Review Poco M3

Poco M3 Utamakan Baterai Korbankan Performa

Poco M3 dirilis dengan banderol mulai Rp 1,8 Jutaan yang menjanjikan stamina baterai ekstra berkat kapasitas 6.000 mAh yang ditanamkan kepadanya.
Namun di balik itu Snapdragon 622 yang jadi jantung performa memicu keraguan akan kegegasan menjalankan permainan (game).

Walau sempat menuai sukses beberapa tahun silam lewat Poco F1 namun di kemudian hari ternyata merek Poco tak terus mempertahankan DNA yang jadi resep suksesnya pada masa itu. Sebaliknya harga terjangkau kerap jadi tujuan utama melewati nilai lain yang diharapkan.

Secara menyeluruh Dombort melihat Poco M3 ini lebih merupakan peningkatan minor dari pendahulunya alih-alih melakukan peremajaan signifikan. Bagaimanapun dengan harga kurang dari Rp 2 Juta stamina baterai yang diunggulkan, kualitas kamera yang relatif baik untuk standar ponsel sekelasnya serta desain unik layak diapresiasi sebagai kelebihan dari Poco M3 ini.

Sebaliknya pada sisi lain Anda harus siap mengorbankan atau setidaknya mentolerir keterbatasannya dalam menjalankan game.
Bagi Anda yang masih penasaran menilik detil ponsel harga Rp 1,8 Juta-an ini silakan menyimak ulasannya bagian per bagian.

Poco M3 dan Spesifikasi

Beli di Mi Official Store

Spesifikasi Poco M3

OS MIUI 12 berbasis Android 10
Layar 6.53 inches, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~395 ppi density)
SoC Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
GPU Adreno 610
RAM 4/6 GB
ROM 64/128 GB
Kamera Utama 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
Kamera Swafoto 8 MP, f/2.1, (wide), 1/4.0″, 1.12µm
Sensor Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 6000 mAh battery
Dimensi 162.3 x 77.3 x 9.6 mm
Berat 198 g

Desain dan Layar

Desain ponsel ini sendiri sebenarnya termasuk biasa saja, namun permukaan yang dibuat tampak seperti berlapis kulit memberikan nilai unik tersendiri.
Tentu bukan kulit asli yang bakal Anda dapat melainkan sekedar material plastik dengan sentuhan finishing menyerupai kulit (leather) namun keberadaannya sudah cukup menjadi pembeda tersendiri.

Desain Poco M3

Berbeda dengan pendahulunya yang menerapkan pemindai sidik jari di bagian belakang, Poco pilih mengembalikan ke posisi yang lebih konvensional yaitu di bagian samping.
Pemindahan tata letak ini pada satu sisi memberikan keunggulan di sisi ergonomis tapi pada sisi lain kinerjanya tak terasa secepat pemindai sidik jari pada Poco M2.

Membahas soal layar meski Poco M3 hanya dibekali layar dengan bentang 6.53 inch yang berteknologi IPS namun tingkat resolusinya lebih tinggi dibanding standar ponsel di kisaran harga ini.
Kebanyakan kompetitor sekelasnya masih mengandalkan resolusi setara HD sementara Poco M3 sudah menawarkan resolusi Full HD.

Kualitas Layar Poco M3

Bicara soal kualitas layarnya sendiri Dombort menilainya relatif tajam dan memiliki tingkat kecerahan baik di dalam ruangan, hanya saja kala diajak ke luar ruangan terlebih terpapar matahari langsung agak sulit untuk membaca layar ini.

Oleh karena sudah mengantongi sertifikasi “Widefine L1” maka Anda bisa merasakan pengalaman optimal dalam menikmati konten HD lewat layar ponsel terbaru buatan Poco ini.

Kegegasan

Snadragon 662 yang dipilih jadi jantung performa ponsel Poco ini kerap menjadi sumber keraguan. SoC ini sejatinya merupakan pengembangan dari Snapdragon 655 dengan tujuan mencapai efisiensi yang lebih baik.

Sayangnya dari sisi kegegasan nyaris tak terasa ada perbaikan dibanding pendahulunya. Kondisi ini tak hanya terjadi kala menjalankan game namun bahkan untuk pemakaian harian pun tidak terasa peningkatan kegegasan.

Menjalankan Game dengan Poco M3

Tentu saja Anda masih bisa menjalankan game seperti “Slam Dunk” pada 60 fps namun pengaturan setting terbatas pada “medium” dan “low”.
Untuk “PUBG” hanya bisa memilih tingkat “smooth graphics/high frame rate” atau “balance graphics/medium frame rate”.
Padahal Poco M2 malahan sanggup menjalankan game tersebut pada kombinasi “balanced graphics/ultra frame rate” atau “HD graphics/high frame rate”.

Di sisi lain peningkatan sisi efisiensi memang cukup terasa, kala dipakai menjalankan game selama satu jam misalnya suhu ponsel ini tetap terjaga stabil.

Kombinasi antara efisiensi Snapdragon 622 ini dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh menjadikan Poco M3 mampu bertahan selama 7-8 jam untuk screen on time. Artinya untuk pemakaian wajar tidaklah sulit menjaga ponsel ini untuk bertahan seharian.

Tapi karena hanya mendukung charger dengan kapasitas maksimal 18 W maka proses pengisian ulang daya baterai tidak bisa disebut cepat.
Saat dicoba mengisi ulang saat baterai dalam kondisi kosong hingga mencapai 100% dibutuhkan waktu tak kurang dari 2 jam 48 menit.

Di sektor audio Poco membangga-banggakan speaker ganda sebagai salah satu daya tarik Poco M3. Namun kala dijajal di telinga awam Dombort yang tak begitu paham soal audio ini kualitasnya tidak terasa istimewa.
Memang volumenya cukup kuat namun detil suara yang dihasilkan tidak bisa disebut baik.

Kamera

Mengandalkan 3 lensa kamera dalam modul kamera utama sejatinya hanya sensor utama 48 MP milik Poco M3 lah yang layak dibahas. Sebab 2 sensor lainnya yaitu makro dan depth yang masing-masing memiliki resolusi 2 MP lebih terkesan sebagai gimmick.

Sensor kamera utama 48 MP yang disoroti dalam laman promosi ponsel ini memang sanggup menghasilkan kualitas foto yang cukup baik hampir dalam berbagai kondisi.
Dibanding kamera Poco M2 peningkatan yang langsung kentara menurut Dombort terletak pada reproduksi warna yang kini tampak lebih alamiah.

Foto Hasil Kamera Poco M3

Foto Hasil Kamera Poco M3

Foto Hasil Kamera Poco M3

Foto Hasil Kamera Poco M3 Mode Night
Night Mode

Tentu saja dengan resolusi setinggi itu peningkatan dari sisi detil juga cukup terlihat kala membandingkan dengan pendahulunya.

Pada mode portrait warna yang dihasilkan lagi-lagi tampak lebih alamiah dibanding Poco M2.
Demikian pula untuk mode makro.

Foto Hasil Kamera Poco M3 Mode Makro
Macro

Jadi secara keseluruhan jika Anda membandingkan kamera Poco M2 dengan M3 peningkatannya memang signifikan.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Poco M3
Author Rating
31star1star1stargraygray
Product Name
Poco M3
Price
IDR 1799999
Product Availability
Available in Stock