Paska Kelahiran Poco X3 Pro Masihkah Poco X3 NFC Layak Dipakai?

Poco X3 NFC tahun lalu sempat diyakini sebagai ponsel terbaik di segmen menengah, namun hanya beberapa bulan semenjak kelahirannya merek yang sama merilis Poco X3 Pro dan disambut penuh antusias berkat SoC Snapragon 860 yang ditanamkan kepadanya.

Dengan kehadiran Poco X3 Pro pihak Xiaomi kini memberi diskon lumayan untuk Poco X3 NFC, selisih harga keduanya membuat tak sedikit calon konsumen memanfaatkan potongan harga tersebut.
Masihkah Poco X3 NFC layak dimiliki bahkan mungkin dipertimbangkan bagi calon konsumen?

Poco X3 NFC dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Poco X3 NFC

OS MIUI 12 berbasis Android 10
Layar 6.67 inches, 120 Hz, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~395 ppi density)
SoC Qualcomm SM7150-AC Snapdragon 732G (8 nm)
GPU Adreno 618
RAM 6/8 GB
ROM 64/128 GB
Kamera Utama 64 MP, f/1.9, (wide), 1/1.73″, 0.8µm, PDAF
13 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide), 1.0µm
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
Kamera Swafoto 20 MP, f/2.2, (wide), 1/3.4″, 0.8µm
Sensor Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing IP53
Baterai Non-removable Li-Po 5160 mAh battery
Dimensi 165.3 x 76.8 x 9.4 mm
Berat 215 g

Desain Poco X3 NFC Tak Usang Tapi Bukan Tak Bermasalah

Kalau hanya melihat penampilannya saja meski dengan kehadiran X3 Pro tetap saja X3 NFC tak tampak ketinggalan jaman, alasannya cukup jelas yaitu karena sang produsen tetap mempertahankan desain yang sama.

Tapi desain Poco X3 NFC sendiri bukannya tanpa masalah, selain dimensi yang gambot ponsel ini juga menerapkan permukaan bodi glossy. Permukaan glossy kerap bermasalah pada begitu cepatnya tampilan ponsel yang bersangkutan menjadi kusam akibat noda jari selama pemakaian.

Anda mungkin berpikir bahwa noda jari bukan perkara besar sebab telaten mengelap sudah cukup menyelesaikan masalah, tapi pada kasus X3 NFC masalah tak selesai sampai di situ permukaan bodinya juga sangat mudah tergores.

Diskon Poco X3 NFC Masih Layak Dibeli?

Menggunakan pelindung soft case memang solusi yang paling banyak dipilih oleh pemilik ponsel keluaran Poco ini, tapi lagi-lagi tak bisa dikesampingkan bahwa penggunaan pelindung tersebut berpengaruh besar dari sisi ergonomis karena pada dasarnya dimensi dan bobot ponsel ini di atas rata-rata ponsel sekelas.

Layar

Bicara soal layar lain kondisinya, Poco tidak memberikan ubahan apapun terhadap Poco X3 Pro maka kalau dibandingkan keduanya masih bisa dianggap berimbang.

Refresh rate 120 Hz memberi kesan responsif yang beda dibanding ponsel dengan layar 60 Hz, hanya saja di kelas harga yang sama Xiaomi sudah menawarkan layar berteknologi AMOLED dengan refresh rate 120 Hz juga.
Jadi bukan kehadiran X3 Pro yang membuat layar X3 NFC terlihat inferior namun justru kehadiran Redmi Note 10 Pro.

Terlepas dari situasi tersebut Dombort sendiri menilai kualitas layar X3 NFC masih terbilang sangat baik untuk standar ponsel seharga Rp 3 Juta-an.

Kegegasan dan Future Proof

Soal kegegasan X3 NFC tak bisa banyak bicara ketika diperhadapkan dengan X3 Pro yang memang unggul pada fitur tersebut.
Artinya kalau memang Anda adalah penggemar berat game di ponsel maka X3 NFC bukan pilihan yang tepat, meski game populer seperti “Call of Duty” dan “PUBG” masih bisa dijalankan olehnya namun pengalamannya jelas tak sebaik Poco X3 Pro.

Tapi untuk Dombort yang hanya terkadang saja menjalankan game pada dasarnya kegegasan Poco X3 NFC tidaklah mengecewakan, untuk urusan tugas harian ponsel ini masih terbilang tangguh.
Apalagi kebanyakan ponsel sekelasnya rata-rata juga masih menggunakan SoC dengan kemampuan setara, salah satunya Redmi Note 10 Pro.

Di awal kelahirannya memang Poco X3 NFC banyak dikeluhkan karena bergejala frame drop, tapi setelah pembaruan MiUI 12 gejala tersebut sudah lenyap.

Justru yang jadi soal adalah keterbatasan kapasitas memori internal yang hanya 64 GB, karena setelah pemakaian beberapa bulan ini saja kapasitas yang tersisa tinggal 15%.
Jadi kalau memang Anda berencana membeli Poco X3 NFC saat ini Dombort menyarankan untuk memilih versi kapasitas memori internal 128 GB yang semestinya lebih futureproof.

Kualitas Kamera

Fitur kamera masih menjadi keunggulan Poco X3 NFC terlebih demi menanamkan prosesor Snapdragon 860 ternyata Poco X3 Pro mengalami downgrade pada sisi spesifikasi kamera.
Baik untuk keperluan fotografi awam maupun vlogging ponsel ini masih menawarkan kemampuan terbaik di kelasnya.

Foto Hasil Kamera Poco X3 NFC

Kualitas Foto Hasil Kamera Poco X3 NFC

Kamera Utra Wide Poco X3 NFC

Bagaimana dengan Redmi Note 10 Pro yang sudah mengusung sensor 108 MP?
Dalam beberapa hal memang Redmi menunjukkan keunggulan tersebut, tapi kamera Poco X3 NFC menghasilkan foto yang lebih alamiah menurut Dombort karena hasil dari kamera Redmi Note 10 Pro kalai diamati cenderung over sharpening.

Tentu yang dimaksud di sini bukan berarti sensor kamera 108 MP milik Redmi Note 10 Pro kalah dari kamera bersensor 64 MP pada Poco X3 NFC, namun lebih bermaksud menunjukkan bahwa kamera Poco X3 Pro masih sanggup bersaing.

Apakah Poco X3 NFC Masih Layak Beli?

Dengan harga resmi Rp 2,89 Juta untuk versi 6/64 GB serta Rp 3,2 untuk versi 8/128 GB Dombort menilai Poco X3 NFC masih sangat layak dibeli.
Kegegasannya setara dengan Redmi Note 10 Pro, sedangkan kualitas kameranya lebih baik dibanding Poco X3 Pro, jadi kalau memang budget Anda ada di kisaran itu dan lebih mementingkan kemampuan kamera rasanya tak bakal menyesal membeli Poco X3 NFC saat ini.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Poco X3 NFC
Author Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
Poco X3 NFC
Price
IDR 2899000
Product Availability
Available in Stock