Ulasan Oppo Find X3 Pro oleh Dombort

Oppo Find X3 Pro – Ketika Oppo Coba Tantang Galaxy S21 Ultra

Tak cukup menggeser posisi Samsung sebagai market leader ponsel di Indonesia Oppo bahkan punya kepercayaan diri tinggi hadapi kompetitor asal Korea tersebut di segmen flagship lewat kelahiran Oppo Find X3 Pro. Dengan selisih harga yang terpaut tipis satu sama lain baik Oppo Find X3 Pro maupun Samsung Galaxy S21 Ultra mencatatkan diri sebagai dua ponsel Android termahal di pasaran saat ini.

Samsung Galaxy seri S senantiasa jadi tolok ukur standar ponsel kelas flagship dengan ekosistem Android. Tapi kali ini Oppo Find X3 Pro pantas menjadi salah satu kandidat untuk dipertimbangkan bagi Anda yang berencana membeli ponsel baru di kisaran harga ini.

Cukup beralasan mempertimbangkan flagship phone buatan Oppo ini sebab dari sisi penampilan, kegegasan, kualitas layar, kamera dan tentu stamina baterai Find X3 Pro memang memenuhi ekspektasi terhadao sebuah ponsel kelas flagship.

Keputusan Oppo menggunakan sensor Sony IMX766 bagi Dombort menunjukkan keseriusan pabrikan ini akan kualitas kamera.
Walau memang pada sisi lain manfaat praktis lensa mikro 3 MP –nya patut dipertanyakan, demikian pula keputusan sang produsen meniadakan dukungan memori eksternal.

Apapun itu Dombort merasa besar kemungkinan Anda takkan menyesal membeli ponsel merek Oppo yang banderolnya nyaris setara Samsung Galaxy S21+ dan Galaxy S21 Ultra ini.

Bagi Anda yang masih penasaran silakan menyimak detil ulasan Oppo Find X3 Pro berikut:

Oppo Find X3 Pro dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Oppo Find X3 Pro

OS ColorOS 11.2 berbasis Android 11
Layar LTPO AMOLED, 1B colors, 120Hz 6.7 inches, 1440 x 3216 pixels, 20:9 ratio (~525 ppi density)
SoC Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm)
GPU Adreno 660
RAM 8/128 GB
ROM 256GB
Kamera Utama 50 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.56″, 1.0µm, omnidirectional PDAF, OIS
13 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 2x optical zoom, PDAF
50 MP, f/2.2, 16mm, 110˚ (ultrawide), 1/1.56″, 1.0µm, omnidirectional PDAF
3 MP, f/3.0, (macro), AF
Kamera Swafoto 32 MP, f/2.4, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm
Sensor Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, color spectrum
Waterproofing IP68-
Baterai Non-removable Li-Po 4500 mAh battery
Dimensi 163.6 x 74 x 8.3 mm
Berat 193 g

Penampilan dan Layar Oppo Find X3 Pro

Usai sudah hari-hari Oppo sekedar menjiplak penampilan iPhone, memang kalau dilihat dari penempatan lensa kamera utama masih ada kesamaan.
Tapi sebenarnya kalau diperhatikan lebih detil transisi dari bodi belakang ke tonjolan modul kamera pada Oppo Find X3 Pro terlihat mulus dan menurut Dombort secara estetika jauh lebih baik dibanding iPhone 12 series.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Find X3 Pro
Desain Modul Kamera iPhone 12 Pro Max vs. Oppo find X3 Pro

Kalau tahun lalu pendahulunya belum dilengkapi fitur pengisian ulang daya baterai secara nirkabel (wireless charging) untuk tahun ini fitur tersebut sudah disematkan pada Find X3 Pro.

Meski permukaan bodi bagian belakang tampak sangat menarik namun tak sulit menduga bahwa desain semacam ini relatif lebih licin dalam genggaman.
Sayangnya dugaan itu terbukti, apalagi bobot ponsel ini termasuk berat hingga memaksa pengguna lebih berhati-hati saat mengenggam.

Ketebalan bezel yang mengelilingi layarnya tidak simetris di setiap sisi, bagian atas dan bawah terlihat lebih tebal dibanding sisi kanan-kiri.

Sedangkan layar dengan bentang 6.7 inch yang dimiliki oleh Oppo Find X3 Pro ini menampilkan tingkat resolusi QHD+ dengan tingkat kerapatan warna 525 ppi dan refresh rate adaptif 120 Hz.

Kualitas layarnya sendiri sangat baik; presisi dalam menampilkan warna, memiliki tingkat kecerahan tinggi yang menjadikannya nyaman dipakai di luar ruangan.

Review Oppo Find X3 Pro Indonesia

Singkatnya Dombort benar-benar terpukau dengan kualitas layar ponsel seharga kisaran Rp 20 Jutaan ini.
Hanya saja sedikit disayangkan bahwa sang produsen sekedar memberikan pelindung berupa Corning Gorilla Glass5 alih-alih Victus yang diyakini lebih kokoh.

Kamera Oppo Find X3 Pro

Seperti umumnya pabrikan ponsel dewasa ini Oppo tak lupa membanggakan kemampuan kamera milik Oppo Find X3 Pro ini.
Dombort harus mengakui bahwa klaim dan kebanggan tersebut tidaklah salah, kamera Find X3 Pro memang terbukti salah satu kamera ponsel terbaik yang ada sampai saat ini.

Oppo sendiri tidak memberi banyak perhatian pada kemampuan perbesaran dan lebih mengutamakan lensa sudut lebar, karenanya tak usah heran jika mendapati meski banderolnya menyentuh harga Rp 20 Juta namun kemampuan pembesaran optikal lebih dari 2x tak disertakan.

Sebaliknya untuk lensa sudut lebar yang diladeni oleh dual lenses 50 MP sanggup menghasilkan kualitas foto dengan tingkat detil sangat tinggi dan ketajaman istimewa untuk standar kamera ponsel masa kini.

Foto Hasil Kamera Utama Oppo Find X3 Pro

Foto Hasil Kamera Utama Oppo Find X3 Pro Indoor

Foto Hasil Kamera Oppo Find X3 Pro Night Mode

Foto Hasil Kamera Makro Oppo Find X3 Pro

Fitur kamera lain yang kerap dibanggakan dalam materi promosi Oppo Find X3 Pro adalah lensa mikro 60x dengan sensor 3 MP.

Foto Hasil Kamera Mikro Oppo Find X3 Pro

Meski terkesan sebagai sebuah gimmick menarik namun pada prakteknya lensa ini hanya mampu berfungsi optimal jika kondisi pencahayaan di sekitar cukup baik.
Selain itu Anda perlu memastikan tangan benar-benar tak bergoyang saat memfoto sebab sedikit gerakan keci saja sudah bisa membuat foto kabur.

Kamera Oppo Find X3 Pro vs. Samsung Galaxy S21 Ultra

Lalu seperti apakah kualitas kamera Oppo Find X3 Pro ini jika dibandingkan kamera milik Samsung Galaxy S21 Ultra?

Berikut adalah beberapa poin yang membedakan keduanya:

  • Lensa utama kedua ponsel sama-sama istimewa tapi soal dynamic range kamera Oppo menunjukkan kinerja lebih baik dibanding Samsung namun kamera Galaxy S21 Ultra punya tingkat kecerahan lebih tinggi.
  • Pada pemakaian di malam hari lensa utama Find X3 Pro menampilkan warna yang lebih mendekati aslinya sedangkan kamera Galaxy S21 Ultra terlihat terlalu banyak campur tangan olah grafis sehingga meski tampak lebih terang hasilnya cukup jauh dari kesan alamiah.
  • Untuk lensa ultra-wide Galaxy S21 Ultra mampu menghasilkan kualitas foto lebih baik dalam situasi pencahayaan optimal, namun sebaliknya dalam kondisi minim cahaya (lowlight) justru kamera Find X3 Pro –lah yang menunjukkan hasil lebih baik.
  • Lensa jarak jauh milik Galaxy S21 Ultra menawarkan pembesaran 3x dan 10x sementara Find X3 Pro hanya menawalkan pembesaran secara optikal hingga 2x. Dalam situasi minim cahaya kedua ponsel sama-sama tak mampu menghasilkan kualitas foto layak melalui lensa jarak jauhnya.
  • Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki kamera swafoto yang lebih cerah dan detil dibanding milik Oppo Find X3 Pro.

Stamina Baterai dan Kegegasan

Pengujian terhadap stamina baterai dilakukan dengan mengaktivasi koneksi WiFi dan Bluetooth sambil memutar video beresolusi HD (720 p) dengan kondisi tingkat kecerahan layar dan volume maksimal.
Dalam situasi tersebut baterai Oppo Find X3 Pro mampu bertahan selama 668 menit.

Durasi tersebut tidaklah cukup istimewa, untung Oppo membekalinya dengan pengisi daya 65W berteknologi SuperVOOC 2.0 yang menjadikan proses isi ulang daya baterai dari 0-100% hanya memerlukan waktu 90 menit.
Kalau 90 menit masih dirasa kelewat lama dalam situasi tertentu tak usah khawatir, sebab dengan pengisian ulang daya baterai selama 30 menit saja baterainya sudah terisi sebanyak 50%.

Kalau menghendaki pengisian daya nirkabel Oppo sudah menyediakan aksesoris yang dijual terpisah yaitu 30W AirVOOC Wireless Flash Charge.

Kombinasi antara SoC Snapdragon 888 dengan RAM sebesar 128 GB terbukti tangguh menjalankan berbagai tugas tanpa hambatan. Baik pemakaian harian, multitasking maupun gaming tak ada situasi dimana ponsel ini terasa lambat.

Lebih-lebih dengan layar yang memiliki refresh rate 120 Hz kesan smooth makin kentara selama menggunakan ponsel flagship buatan Oppo ini.

Apakah Oppo Find X3 Pro Layak Beli?

Dengan harga berbatasan tipis dengan Samsung Galaxy S21 Ultra maupun Galaxy S21+ citra merek dan rasa aman yang diberikan oleh merek Oppo bagi sebagian besar konsumen mungkin tak sebaik rasa aman yang diberikan oleh Samsung. Walau harus diakui bahwa layanan purna jual Samsung juga tak bisa dibilang bagus-bagus amat.

Namun kalau Anda tidak termasuk yang berkeberatan dengan persepsi merek maka sekali lagi Find X3 Pro sangat pantas untuk dipertimbangkan sebagai salah satu kandidat bagi siapapun yang berencana belanja ponsel kelas flagship.

Beberapa kekurangan Oppo Find X3 Pro yang paling kentara terlihat pada bodi yang meski atraktif namun memaksa pengguna untuk sering mengelap karena cepat dipenuhi noda jari selama pemakaian.
Selain itu hilangnya kemampuan pembesaran optikal 5x yang sebelumnya ditemukan pada Oppo Find X2 Pro tak bisa dipungkiri terasa mengecewakan.

Diluar kedua hal di atas Find X3 Pro lebih dari layak untuk dimiliki dengan banderol kisaran Rp 20 Juta. Dari sisi kegegasan, desain maupun kualitas kamera menunjukkan setara bahkan dalam beberapa hal sedikit lebih baik dibanding para kompetitor sekelasnya.