Redmi Note 10 Ulasan Dombort

Redmi Note 10 Adakah Kelebihannya Selain Layar Super AMOLED?

Redmi Note 10 resmi dirilis di Indonesia menawarkan kapasitas RAM 4 GB dan memori internal 64 GB dengan harga yang tetap ekonomis. Dibandingkan Realme kini Redmi terasa sebagai pilihan yang lebih terjangkau dan dibanderol dengan harga yang relatif stabil pula.

Di saat harga ponsel Realme sekelasnya mengalami kenaikan Redmi bertahan tapi selain penggunaaan layar berteknologi Super AMOLED apalagi kelebihan Redmi Note 10? Adakah keunggulannya jika dibanding Redmi Note 9 pendahulunya?

Redmi Note 10 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Redmi Note 10

OS MIUI 12 berbasis Android 11
Layar Super AMOLED 6.43 inches, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~409 ppi density)
SoC Qualcomm SDM678 Snapdragon 678 (11 nm)
GPU Adreno 612
RAM 4 GB
ROM 64 GB
Kamera Utama 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 118˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
Kamera Swafoto 13 MP, f/2.5, (wide), 1/3.06″, 1.12µm
Sensor Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing IP53
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Dimensi 160.5 x 74.5 x 8.3 mm
Berat 178.8 g

Desain dan Layar

Dibanding Redmi Note 9 justru perubahan paling kentara dari Redmi Note 10 terlihat dari desain dan dimensi yang lebih ramping. Bukan sekedar meningkat secara ergonomis tapi juga relatif ringan, karena memang bobotnya berkurang 20 gram dibanding pendahulunya.

Bodinya tentu saja masih menggunakan material plastik, berbeda dengan Redmi Note 10 Pro yang terlindung oleh Corning Gorilla Glass 5 untuk bodi belakang versi standar/non-pro ini hanya terlapis oleh Corning Gorilla Glass 3.
Meski demikian pabrikan sudah mendesainnya memenuhi standar IP53 yang diklaim mampu mencegah debu dan percikan air masuk ke dalamnya.

Berbeda dengan Redmi Note 9 yang di beberapa bagian menimbulkan bunyi berdecit kala ditekan, build quality Redmi Note 10 ini terlihat dan terasa lebih baik.

Build Quality Redmi Note 10

Komponen barunya yaitu layar berteknologi Super AMOLED dengan bentang 6.43 inch sanggup menampilkan tingkat kecerahan hingga 1.100 nits.
Bukan tanpa alasan kalau Redmi memutuskan melakukan peningkatan (upgrade) pada bagian layar, sebab tahun lalu memang kebanyakan keberatan konsumen terhadap Redmi Note 9 terletak pada komponen tesebut.

Berkat penerapan teknologi Super AMOLED pada layarnya warna hitam terlihat lebih pekat, tingkat kecerahan yang tinggi juga membuat layarnya nyaman dibaca di bawah terik sinar matahari.
Kalau Anda kaget dengan ketajaman warnanya yang tak sebaik layar Super AMOLED pada umumnya, cukup pindahkan ke mode “Saturated” maka tampilan warna seketika bakal berubah.

Kualitas Layar Redmi Note 10

Konsekuensi lain dari pemakaian teknologi Super AMOLED ini maka Redmi Note 10 kini sudah mendukung mode “Always on” yang akan aktif sekitar 10 detik setelah layar dikunci.

Kualitas Audio

Redmi Note 10 juga mengunggulkan fitur audio Hi-res dengan speaker ganda.
Pada tingkat volume sekitar 70/80% suara yang dihasilkan termasuk baik utamanya jika dibanding para kompetitor sekelas.

Tapi ketika dipaksa pada tingkat volume maksimal (100%) kualitas suaranya seketika menurun.

Kegegasan

Berbeda dengan desain dan layar yang mengalami banyak peningkatan untuk urusan kegegasan tampaknya belum dianggap perlu pembenahan.
Karenanya ponsel terbaru Redmi ini masih mempertahankan Snapdragon 678 yang ditemani oleh LPDDR4X RAM sebesar 4 GB saja.

Redmi sebenarnya merilis juga Redmi Note 10 versi 6 GB/ 128 GB namun tampaknya sampai tulisan ini dimuat tidak ada tanda-tanda dijual di Indonesia.

Meski di atas kertas spesifikasi penunjang kegegasan ini sangat pas-pasan namun untuk pemakaian harian Dombort tak mengalami kendala berarti.

Meski tak dirancang untuk menjalankan game namun Anda masih bisa menikmati “PUBG” di Redmi Note 10 selama tak menuntut atau berharap terlalu banyak.

Sebaik Apakah Kamera Redmi Note 10?

Redmi Note 10 dilengkapi empat buah lensa (quad camera) pada modul kamera utamanya masing-masing berupa wide-angle 48 MP Sony IMX582, ultra-wide angle 8 MP, makro 2 MP serta 2 MP sensor depth.

Sementara di bagian depan terletak sebuah lensa swafoto dengan sensor 13 MP.

Selama ini kamera ponsel seri Redmi identik dengan sensor Samsung, perubahan ke sensor Sony ini menimbulkan banyak rasa penasaran akan kualitas foto yang dihasilkan.

Kala dicoba menurut Dombort kali ini baik sensor maupun optimalisasi digitalnya sama-sama optimal. Baik pada mode normal, mode pro, dengan fitur HDR aktif maupun non aktif foto-foto yang dihasilkan terbilang memuaskan untuk standar kamera ponsel seharga Rp 2 Juta-an.

Kualitas Kamera Redmi Note 10 Outdoor

Kualitas Kamera Redmi Note 10 Indoor

Ketajaman, saturasi warna serta exposure untuk mata awam fotografi Dombort tampak ideal, sekalipun saat dipakai di dalam ruangan dengan pencahayan buatan hasilnya cenderung underexposed.

Meski sensor Sony IMX582 bukan sensor terbaru namun sampai sekarang hasilnya tidak mengecewakan, maka tak heran jika Xiaomi juga mengandalkannya di Poco X3 Pro.

Sementara itu untuk sensor ultra-wide 8 MP Sony IMX355 –nya tentu tak menghasilkan kualitas foto sebaik sensor utamanya, terutama soal kecerahan. Tapi sekali lagi memang masih bisa diterima untuk standar ponsel sekelas ini.

Stamina Baterai

Ditanami dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh stamina baterainya bertahan selama 8.5 jam untuk pemakaian normal ala Dombort.
Sementara berkat pengisi daya cepat 33 W maka hanya dalam tempo 30 menit saja sudah didapat keterisian baterai sebanyak 67%.

Penilaian Untuk Redmi Note 10

Snapdragon 678 yang awalnya Dombort duga bakal jadi kelemahan Redmi Note 10 ternyata tidak terbukti, bahkan untuk menjalankan game populer seperti “PUBG” dan “Call of Duty” pun masih terbilang mampu.

Peningkatan di sektor desain, kamera serta layar makin meneguhkan posisi Redmi Note 10 sebagai ponsel terbaik dengan harga ekonomis (Best Budget Phone).

Summary
Review Date
Reviewed Item
Redmi Note 10
Author Rating
31star1star1stargraygray
Product Name
Redmi Note 10
Price
IDR 2399000
Product Availability
Available in Stock