Ulasan TV Samsung TU8000 55”

Samsung TU8000 55” Layar Sebening Kristal Kualitas Audio Menggelegar

Sampai saat ini Samsung masih menjadi merek favorit dalam kategori produk televisi, tahun 2020 lalu pabrikan ini merilis Samsung TU8000 Crystal UHD 4K Smart TV dalam beberapa pilihan bentang layar yaitu 50”, 55”, 65”, 75” dan 82”.
Di antara ketiganya Samsung TU8000 55” yang paling banyak diminati, terlebih dalam beberapa waktu belakangan ukuran tersebut memang cenderung banyak dibeli oleh konsumen produk televisi.

Samsung TU8000 55” secara resmi memang merupakan produk tahun 2020, namun bukan tanpa alasan jika peminatnya masih tinggi. Selain kualitas daya tarik lain dari model ini adalah faktor harga yang relatif sesuai anggaran kebanyakan peminat.

Sebagai pengguna baru TV Samsung TU8000 55” Dombort sendiri mengagumi aura premium yang dipancarkan oleh Smart TV UHD buatan Samsung ini kala terpajang di ruang keluarga.
Tak hanya soal desain tapi kualitas gambar serta audio –nya pun turut menunjang kesan tersebut. Memang ada beberapa pilihan merek lain yang sama-sama menawarkan bentang layar selebar ini dengan harga lebih miring, tapi dari pengalaman pribadi Dombort untuk produk televisi harga tak pernah berdusta.

Kalau Anda berencana memperbarui televisi atau melakukan upgrade jelang Siaran Piala Eropa 2021 yang rencana digelar mulai bulan Juni nanti Dombort sangat merekomendasikan Samsung TU8000 55”.

Harga TV Samsung TU8000 55 inch dan Spesifikasi

Beli TV Samsung TU8000 55”

Bagi yang masih penasaran atau ingin mempelajari lebih lanjut, silakan menyimak ulasan berikut ini.

Desain dan Penampilan TV Samsung TU8000 55”

Mari kita mulai dengan membahas desainnya. Siapapun yang sudah akrab dengan TV merek Samsung tentunya punya ekspektasi tinggi terhadap desainnya. Memang sejak awal kiprahnya di kategori produk televisi pabrikan asal Korea ini memberi perhatian ekstra terhadap tampilannya.

Tentu tak terkecuali pada TV Samsung TU8000 55” ini, bezel tipis yang mengelilingi layarnya tak sekedar memberi kesan layar lebih lapang dari ukuran sebenarnya namun sekaligus menimbulkan kesan modern dan elegan.

Anda tentu cukup familier pula dengan kehadiran TV merek Xiaomi bukan?
Memang harganya relatif lebih miring, tapi dari sisi desain saja kemewahan yang ditampilkan oleh Smart TV buatan Samsung ini menjadikan lawannya tak lagi terlihat menarik.

Sebagian besar material yang digunakan memang merupakan plastik tapi komitmen Samsung akan penampilan premium tidaklah terkompromi olehnya.

Kelebihan dan Kekurangan Smart TV Samsung TU8000 55

Faktor estetika juga jadi sisi detil lain yang tak luput dari perhatian, hal ini bisa terlihat dari penempatan port secara horizontal di bagian belakang. Penempatan ini sangat memudahkan Anda saat merapikan kabel-kabel yang terkoneksi di televisi ini.

Baik diletakkan di rak televisi maupun digantungkan pada dinding pengaturan kabel-kabel menjadi lebih rapi dan ringkas berkat tata letak port secara horizontal di bagian belakang tersebut.

Kualitas Layar

Tentulah fitur utama sebuah televisi terletak pada layarnya sendiri. Seperti tahun-tahun sebelumnya Samsung kembali mengandalkan panel VA yang sudah teruji dari sisi viewing angles, tingkat kontras, saturasi, ketajaman warna, motion blur dan sebagainya.

Jika ditilik dari “Picture Quality Index” (PQI) atau indeks kualitas gambar pada tahun sebelumnya rata-rata TV buatan Samsung mencatatkan nilai indeks 1400, kali ini Samsung TU8000 55” tercatat memiliki nilai indeks 2100 yang menunjukkan peningkatan signifikan dibanding pendahulunya.

TV Samsung TU8000 55” ini sesuai namanya sudah mengaplikasikan teknologi “Crystal” yang secara sederhana dimaksudkan untuk memampukan layar menghasilkan warna sealamiah mungkin, atau mendekati aslinya.

Kualitas Layar Smart TV Samsung TU8000 55

Tapi yang Dombort sayangkan adalah Samsung masih belum memberikan dukungan WCG (Wide Color Gamut) untuk produk TV seharga Rp 8 Juta-an ini.
Sampai saat ulasan ini diterbitkan dukungan WCG masih ekslusif diberikan pada produk Samsung di kelas high-end saja.

Tak usah terlalu kecewa sebab kecuali Anda membandingkan Samsung TU8000 55” ini dengan TV lain yang sudah mendukung WCG secara langsung/sebelah menyebelah maka perbedaannya tak cukup bisa dirasakan.

Lantas bagaimana peran teknologi panel VA yang jadi andalan Samsung sendiri?
Teknologi VA pada dasarnya dimaksudkan untuk menghasilkan warna hitam sepekat mungkin yang manfaatnya bisa sangat terasa kala digunakan menyaksikan konten HDR.
TU8000 sendiri memiliki kemampuan secara otomatis mengenali konten HDR dan mengaktivasikan mode HDR.

Bagi Anda penggemar game yang berencana pula memanfaatkan Samsung TU8000 55” sebagai layar bagi konsol kesayangan, Samsung sudah menyertakan fitur “Auto Low Latency Mode” (ALLM) yang bertujuan mengoptimalisasi motion blur, input lag serta jadder sehingga pergerakan game di layar bisa terlihat lebih mulus.

Kala diperhadapkan pada lingkungan yang memiliki intensitas cahaya terlalu tinggi Anda bisa pula memanfaatkan mode “Dynamic” yang akan meningkatkan ketajaman, kontras, kecerahan, level warna serta color tint untuk mengkompensasi intensitas cahaya di sekitar.

Didukung lagi dengan permukaan layar semi-glossy tingginya intensitas cahaya dimana televisi ini diletakkan tidak lagi terasa memberi gangguan.

Secara umu Dombort puas bahkan terpukau dengan kualitas gambar yang dihasilkan oleh layar Smart TV Samsung yang memiliki bentang layar 55” ini, kecuali soal viewing angles yang terlihat mengalami penurunan saturasi di sudut tertentu bahkan meski hanya berjarak sekitar 2 meter.

Kualitas Audio

Meski kebanyakan pengguna saat ini memasangkan televisinya dengan speaker eksternal tetap bukan berarti kualitas audio dengan speaker bawaan tak jadi pertimbangan kala membeli sebuah TV.

Samsung sendiri menyertakan speaker ganda berkekuatan 20 W untuk TU8000 55” ini yang sudah mendukung Dolby Audio.
Kualitas suaranya terdengar jernih sekaligus kuat, namun untuk memanfaatkan Dolby Audio maka tak ada pilihan lain selain memasangkan dengan soundbar 5.1 atau 7.1.

Dombort sendiri tak memiliki soundbar dengan spesifikasi tersebut sehingga tak bisa memberikan penilaian mengenai hasilnya.
Namun untuk speaker bawaannya sudah terasa mantap digunakan menyaksikan pertandingan Liga Inggris di ruang keluarga berukuran sedang. Pastinya sudah mantap pula dipakai menyaksikan tayangan Piala Eropa 2021 bulan Juni nanti.
Saat dicoba memaksimalkan volume hingga maksimal ternyata suaranya tetap tidak terdistorsi.

Jika masih tak merasa puas dengan pengaturan audio bawaannya Anda masih bisa pula melakukan beberapa pengaturan dengan mode “Adapative”, “Amplify” bahkan juga mengutak-atik equalizer untuk disesuaikan dengan selera telinga masing-masing.

Mungkin hanya bagi penggemar suara “bass” saja yang bakal merasa kurang puas dengan kualitas audio dari TV Samsung TU8000 55” ini.

Konektivitas

Bicara soal konektivitas TV Samsung TU8000 55” ini menyediakan 3 buah port HDMI yang masing-masing sudah mendukung resolusi 4K dan satu diantaranya mendukung ARC (Audio Return Channel).

Port Koneksi Smart TV Samsung TU8000 55

Untuk menyambungkan dengan speaker eksternal selain dua buah USB 2.0 dan sebuah AV. Selain itu masih ada pula port RJ45.
Untuk konektivitas nirkabel televisi ini menyediakan koneksi lewat Bluetooth maupun Wi-Fi ac.

Bagi Anda yang juga menggunakan ponsel merek Samsung Anda juga bisa melakukan koneksi menggunakan aplikasi “SmartThings” untuk menampilkan layar ponsel Anda ke TV.
Sementara pengguna ekositem iOS bisa pula memanfaatkan dukungan AirPlay.




Harga Samsung TU8000 55″

Samsung TU8000

Samsung TU8000 55″ Garansi Resmi

Rp 7.359.000

A sleek and elegant design that draws you to the purest picture. Crafted with an effortless minimalistic style from every angle and a boundless that sets new standards. You will see only our most immersive cinematic experience ever.

Beli TV Samsung TU8000 55”


Summary
Review Date
Reviewed Item
Samsung TU8000 55"
Author Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
Samsung TU8000 55"
Price
IDR 7359000
Product Availability
Available in Stock