Pertimbangan Membeli Ponsel Baru

Hal Penting Diperhatikan Saat Membeli Ponsel Baru

Membeli ponsel baru menjadi hal yang menggembirakan namun sekaligus memunculkan beberapa pertanyaan dalam prosesnya.
Di masa lalu ketika ponsel murni sekedar digunakan untuk bertelepon serta berkirim pesan proses pengambilan keputusan tidak terlalu rumit sebab hanya harga dan model saja yang jadi pertimbangan.

Tapi masa-masa itu sudah lama berlalu, makin hari poin-poin yang mesti dipertimbangkan saat hendak membeli ponsel baru seolah makin rumit.
Tak heran jika jasa konsultasi pertimbangan ponsel pun kini jadi jasa baru yang cukup diminati sekaligus diapresiasi.

Untuk membantu Anda mempertimbangkan dan akhirnya memutuskan ponsel mana yang layak dibeli maka pada artikel kali ini Dombort mencoba memberikan panduan umum. Apa saja poin-poin tersebut?

Poin Penting dalam Memilih Ponsel

Spesifikasi dan Teknologi Layar

Layar merupakan fitur utama sebuah ponsel, betapa tidak baik mengoperasikan maupun mengambil kemanfaatan dari sebuah ponsel semua dilakukan di media tersebut.
Karenanya meski setiap konsumen memiliki ekspektasi spesifik di fitur-fitur tertentu bukan berarti layar bisa dikesampingkan.

Dalam memilih layar pertama-tama adalah pertimbangan mengenai ukuran/bentang layar.
Semakin lebar bentang layar berarti semakin mudah untuk membaca teks dalam e-bookviewing angles sebab keduanya bakal sangat berperan kala ponsel digunakan di luar ruangan.

Build Quality

Build quality meliputi kualitas material, kekokohan serta finishing, karena Dombort belum menemukan padanan yang tepat dalam Bahasa Indonesia maka sampai sekarang kata build quality ini terpaksa masih dipertahankan.

Pada ponsel entry level tentu tak banyak pilihan selain material plastik polikarbonat. Namun bukan berarti konsumen tak diberi pilihan. Mesk sama-sama menggunakan material plastik ada ponsel yang memberikan finishing lebih baik hingga kesan plastiknya bahkan tak lagi kentara.
Meski sama-sama plastik pula kerapatan antar bagian tidak sama satu dengan yang lain.

Sementara itu saat artikel ini dibuat kebanyakan ponsel kelas menengah sudah mengadopsi material logam dan ponsel kelas high-end mayoritas didominasi oleh material serat kaca.

Kapasitas Baterai dan Durasi Pengisian Ulang

Meski harga powerbank kini cukup terjangkau bukan berarti kapasitas baterai bisa diabaikan kala memilih ponsel. Sebab bagaimanapun daya dalam powerbank bukan tak terbatas.

Mempertimbangkan spesifikasi ponsel masa kini maka kapasitas wajar sebuah baterai menurut Dombort adalah 4.000 mAh.
Umumnya dengan kapasitas tersebut sebuah ponsel mampu bertahan selama 24 jam pada pemakaian wajar.

Hal yang tak kalah penting adalah durasi pengisian kembali daya baterai sebab meski kebanyakan ponsel saat ini sudah dibeli dengan SoC yang mendukung pengisian cepat namun beberapa ponsel tertentu memang tetap memerlukan waktu pengisian ulang hingga 1 jam atau bahkan lebih.

Kapasitas RAM dan Prosesor

Sekalipun tidak dimaksudkan untuk menjalankan game bukan berarti Anda bisa mengabaikan spesifikasi prosesor serta kapasitas RAM dari ponsel yang hendak dibeli.
Pasalnya kedua komponen tersebut memiliki peran penting dalam keseluruhan proses pada sebuah ponsel.

Prosesor adalah penanggung jawab utama kegegasan sebuah ponsel, namun ketika kapasitas RAM terbatas maka yang terjadi adalah bottleneck.
Semakin besar kapasitas RAM semakin baik pula kecepatan dalam melakukan loading serta multitasking.

Kapasitas Memori Internal

Memori internal/ROM turut memegang peran vital terlebih dengan makin tingginya tingkat resolusi kamera ponsel saat ini sehingga ukuran file yang mesti disimpan juga makin besar.
Bukan hanya itu, update berkelanjutan dari masing-masing aplikasi juga dalam waktu cepat bakal menuntut kebutuhan kapasitas ruang penyimpanan yang makin besar pula.

Jika ponsel pilihan Anda tidak mendukung penggunaan memori eksternal maka Anda harus lebih serius lagi mempertimbangkan kapasitas memori internal sebuah ponsel.

Kualitas Kamera

Kamera memang disebut-sebut sebagai faktor utama penentu bagi calon konsumen dalam mempertimbangkan keputusan beli.
Tapi Dombort memang sengaja meletakkan pada urutan terbawah sebab meski tanpa kamera mumpuni pada dasarnya sebuah ponsel masih bisa masuk dalam kategori layak beli.

Walau demikian keberadaan bahkan kualitas kamera ponsel memang perlu mendapat perhatian khusus terutama bagi Anda yang gemar mengabadikan objek atau kejadian dengan kamera ponsel.
Jika umumnya calon pembeli lebih mempertimbangkan tingkat resolusi pada ponsel, Dombort sendiri pertama-tama cenderung mencari tahu jenis sensor yang digunakan.

Sebab menurut pendapat Dombort resolusi setinggi apapun tak banyak berarti jika sensornya sendiri tidak cukup mumpuni. Lebih-lebih karena kebanyakan hasil jepretan Dombort selama ini hanya terunggah di media sosial atau dinikmati di layar laptop maka tingkat resolusi tak jadi pertimbangan utama.