Harga dan Spesifikasi Vivo V5

Harga Vivo V5 dan Spesifikasi

Harga Vivo V5 berikut positioning -nya sebagai handphone selfie benar-benar merupakan ancaman bagi Oppo F1s yang sebelumnya demikian populer di kalangan konsumen usia muda. Mendukung positioning handphone Vivo terbaru itu sang produsen menempatkan kamera sekunder 20 MP.

Selain Vivo dan Oppo sebenarnya ada beberapa merek lain yang turut menerjukan diri di segmen ponsel selfie, namun sejauh ini utamanya di kawasan Asia Tenggara memang dua nama tersebut yang paling populer sekaligus mudah didapat. Lantas seperti apakah Vivo V5 sang pesaing dari Oppo F1s tersebut?

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V5

Spesifikasi Vivo V5

Spesifikasi Teknis Vivo V5
Bobot154 gram
Layar5.5 Inch HD 1280 x 720 resolution, 267 ppi
Pelindung Layar2.5D Curved Glass 4 Protection
Sistem OperasiFunTouch berbasis Android 6.0 Marshmallow
ChipsetMediatek MT6750
ProsesorOcta-Core 1.5 GHz 64 bit
Storage32 GB, microSD up to 128 GB
RAM4 GB
Kamera Sekunder20 MP f/2.0 Sony IMX376 dengan softlight flash
Kamera Primer13 MP with dual LED flash
SensorAccelerometer, light, orientation, proximity, gyroscope, sound, magnetic
Baterai3000 mAh
HargaLihat Disini

Desain dan Build Quality Vivo V5

Handphone Vivo adalah salah satu merek yang semenjak awal dikenal keunggulannya dari sisi value for money. Untuk lini V5 ini mereka dengan percaya diri memberi tagline “Perfect Selfie” yang secara teoritis memang tampak meyakinkan berkat sensor 20 MP f/2.0 IMX376 buatan Sony pada kamera selfie atau kamera sekunder –nya. Bahkan melengkapi kecanggihan di atas kertas tersebut sang produsen juga menempatkan softlight flash untuk mendukung kemampuan berfoto selfie di dalam ruangan.

Namun sebelum membahas kualitas kamera selfie Vivo V5 kami akan mengawali dengan membahas desain serta build quality -nya.
Kardus atau boks kemasan Vivo V5 sendiri tidak tampak istimewa dan di dalamnya selain handset yang bersangkutan terdapat pula charger, kabel USB to microUSB, SIM ejector serta earbuds. Tempered glass serta soft case menjadi pelengkap dari aksesoris bawaan Vivo V5 dalam kemasannya.

Hal yang cukup mengejutkan adalah penampilan atau desain Vivo V5 yang sangat mirip dengan Oppo F1s. Walau demikian keduanya mengandalkan jenis material berbeda. Vivo hanya menggunakan material plastik yang diberi kelir mirip logam, sementara pada bagian depannya terlihat layar yang dilapis oleh 2.5D Gorilla Glass.

Memang jika dibandingkan kompetitor yang sudah mengadopsi desain unibodi logam kesan premium yang ditampilkan V5 tidak sepadan, namun kami sendiri tidak menemukan hal untuk dikritisi sebab build quality -nya sendiri termasuk solid.

Selain dimensinya sangat ramping juga tidak ditemukan garis tepi berwarna hitam yang biasa mengelilingi layar kebanyakan ponsel sejauh ini.

Mungkin satu-satunya kekurangan Vivo V5 dari sisi desain adalah beberapa sudut yang terasa tajam dan tak nyaman di tangan kala menggenggam, namun kondisi ini bisa dengan mudah disiasati dengan mengaplikasikan soft case.

Kualitas Layar

Layar dengan tingkat resolusi setara HD sering dituding sebagai kelemahan Vivo V5 di mata kebanyakan calon konsumen, terlepas dari persepsi tersebut kami mendapati bahwa akurasi reproduksi warnanya cukup baik tanpa mengingkari bahwa tingkat ketajaman layar tersebut memang tak sebaik kompetitor yang mengadopsi layar FHD.

Spesifikasi dan Harga Vivo V5

Performa

Dengan mengandalkan prosesor octa-core yang terintegrasi pada chipset MediaTek MT6750 didukung oleh RAM sebesar 4 GB sebagai daily driver Vivo V5 terbilang sangat mumpuni. Memutar film, bersosial media dan berbagai aktivitas kasual lainnya mampu ditangani dengan mudah oleh handphone terbaru Vivo tersebut.

Kualitas Kamera Vivo V5

Kamera utama dengan sensor 13 MP f/2.2 pada bagian belakang ponsel mampu menghasilkan kualitas foto yang baik di luar ruangan kala cuaca cerah. Namun jika diamati secara detil sebenarnya terlihat gejala grain bahkan dalam kondisi yang ideal sekalipun.
Sementara itu untuk kualitas kamera selfie yang menjadi key selling point dari V5 buatan Vivo selama pengujian singkat kami mendapati bahwa kualitasnya bisa dikatakan setara dengan kamera selfie milik Oppo F1s yang kompetitor. Kelebihan kamera sekunder Vivo V5 lebih terlihat pada fitur softlight flash yang menjadikannya unggul jika membandingkan Vivo V5 vs Oppo F1s pada satu poin ini.

Kesimpulan dan Harga Vivo V5

Vivo V5
Gold
Kualitas Kamera Vivo V5
Jual Vivo V5

Harga Vivo V5 di Indonesia saat artikel ini dipublikasikan berada di kisaran Rp 3,5 Juta-an, harga tersebut seperti sudah disinggung sebelumnya setara dengan harga Oppo F1s Selfie Expert. Dari sisi kamera semata kami menilai keduanya berimbang namun tentu tidak setiap calon konsumen hanya akan mempertimbangkan satu poin itu semata.

Vivo V5 sudah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari yang diletakkan di tombol “home”, ia juga sudah mendukung OTG serta tombol capacitive -nya juga sudah mengadopsi backlit. Pada sisi lain ia belum dilengkapi dengan LED notifikasi yang keberadaaannya sudah menjadi kewajaran bagi smartphone masa kini. Sedangkan untuk fitur AK4376 HiFi DAC yang turut disebut-sebut pada berbagai alat promosi Vivo V5 untuk saat ini kami belum berkempatan menguji lebih jauh.