Ulasan iPhone 12 Pro Max

iPhone 12 Pro Max Pantas Jadi Ponsel Terbaik, Tapi iPhone 12 Lebih Ideal Dipakai

iPhone 12 Pro Max yang adalah varian tertinggi dari jajaran iPhone 12 series memang layak disebut sebagai ponsel terbaik tahun ini. Namun untuk penggunaan harian dan pertimbangan lain Dombort masih lebih nyaman memilih iPhone 12. Tentu saja sama halnya ulasan lain di blog ini ulasan iPhone 12 Pro Max ini sarat akan subjektivitas Dombort.

Berdasar pengalaman pakai selama beberapa pekan iPhone 12 Pro Max menunjukkan keistimewaan antara lain dengan keberadaan fitur seperti LiDAR dan ProRAW, ditambah lagi kegegasan, kualitas layar dan stamina baterai juga memberi nilai ekstra untuknya.

Tapi pada sisi lain iPhone 12 lebih ringan, kompak dan tentu harganya juga lebih terjangkau.
Minimnya diferensiasi iPhone 12 Pro Max dari iPhone 12 memang tampaknya bakal menyulitkan peluang varian termahal ini untuk berkompetisi dengan saudaranya.
Bagi Dombort yang tak terlalu menyukai ponsel berukuran besar sudah pasti iPhone 12 terasa sebagai pilihan lebih ideal.

Bagi Anda yang masih penasaran atau ingin mempelajari beberapa detil ponsel ini silakan menyimak ulasan berikut:

iPhone 12 Pro Max dan Spesifikasi

Official Store Produk Apple

Spesifikasi iPhone 12 Pro Max

OS iOS 14.1, upgradable to iOS 14.2
Layar Super Retina XDR OLED 6.7 inches, 1284 x 2778 pixels, 19.5:9 ratio (~458 ppi density)
SoC Apple A14 Bionic (5 nm)
GPU Apple GPU (4-core graphics)
RAM 6 GB
ROM 128/256/512 GB
Kamera Utama 12 MP, f/1.6, 26mm (wide), 1.7µm, dual pixel PDAF, sensor-shift stabilization (IBIS)
12 MP, f/2.2, 65mm (telephoto), 1/3.4″, 1.0µm, PDAF, OIS, 2.5x optical zoom
12 MP, f/2.4, 120˚, 13mm (ultrawide), 1/3.6″
TOF 3D LiDAR scanner (depth)
Kamera Swafoto 12 MP, f/2.2, 23mm (wide), 1/3.6″
Sensor Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, Siri natural language commands and dictation, Ultra Wideband (UWB) support
Waterproofing IP68
Baterai Non-removable Li-Ion 3687 mAh battery
Dimensi 160.8 x 78.1 x 7.4 mm
Berat 228 g

Desain dan Layar

Dimensi yang besar membuat iPhone 12 Pro Max langsung tampak menonjol dibanding anggota keluarga iPhone 12 lainnya, sekalipun kalau dilihat dari sisi desain kesemuanya terlihat identik satu sama lain.

Pada varian termahal ini pemiliknya akan dimanjakan dengan material “Ceramic Shield” yang oleh beberapa orang dipercaya memiliki kekuatan lebih baik dalam mencegah munculnya goresan-goresan pada bodi selama penggunaan. Tentu saja kebenarannya belum terbukti secara ilmiah.

Sama seperti varian lain dalam jajaran seri ini Apple masih tetap mempertahankan konektor “Lightning” yang sudah muncul semenjak tahun 2016 silam.
Namun keberadaan aksesoris MagSafe seolah mengindikasikan bahwa di generasi selanjutnya Apple bakal mengadopsi konektor USB tipe C, meski beberapa juga meyakini keberadaannya mengindikasikan Apple mempertimbangkan ponsel tanpa port.

Desain iPhone 12 Pro Max

Pada bagian layar Apple menempatkan layar Super Retina XDR OLED dengan bentang 6.7 inch yang terlihat luas serta mencolok.
Layar selebar itu memang sudah menjadi hal lumrah di ponsel dengan ekosistem Android, namun untuk ponsel berbasis iOS masih merupakan hal baru. Karenanya tak mengherankan jika iOS tampak belum optimal untuk penggunaan satu tangan.

Kualitas Layar iPhone 12 Pro Max

Pada sisi lain kecerahan dan kejernihan layar iPhone 12 Pro Max ini memang benar-benar memukau, ditunjang dengan speaker ganda menjadikan ponsel ini istimewa kala digunakan menyaksikan video atau memainkan game.
Sama halnya dengan saudara yang lain meski dibanderol di kisaran Rp 20,5 Juta layarnya masih mempertahankan refresh rate 60 Hz.

Kegegasan

Tak banyak sebenarnya yang bisa dibahas di point kegegasan, bukan karena tidak ada perkembangan dibanding generasi sebelumnya namun karena iPhone 12 Pro Max memiliki spesifikasi yang identik dengan varian iPhone 12 lainnya.

Jika belum berkesempatan Anda bisa melirik ulasan performa ini pada artikel-artikel iPhone 12 sebelumnya.

Kamera

Fitur pembeda kamera iPhone 12 Pro Max dengan iPhone 12 Pro terlihat pada peningkatan sensor sebesar 47%.
Bersamaan dengan itu Apple mengklaim bahwa sensor baru ini mampu menangkap 87% lebih banyak cahaya dibanding sensor milik kamera iPhone 12 Pro.

Peningkatan tersebut semestinya terlihat kala digunakan pada kondisi minim cahaya, tapi terus terang mata awam Dombort tak melihat perbedaan signifikan dibanding varian iPhone 12 lain.

Sebaliknya kala dibandingkan dengan kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra memang terlihat bahwa foto malam hari yang dihasilkan oleh kamera iPhone 12 Pro Max ini terlihat lebih baik.

Foto Hasil Kamera iPhone 12 Pro Max Night Mode
Foto Hasil Kamera iPhone 12 Pro Max Night Mode
Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra Night Mode
Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra Night Mode
Foto Hasil Kamera iPhone 12 Pro Max Night Mode 2
Foto Hasil Kamera iPhone 12 Pro Max Night Mode
Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra Night Mode 2
Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra Night Mode

iPhone 12 Pro Max memang dilengkapi dengan fitur “ProRAW” yang tidak ditemukan pada iPhone 12 maupun iPhone 12 Mini namun sejujurnya keberadaan fitur itu tak terlihat terlalu penting karena pada dasarnya optimasi foto pada ponsel Apple sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan foto berkualitas.

Stamina Baterai

Pada penggunaan normal ala Dombort baterai ponsel ini masih bertahan sekitar 50% setelah dipakai seharian, di sinilah keunggulan praktis iPhone 12 Pro Max dibanding iPhone 12 baru terasa.

Meski demikian secara keseluruhan Dombort masih tetap berpendapat iPhone 12 merupakan pilihan lebih ideal sekaligus ekonomis dibanding iPhone 12 Pro Max. Bagaimana dengan Anda?

Summary
Review Date
Reviewed Item
iPhone 12 Pro Max
Author Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
iPhone 12 Pro Max
Price
20499000 IDR
Product Availability
Available in Stock