Review Samsung Galaxy A12

Kenali Samsung Galaxy A12 Baik-baik Sebelum Putuskan Beli

Dengan uang sebanyak Rp 2,499 Juta Samsung Galaxy A12 sudah bisa menjadi milik Anda atau kalau RAM 4 GB tak terasa cukup Anda bisa menambah Rp 300.000,- untuk mendapatkan tambahan RAM 2 GB lagi hingga totalnya menjadi 6 GB.

Samsung Galaxy A12 membidik segmen yang sama dengan Poco M3, segmen harga Rp 2 Juta-an yang umumnya didominasi oleh kelompok pelajar.

Performa kamera yang unggul di kelasnya, stamina baterai panjang serta layar dengan bentang lebar adalah tiga kelebihan dari Galaxy A12 yang sangat pantas diapresiasi mempertimbangkan harganya.

Meski ponsel ini tampak lebih cocok digunakan oleh pelajar selama masa PJJ namun setelah menjajal kameranya Dombort justru beranggapan bahwa ponsel ini sekaligus cocok juga bagi siapapun yang ingin memulai hobi sebagai Vlogger.aAn
Kesimpulannya untuk harga Rp 2 Juta-an ponsel ini adalah pilihan terbaik yang ada di pasaran saat ini bagi Anda yang mengedepankan performa kamera.

Samsung Galaxy A12 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Samsung Galaxy A12

OS Android 10
Layar PLS IPS 6.5 inches, 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~264 ppi density)
SoC Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
GPU PowerVR GE8320
RAM 4/6 GB
ROM 128 GB
Kamera Utama 48 MP, f/2.0, 26mm (wide), AF
5 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide)
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
Kamera Swafoto 8 MP, f/2.2
Sensor Fingerprint (side-mounted), accelerometer
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Dimensi 164 x 75.8 x 8.9 mm
Berat 205 g

Desain dan Layar

Desain ponsel terbaru bikinan Samsung ini kalau Dombort menilai tidak istimewa karena mirip dengan Galaxy seri A lainnya tapi juga tidak mengecewakan.
Pastinya ketika pertama kali melihat dan belum menyentuh nyaris tak ada kesan bahwa ponsel harga Rp 2 Juta-an ini terbuat dari material plastik.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A12

Meski ketika digenggam kesan tersebut seketika hilang tapi secara umum build quality -nya benar-benar kokoh dan permukaannya pun juga relatif tidak cepat kusam karena noda jari selama pemakaian.

Pada bagian belakang selain permukaannya tidak terasa licin juga tonjolan modul kamera tidak terlalu keluar sehingga cukup nyaman kala diletakkan di atas meja atau permukaan datar lainnya.

Review Samsung Galaxy A12

Sudah barang tentu untuk ponsel seharga ini Anda takkan menemukan layar berteknologi Super AMOLED melainkan panel PLS TFT LCD –lah yang digunakan.

Bentang layar yang lebar membuatnya nyaman kala dipakai menjelajah internet, membaca e-book, membuka Google Docs dan sebagainya sehingga memang cukup ideal dipakai dalam Pembelajaran Jarak Jauh.
Tapi karena resolusinya hanya setara HD+ kualitasnya tak terlalu memuaskan kala dipakai menonton film. Dalam hal ini Poco M3 memang lebih unggul.

Secara keseluruhan kualitas layar ponsel ini masih terbilang layak untuk ponsel seharga tak sampai Rp 3 Juta.

Kegegasan dan Stamina Baterai

Sektor performa tampaknya memang bukan titik pengembangan bagi Galaxy A12 ini, hanya dengan melihat prosesor Helio P35 yang dipilih sebagai jantung performa sudah langsung terbaca situasi tersebut.

Helio P35 bukan prosesor yang dirancang untuk menjalankan aplikasi haus grafis dan uji benchmark memperkuat dugaan tersebut.
Kala dipaksa menjalankan PUBG hanya tingkat pengaturan low graphics saja satu-satunya opsi yang bisa dipilih, itu pun tak satupun opsi lain yang bisa dipindah ke enabled.

Untunglah untuk pemakaian harian kondisinya relatif bisa diterima, apalagi kalau Anda memilih versi RAM 6 GB terasa bahwa kemampuan multitasking -nya cukup bisa diandalkan.

Ditanami dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh ponsel Samsung seharga Rp 2 Juta-an ini sanggup bertahan 2 hari untuk pemakaian normal ala Dombort.
Namun proses pengisian ulang daya baterai memang memakan waktu cukup lama, untuk pengisian dari 0-100% memakan waktu tak kurang dari 2 jam.

Kamera Samsung Galaxy A12

Kejutan sebenarnya yang diusung oleh ponsel ini justru terletak pada fitur kamera. Umumnya ketika membeli ponsel dengan harga kurang dari Rp 3,5 Juta Dombort tak banyak punya ekspektasi perkara kualitas kamera.

Tapi ternyata modul kamera utama Galaxy A12 yang memiliki sensor utama 48 MP mampu menghasilkan kualitas foto dengan tingkat detil tinggi serta reproduksi warna yang menarik melebihi ekspektasi.

Saat melihat hasil foto lewat layar ponsel memang keistimewaan ini tidak langsung terlihat, maklum saja karena layar ponsel ini hanya memiliki tingkat resolusi 720 pixels.
Begitu Anda memindahkan file ke laptop atau desktop barulah terlihat keunggulan foto-foto yang dihasilkan oleh kamera Samsung Galaxy A12 ini.

Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy A12

Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy A12

Ketiga lensa lainnya cukup menarik, namun tingkat resolusi yang rendah (5 MP, 2 MP dan 2 MP) menjadikan foto-foto tersebut minim menangkap detil.

Kamera memang boleh dibilang sebagai fitur terbaik dari ponsel ini, jika memang kamera dianggap fitur penting Anda takkan kecewa memilih Galaxy A12 ini.
Tapi kalau Anda lebih mengharapkan ponsel yang punya kemampuan merata maka Dombort tetap menyarankan Poco M3.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Samsung Galaxy A12 4GB
Author Rating
31star1star1stargraygray
Product Name
Samsung Galaxy A12 4GB
Price
IDR 2499000
Product Availability
Available in Stock