Harga Motorola Moto Z Play

Harga Motorola Moto Z Play 7 Juta-an, Apa Istimewanya?

Motorola Moto Z Play akhirnya dijual resmi di Indonesia lewat beberapa mitra penjualan. Merek yang sempat absen dari pasar Indonesia dan melakukan come back lewat Moto E3 Power tersebut mulai tahun lalu memang menciptakan lini baru untuk kategori produk yang mereka sebut sebagai “semi modular smartphone”. Meski awalnya hanya difokuskan bermain di segmen high-end namun belakangan mereka pun merilis produk kelas mid-end dalam wujud Moto Z Play.

Salah satu fitur unggulan dari Motorola Moto Z Play yang kerap disoroti dalam beberapa iklan merek yang berada di bawah payung Lenovo tersebut adalah Hasselblad True Zoom kamera. Seberapa istimewa –nya fitur tersebut dan Moto Z Play sendiri secara keseluruhan sehingga sang produsen memasang banderol Rp 7 Juta-an?

Spesifikasi Teknis Motorola Moto Z Play

Dimensi 156.4 x 76.4 x 6.9 mm, 165 gram
Layar 5.5 inch Full HD Super AMOLED Capacitive touch
Pelindung Layar Corning Gorilla Glass
Sistem Operasi Android 6.0.1 Marshmallow
Chipset Qualcomm Snapdragon 625
CPU/GPU Octa-core 8 x 2.0 GHz Cortex-A53 CPU/Adreno 506 GPU
Storage 32 GB, microSD up to 2 TB
RAM 3 GB
Kamera Sekunder 5 MP, LED flash
Kamera Primer 16 MP, PDAF, laser auto-focus
Baterai 3510 mAh
Harga Lihat Di Sini

Desain dan Build Quality Motorola Moto Z Play

Desain cukup mencolok kala mengamati Moto Z Play terdapat pada bagian belakang dimana Motorola mengadopsi flat glass dengan bingkai aluminium, ketebalannya sendiri mencapai 7 mm. Pada bagian belakang ini pula terdapat lensa kamera utama yang dibuat menonjol keluar.

Harga Motorola Moto Z Play dan Spesifikasi

Lensa kamera utama dengan sensor 16 MP tersebut didukung oleh beberapa fitur seperti laser auto-focus serta PDAF. Untuk menghubungkan dengan aksesoris “Moto Mods” maka di bagian bawah tampak konektor magnet dengan 16 pin.

Beralih pada bagian depan, layar berukuran 5.5 inch dengan teknologi Super AMOLED tampak mendominasi sisi tersebut. Dengan tingkat kerapatan warna mencapai 403 ppi meski tidak istimewa namun tingkat kecerahan serta ketajaman yang ditampilkan tampak baik untuk standar layar ponsel kelas menengah. Sedangkan di atas layar tampak sensor kamera selfie 5 MP yang ditemani dengan LED flash.

Sensor pemindai sidik jarinya yang terletak pada bagian bawah layar dalam pengujian mampu bekerja secara akurat sekaligus responsif.

Pada poin desain handphone kelas menengah terbaru bermerek Motorola ini layak diapresiasi dari sisi orisinalitas ide, penampilan premium serta build quality solid.

Performa

Berlanjut ke poin performa, dengan mengandalkan kombinasi chipset Snapdragon 625 dan RAM 3 GB tampilan antar mukanya berjalan dengan tingkat fluiditas sangat baik, beberapa game berat pun bisa dijalankan dengan sempurna. Secara umum handphone terbaru Motorola untuk segmen mid-end ini menampilkan performa yang memuaskan di kelasnya.

Bukan hanya itu, baterai berkapasitas 3510 mAh yang dijejalkan pada Moto Z Play memiliki stamina di atas rata-rata. Pada penggunaan normal ia sanggup bertahan selama lebih kurang 2 hari kadang bisa lebih. Berkat fitur “Turbo charger” pengisian ulang daya baterai dari 0-100% hanya memakan waktu 1 jam 15 menit.

Memang jika menilik tabel data spesifikasi Moto Z Play ia tampak begitu standar sebab hampir semua ponsel Android kelas menengah masa kini sudah mengadopsi chipset maupun kapasitas RAM sama. Beberapa diantaranya bahkan dibanderol lebih murah. Walau demikian spesifikasi di atas kertas tak bisa dijadikan patokan begitu saja. Dibandingkan ponsel merek lain dengan spesifikasi setara performa ponsel besutan Motorola ini terasa lebih cepat sekaligus mulus. Tampaknya keputusan sang produsen menggunakan stock Android merupakan alasan dibalik performa istimewa tersebut. Harapannya keunggulan ini membaik atau setidaknya bertahan kala ponsel ini mendapat update Android Nougat.

Kamera

Poin yang dinanti dari review Motorola Moto Z Play sudah pasti adalah fitur kamera. Sayangnya meski kualitas foto yang dihasilkan terbilang baik untuk standar kamera ponsel kelas menengah namun tidak tampak ada keistimewaan tertentu dari foto-foto tersebut. Pastinya foto hasil kamera Motorola Moto Z Play masih jauh jika dibandingkan foto yang dihasilkan oleh kamera ponsel kelas high-end.

Foto Hasil Kamera Motorola Moto Z Play dan Spesifikasi

Ketiadaan OIS menjadi poin negatif untuk perekaman video, cukup disayangkan mengingat sebenarnya ia sudah mendukung resolusi 4K.

Kondisi kurang lebih sama juga berlaku untuk kamera sekunder 5 MP di bagian depan.

Harga Motorola Moto Z Play dan Kesimpulan

Harga Motorola Moto Z Play relatif tinggi untuk ukuran ponsel kelas menengah. Dengan banderol tersebut ia menawarkan keunggulan pada sisi desain, performa serta stamina baterai. Namun jika Anda adalah konsumen yang mengedepankan fitur kamera sebaiknya mempertimbangkan opsi merek lain di kisaran harga sama.