Harga Xiaomi Redmi Note 4 dan Spesifikasi

Melanjutkan sukses Xiaomi Redmi Note generasi sebelumnya berkat paduan spesifikasi mumpuni dengan banderol harga terjangkau kini produsen asal Cina tersebut merilis resmi Xiaomi Redmi Note 4 sebagai handphone Xiaomi terbaru di awal tahun 2017.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4

Spesifikasi Teknis Xiaomi Redmi Note 4
Berat 165 gram
Layar 5.5 inch IPS LCD, 1920 x 1080 pixels, 2.5D Glass
Sistem Operasi MIUI 8 berbasis Android Marshmallow 6.0.1
Chipset Qualcomm Snapdragon 625
CPU/GPU Octa-core 2.0 GHz CPU/Adreno 506 GPU
Storage 32 dan 64 GB, microSD up to 256 GB
RAM 2/3/4 GB
Kamera Sekunder 5 MP, f2.0
Kamera Primer 13 MP, f2.0 Aperture, 5p Lens Element, PDAF
Sensor Ambient Light Sensor, Proximity Sensor, E-Compass, Accelerometer, Gyroscope, Hall Sensor
Baterai 4100 mAh
Harga Lihat Di Sini

Also Read: Xiaomi Mi Mix Smartphone Masa Depan à la Xiaomi

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4

Sebagai pengingat saja bahwa tahun 2016 lalu Xiaomi mencatatkan penjualan fantastis lewat dua produknya di kategori smartphone masing-masing adalah Xiaomi Redmi 3 Prime dan Redmi Note 3. Sama seperti pendahulunya Redmi Note 4 tampil premium berkat penggunaan material logam. Sebenarnya Redmi Note 4 sendiri di negeri asalnya sudah dirilis sejak bulan Agustus 2016 namun untuk pasar luar Cina baru mulai dipasarkan awal tahun 2016.

Kalau di dalam negeri Xiaomi Redmi Note 4 menggunakan chipset MediaTek maka untuk pasar luar negeri sang produsen memilih Qualcomm sebagai mitranya, karenanya Redmi Note versi di luar Cina mengandalkan chipset Snapdragon sebagai jantung performa.

Desain dan Build Quality Xiaomi Redmi Note 4

Dari sisi penampilan Xiaomi Redmi Note 4 tidak tampak berbeda dibanding Xiaomi Redmi Note 3, desain bagian depan terutama boleh dikata benar-benar identik dengan pendahulunya itu termasuk pengaplikasian 2.5D Corning Gorilla Glass.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4

Namun ketika beralih ke bagian belakang kesamaan tersebut terlihat memudar, pasalnya Redmi Note 3 pengaplikasikan kontur yang membuatnya lebih nyaman digenggam sebagaimana lebih dulu diaplikasikan pada Xiaomi Mi5 series. Tata letak atau penempatan lensa kamera, LED flash serta sensor pemindai sidik jari masih sama seperti pada Redmi Note 3 sedangkan kisi-kisi speaker -nya dipindah dari belakang menjadi di bawah mengapit port microUSB.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4 dan Harga di Indonesia

Layar

Handphone Xiaomi terbaru ini menggunakan layar berteknologi IPS LCD yang memiliki lebar 5.5 inch dengan menampilkan resolusi setara FHD (1080 x 1920 pixels). Ketajaman gambar, akurasi warna serta viewing angles layar itu tampak istimewa selama pengujian termasuk kala digunakan di luar ruangan.

Performa

Sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa Xiaomi Redmi Note 4 yang dijual di luar Cina menggunakan chipset buatan Qualcomm, tepatnya Snapdragon 625 dengan prosesor octa-core 2.0 GHz dan GPU Adreno 506 terintegrasi. Saat ini Redmi Note 4 versi Snapdragon ini ditawarkan dalam tiga varian masing-masing memiliki RAM berkapasitas 3 GB dan 2 GB. Dimana keduanya sama-sama memiliki kapasitas memori internal 32 GB. Sedangkan varian ketiga yang sekaligus merupakan unit sampel pada review ini memiliki kapasitas RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

SIM tray pada handphone terbaru Xiaomi ini merupakan tipe hybrid sehingga pengguna dipaksa memilih menggunakan dua kartu SIM tanpa memori eksternal atau satu kartu SIM dan satu keping microSD sebagai memori eksternal. Memori eksternalnya sendiri mendukung hingga kapasitas maksimal 128 GB. Sebagai catatan tahun sebelumnya Redmi Note 3 hanya mendukung kapasitas memori eksternal hingga 32 GB.

Hampir semua tugas mampu dijalankan dengan baik oleh handphone Xiaomi tersebut, mulai dari penggunaan kasual hingga menjalankan game berat seperti “Asphalt 8” atau “Dead Trigger 2”. Pengalaman kami menggunakan Xiaomi Redmi Note 4 selama beberapa pekan tak sekalipun ditemukan kondisi dimana muncul gejala lag, force exit atau waktu loading yang terlampau lama. Untuk unit yang diuji coba ini konsisten tersisa free RAM sebesar 1.8 GB, karenanya jika Anda memutuskan membeli Redmi Note 4 versi RAM 2 GB besar kemungkinan akan menemui kendala terkait performa.

Dalam uji AnTuTu dan Quadrant Xiaomi Redmi Note 4 mencatatkan skor yang lebih tinggi dibandingkan Asus Zenfone 3 ZE552KL, padahal kompetitornya yang berasal dari Taiwan itu sama-sama mengandalkan Snapdragon 625.

Performa Kamera

Kamera utama Xiaomi Redmi Note 4 menggunakan sensor 13 MP f/2.0 yang dilengkapi dengan fitur dual tone LED flash serta PDAF seperti pendahulunya.
Sementara untuk kamera sekunder mengadopsi sensor 5 MP f/2.0.

Tahun lalu Xiaomi Redmi Note 3 tidak dibekali dengan kamera yang mumpuni sehingga banyak pengguna yang merasa kecewa, karenanya tahun ini sang produsen berusaha membenahi sektor tersebut. Hasilnya tidak mengecewakan, kamera utama 13 MP –nya sanggup menghasilkan kualitas foto yang terbilang baik untuk ukuran kamera ponsel kelas menengah. Sedangkan kamera sekunder –nya memang tak terlalu istimewa namun cukup untuk sekedar menghasilkan kualitas foto layak diunggah ke jejaring sosial.

Performa Kamera Xiaomi Redmi Note 4

Hasil Kamera Xiaomi Redmi Note 4

Kesimpulan dan Harga Xiaomi Redmi Note 4

Harga Xiaomi Redmi Note 4 resmi versi termurah dibaderol Rp 1,9 Juta-an (2 GB/32 GB), versi 3 GB/32 GB dibanderol Rp 2,2 Juta sementara tipe tertinggi yang tak lain unit review kami tercatat 2,6 Juta. Jika tidak benar-benar terpaksa kami merekomendasikan Anda memilih versi RAM 3 GB atau 4 GB sekalian.

Untuk sebuah HP Android harga 2 Jutaan apa yang ditawarkan oleh Redmi Note 4 rasanya sudah melebihi ekspektasi kebanyak calon konsumen. Kelebihan handphone Xiaomi terbaru ini terletak pada desain, stamina baterai (4100 mAh) serta performa. Kelemahannya terdapat maka slot SIM mode hybrid. Sementara untuk fitur atau bagian lain kami menilainya biasa-biasa saja.

Harga Xiaomi Redmi Note 4 dan Spesifikasi Indonesia
Harga Xiaomi Redmi Note 4 dan Spesifikasi | Ponsel Dombort | 4.5