karena bentang layar yang tak seluas para kompetitor, namun dengan pembiasaan situasi ini juga tak terasa menganggu.

Bagaimana pun dalam situasi pandemi ini dimana PJJ dan WFH bisa kembali diterapkan sewaktu-waktu demikian pula kebanyakan meeting saat ini dan selanjutnya lebih banyak dilakukan secara daring maka ada baiknya Anda hanya memilih iPhone 12 Mini jika laptop Anda bisa selalu mendampingi.

Kegegasan

Soal kegegasan Apple terkesan enggan berkompromi, maka tak heran jika iPhone 12 Mini ini mengandalkan prosesor A14 yang persis sama digunakan oleh varian seri iPhone 12 lainnya termasuk iPhone 12 Pro Max.

Tanpa membahas teknis disamping juga sudah pernah disinggung pada ulasan seri iPhone 12 lainnya Dombort hanya hendak memberi gambaran sederhana bahwa iPhone 12 Mini memiliki kegegasan lebih baik dibanding iPhone XS maupun iPhone 11.

Memang ada kesenjangan kapasitas RAM dibanding iPhone 12 Pro Max, namun secara menyeluruh kegegasan setiap varian seri iPhone 12 tak terasa berbeda signifikan satu sama lain.
Untuk pemakaian harian iPhone 12 Mini sudah sangat layak.

Kamera

Hal paling layak disorot dari iPhone 12 Mini menurut Dombort terletak pada fitur kamera. Fitur ini yang menjadikan ponsel ini terasa worth the money.
Alasannya hanya dengan banderol kisaran Rp 13 Juta Anda sudah mendapatkan ponsel dengan kualitas dan performa kamera setara dengan iPhone 12 Pro Max minus lensa telephoto.

Foto Food Hasil Kamera iPhone 12 Mini

Foto Low Light Hasil Kamera iPhone 12 Mini

Foto Portrait Hasil iPhone 12 Mini

Tingkat detil yang sangat tinggi serta white balance konsisten menjadi dua point menarik dari foto-foto yang dihasilkan oleh kamera iPhone.

Sementara untuk kamera swafoto di bagian depan meski hasilnya tak sebaik lensa kamera utama namun sudah lebih dari menarik untuk diunggah ke jejaring sosial.

Summary
Review Date
Reviewed Item
iPhone 12 Mini
Author Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
iPhone 12 Mini
Price
IDR 12999000
Product Availability
Available in Stock