Harga Asus Zenfone 3 Zoom dan Spesifikasi

Asus Zenfone 3 Zoom Harga dan Spesifikasi

Asus Zenfone 3 Zoom yang dipertunjukan di stand milik produsen asal Taiwan dalam gelaran CES 2017 yang bertempat di Las Vegas ternyata menyita cukup banyak perhatian dari para pengunjung. Handphone terbaru Asus yang melengkapi lini produk Zenfone 3 ini didaulat sebagai penerus dari Zenfone Zoom generasi pertama yang tahun lalu tampil mencolok berkat fitur optical zoom yang langka keberadaannya pada sebuah ponsel.

Spesifikasi Asus Zenfone 3 Zoom

Spesifikasi Teknis Asus Zenfone 3 Zoom
Bobot 170 gram
Layar 5.5 Inch 1080 x 1920 resolution, 401 ppi
Pelindung Layar Corning Gorilla Glass 5
Sistem Operasi ZenUI 3.0 berbasis Android Nougat
Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
Prosesor/GPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53, Adreno 506
Storage 32, 64, 128 GB, microSD up to 256 GB
RAM 4 GB
Kamera Sekunder 13 MP, f/2.0, 1/3″ sensor size, 1.12 µm pixel size, 1080p
Kamera Primer Dual 12 MP, (25mm, f/1.7, OIS (4-axis)& 59mm, f/2.8), laser/phase detection autofocus, 2.3x zoom, dual-LED (dual tone) flash
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Baterai 5000 mAh
Harga TBC

Walau ponsel dengan optical zoom sendiri sering dipersepsi sebagai sebuah konsep orisinil yang ditawarkan oleh Asus namun penampilan Asus Zenfone 3 Zoom seketika mengingatkan siapapun pada desain iPhone 7 Plus besutan Apple, bahkan pabrikan Taiwan inipun juga menawarkan produk terbarunya dengan opsi warna yang identik dengan ponsel berbasis iOS tersebut.

Impresi Awal Asus Zenfone 3 Zoom

Desain dan Build Quality Asus Zenfone 3 Zoom

Fakta bahwa desain Asus Zenfone 3 Zoom sangat menyerupai iPhone 7 Plus sebenarnya bukan merupakan kabar negatif selama Anda bukan pemuja keaslian konsep atau gagasan yang memang makin mustahil di era industri modern.
Desain serta build quality yang solid menempatkan handphone Asus terbaru ini sebagai salah satu produk premium di industri ponsel pada pembuka tahun 2017 ini.

Namun hal yang menarik dari Zenfone 3 Zoom tentu terletak di bagian belakang dimana terdapat dua lensa kamera utama berikut fitur optical zoom yang menyertainya. Konsep penggunaan dua lensa atau dual lens menjadi makin marak semenjak Huawei menerapkannya pada flagship phone mereka tahun lalu sebagai hasil kolaborasi dengan Leica. Walau keaslian idenya sendiri merupakan kredit bagi HTC terlepas dari kekurangan yang dimiliki.

Meski bukan ponsel spesialisasi selfie seperti Vivo V5 namun lensa kamera dengan sensor 13 MP di bagian depan di atas kertas juga terdengar menyimpan potensi.

Kamera Asus Zenfone 3 Zoom

Untuk Asus Zenfone 3 Zoom lensa ganda di belakang dimaksudkan untuk menghasilkan dua mode foto yang berbeda, selain foto berwarna seperti umumnya kamera ponsel satu lensa yang lain dimaksud untuk menghasilkan foto klasik hitam putih.

Kedua lensa utama sama-sama mengandalkan sensor 12 MP dengan f/1.7 yang dalam pengujian singkat mampu mengunci objek dengan sangat cepat. Sementara itu untuk pembesaran objek (zoom) hingga 2.3x foto yang dihasilkan masih menampilkan tingkat detil sangat baik.

Impresi awal yang didapat dari kamera Asus Zenfone 3 Zoom dari sisi kualitas hasil foto memang positif, namun pada versi awal yang diuji coba ini terjadi gejala lag kala melakukan proses zoom itu sendiri. Entah kondisi ini bakal permanen atau bakal sukses diperbaiki oleh Asus untuk unit yang hendak dijual nantinya.

Performa

Masih terlalu dini menilai performa Zenfone 3 Zoom saat ini, yang terlihat sejauh ini adalah sang produsen tidak melakukan penyempurnaan perangkat lunak sebagaimana diharapkan oleh konsumen setianya selama ini. ZenUI masih kaya akan bloatware, ikon serta transisinya juga belum sesuai ekspektasi.

Sekedar catatan bahwa unit yang dipamerkan di CES masih menjalankan sistem operasi Android 6.0, sementara Asus sendiri memastikan bahwa Asus Zenfone 3 Zoom bakal menjalankan sistem operasi Android Nougat saat resmi dijual nantinya.

Seperti biasa dalam rangka menghemat biaya produksi Asus kembali menggunakan resep khas mereka yaitu memadukan komponen high-end dengan komponen yang lebih murah. Hal itu mula-mula terlihat dari penggunaan chipset kelas menengah Snapdragon 625 sebagai jantung performa sementara di sisi lain mereka mengaplikasi layar berkualitas tinggi yang menampilkan ketajaman serta akurasi warna sangat baik lewat lebar 5.5 inch.

Hal menarik lainnya dari handphone terbaru Asus di tahun 2017 ini selain fitur kamera adalah kapasitas baterai 5.000 mAh yang secara teoritis sanggup bertahan selama dua hari jika menilik spesifikasi yang diusung.

Pihak pabrikan sendiri dengan percaya diri mengklaim bahwa baterai Zenfone 3 Zoom ini juga mampu diposisikan sebagai Powerbank untuk mengisi ulang daya baterai perangkat lain.

Sensor pemindai sidik jari tidak diletakkan bersama dengan tombol “home” melainkan di bagian belakang. Sekalipun tidak ergonomis menurut kacamata kami namun kecepatan serta akurasinya sendiri sangat memuaskan.

Kesimpulan Awal dan Harga Asus Zenfone 3 Zoom

Di atas kertas Asus Zenfone 3 Zoom menawarkan hampir semua hal yang diharapkan oleh konsumen akan sebuah ponsel dengan kamera sebagai fitur utamanya. Kapasitas baterai yang besar juga turut menjadi nilai lebih yang patut diperhitungkan.
Namun sekali lagi masih terlalu awal pada tahap ini memberikan penilaian atau opini terhadap handphone Asus terbaru tersebut.

Harga Asus Zenfone 3 Zoom semestinya bisa ditekan mengingat sang produsen tidak sepenuhnya menggunakan spesifikasi terbaik, namun tahun lalu Asus membanderol beberapa seri Zenfone 3 dengan harga cukup tinggi melebihi spesifikasinya.