Harga Coolpad Cool 1 Indonesia

Harga Coolpad Cool 1 dan Spesifikasi

Coolpad Cool 1 merupakan hasil kolaborasi antara dua perusahaan gurem Coolpad dan LeEco untuk pertama kalinya dalam sejarah perjalanan kedua perusahaan. Mengusung layar 5.5 inch berteknologi IPS LCD serta Snapdragon 652 sebagai jantung performa produk hasil duet dua pabrikan tersebut dimaksudkan menggempur segmen low-end.

LeEco Coolpad Cool 1 menggunakan prosesor octa-core berkecepatan 1.8 GHz serta menjalankan sistem operasi Android Marshmallow 6.0.1. Dijadwalkan dijual di beberapa negara kawasan Asia pada awal tahun 2017 ini bagaimanakah peluang handphone terbaru Coolpad dan LeEco tersebut?

Kelebihan dan Kekurangan Coolpad Cool 1

Spesifikasi Coolpad Cool 1

Spesifikasi Teknis Coolpad Cool 1
Bobot 173 gram
Layar IPS LCD 5.5 inch incell, FHD (1920 x 1080)
Sistem Operasi eUI berbasis Android 6.0.1 Marshmallow
Chipset Qualcomm Snapdragon 657
Prosesor Octa-Core 1.8 GHz
Storage 32 dan 64 GB
RAM 3 dan 4 GB
Kamera Sekunder 8 MP
Kamera Primer 13 MP with dual tone LED flash, PDAF
Baterai 4060 mAh
Harga  Lihat Harga Terbaru di sini

Desain dan Build Quality Coolpad Cool 1

Meski kebanyakan calon konsumen lebih mengenalnya sebagai LeEco Coolpad Cool 1 namun dari kemasan boks –nya sendiri hanya tampak merek Coolpad terpampang pada sudut kiri atas, sementara di tengah terdapat tulisan “Cool 1”. Kemasannya sendiri sangat sederhana tanpa kesan unik apalagi mewah.

Ketika menilik handset -nya sendiri hal yang langsung menarik perhatian adalah dimensi yang sangat ramping dengan bingkai logam. Di atas layar tampak earpiece -nya diapit oleh lensa kamera sekunder 8 MP serta ambient light sensor yang dibuat seimbang, sebuah sentuhan detil yang cukup apik dari sudut pandang kami.

Sedangkan di bagian bawah layar terdapat tiga buah capacitive buttons yang sudah mengadops backlit.
Layarnya sendiri seperti sudah disinggung memiliki lebar 5.5 inch dengan resolusi 1080 x 1920 pixels berteknologi IPS.

Harga dan Spesifikasi Coolpad Cool 1

Beralih ke bagian belakang tampak sebuah lensa kamera utama dengan sensor 13 MP yang didampingi oleh dual tone LED flash. Sedangkan di bawah lensa tersebut tampak sebuah sensor pemindai sidik jari yang makin hari makin jamak diketemukan pada hampir semua handphone terbaru di berbagai segmen.

Logo “Coolpad” kembali diketemukan di bagian bawah namun kali ini ditemani oleh “LeEco Inside” di bawahnya.

Pada bagian tepi bawah bisa dilihat bahwa LeEco sudah mengadopsi port USB tipe C untuk Coolpad Cool 1 dan meninggalkan micro USB yang memang perlahan-lahan tingkat popularitasnya mulai menurun.

Kelebihan dan Kekurangan Coolpad Cool 1

Tombol fisik pengatur volume serta tombol daya keduanya diposisikan pada tepi kanan sementara sisi kiri hanya terdapat tray untuk meletakkan dual SIM.

Beralih ke tepi atas seketika pengguna akan menyadari bahwa Coolpad Cool 1 masih mengadopsi IR blaster yang meski kehadirannya masih sangat berguna namun banyak ditinggalkan oleh kebanyakan produsen sejak beberapa tahun belakangan.

Kualitas Layar Coolpad Cool 1

Kualitas layar Coolpad Cool 1 sebenarnya tidaklah terlalu istimewa, namun untuk penggunaan sehari-hari tidak ada masalah ditemukan. Selain viewing angles -nya terbilang luas juga keberadaan ambient light sensor terasa praktis karena tidak perlu menyesuikan tingkat kecerahan layar secara manual kala digunakan di pelbagai kondisi berbeda.

Foto Hasil Kamera Coolpad Cool 1

Hasil Kamera Coolpad Cool 1

Fitur kamera utama dengan sensor 13 MP di bagian belakang dilengkapi dengan segudang pendukung seperti dual tone LED flash, PDAF serta face detection yang secara teoritis cukup menghasilkan kualitas foto cukup baik untuk standar kamera ponsel kelas menengah.
Dalam pengujian foto hasil kamera LeEco Coolpad Cool 1 terbukti menghasilkan foto-foto dengan dinamika warna yang berimbang, di luar ruangan kinerja AF –nya sangat baik.

Hanya saja untuk low light images -nya selain cenderung menampilkan noise juga kerap kali AF –nya tidak mampu mengunci objek.

Performa LeEco Coolpad Cool 1

Kala dicoba menjalankan game “Combat 5” selama lebih kurang 30 menit pada mode grafis tertinggi pada dasarnya bisa berjalan cukup lancar meski memang setelah beberapa menit mulai terasa gejala frame drops yang wajar terjadi pada ponsel sekelasnya. Sementara dalam pengujian itu pula tercatat daya baterainya berkurang sebesar 11% dibarengi dengan peningkatan suhu di bagian belakang ponsel.

Kesimpulan dan Harga Coolpad Cool 1

Harga Coolpad Cool 1 saat dirilis tercatat Rp 2.8 Juta-an, angka ini didapat mengacu pada harga jual di India (Rs. 13,999) dengan kurs pada saat artikel ini dipublikasikan. Akankah Coolpad Indonesia memasukkan produk ini ke Indonesia masih menjadi misteri sementara waktu.