Mengupas Samsung Galaxy A3 2017

Jadi masuk atau tidaknya Samsung Galaxy A3 2017 ke Indonesia hingga artikel ini dipublikasikan masih menjadi misteri, pasalnya produsen asal Korea tersebut menyebut bahwa versi termurah dari lini Samsung Galaxy A tersebut bakal dicoret dari beberapa negara/pasar.

Bersama dengan Samsung Galaxy A7 dan Galaxy A5 2017 seri A3 ini diperkenalkan pertama kali dalam gelaran CES di Las Vegas awal tahun ini. Dengan berbagai kekurangannya Galaxy A3 sendiri ternyata tetap mendapat apresiasi tersendiri di segmen konsumen tertentu. Lantas perubahan apa yang ditawarkan untuk versi 2017 ini?

Also Read: Harga Samsung Galaxy J7 Prime dan Spesifikasi di Indonesia

Spesifikasi Teknis Samsung Galaxy A3 2017

Dimensi 135.4 x 66.2 x 7.9 mm, 138 gram
Layar 4.7 inch AMOLED, 1280 x 720 pixels (312 ppi)
Pelindung Layar Corning® Gorilla® Glass 4
Sistem Operasi Android™ 6.0.1, Marshmallow
Chipset Samsung Exynos 7870
CPU/GPU 8x Cortex-A53 1.6 GHz CPU/Mali-T830 MP2 GPU
Storage 16 GB
RAM 2 GB
Kamera Sekunder 8 MP, ƒ/1.9 aperture
Kamera Primer 13 MP, ƒ/1.9 aperture
Baterai 2350 mAh
Harga Lihat Di Sini

Desain dan Build Quality

Penampilan Samsung Galaxy A3 2017 sama sekali tidak berbeda jika dibandingkan Galaxy A7 2017 yang pernah diulas dalam blog ini beberapa waktu silam. Tentu saja perbedaan mencolok antar kedua handphone terbaru Samsung Galaxy seri A tersebut terletak pada dimensi. Menariknya dari sisi dimensi ia tidak mengalami penambahan maupun pengurangan dibanding Galaxy A3 versi 2016, bahkan bobotnya hanya bertambah 3 gram yang dalam keseharian nyaris tidak terasa.

Dibandingkan pendahulunya terdapat ubahan tata letak lubang speaker yang kini digeser ke kanan dalam upaya meminimalisir kemungkinan output -nya terhalang oleh tangan kala digenggam. Port microUSB kini posisinya juga sudah digantikan oleh port USB tipe yang tampaknya mulai jadi standar bagi semua ponsel keluaran akhir tahun 2016 ke atas.

Sebenarnya terkait ubahan desain ini salah satu yang pantas diapresiasi adalah hadirnya slot microSD yang di masa lalu menjadi kelemahan dari Galaxy seri A. Memang ia masih mengadopsi hybrid tray namun tentu lebih baik memiliki pilihan ketimbang tanpa pilihan sama sekali seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A3 2017

Secara menyeluruh Samsung Galaxy A3 2017 tampil premium untuk standar ponsel Android Rp 4 Juta-an. Memang masih di bawah standar Galaxy S7 atau S7 Edge namun coba saja bandingkan dengan kebanyakan HP Android kisaran harga sama maka Galaxy A3 generasi terbaru ini tampak lebih mahal.

Namun dari semua penyempurnaan atau pembaruan yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A3 2017 bagi kami yang paling penting adalah penerapan standar IP68 pada desainnya seperti halnya Galaxy A5 dan A7 versi 2017. Dengan penerapan standar tersebut ponsel kelas menengah ini mampu mencegah rembesan air tawar pada kedalaman maksimal 1,5 meter dalam waktu tidak lebih dari 30 menit.

Layar

Meski mengalami ubahan dalam banyak hal di poin desain namun untuk poin layar tidak demikian. Sang produsen masih mempertahankan layar berukuran 4.711 inch berteknologi Super AMOLED dengan resolusi 1280 x 720 serta tingkat kerapatan warna 331 ppi seperti sebelumnya. Bahkan Samsung juga masih mengadopsi Corning Gorilla Glass 4 seperti tahun lalu.

Pembaruan di poin layar yang kentara adalah pengaplikasian fitur “Always On” seperti yang diterapkan pada Galaxy S7/S7 Edge juga pada lini Galaxy A keluaran tahun ini.

Performa

Kembali mengandalkan TouchWiz UI berbasis Android 6.0.1 harus kami akui bahwa meski Samsung sudah mencoba membuat UI tersebut lebih ringan dibanding generasi sebelumnya tetap tidak cukup menjadikannya sebagai salah satu UI favorit versi Dombort.

Jumlah bloatware -nya memang sudah berkurang secara signifikan, namun masih termasuk berlebihan. Kami cenderung menyukai gaya minimalis seperti pada Moto Z misalnya. Selain fluditas TouchWiz UI juga tidak terlalu baik, sekalipun menggunakan chipset canggih seperti pada Galaxy S7/S7 Edge sekalipun.

Untuk Samsung Galaxy A3 2017 sang produsen mengandalkan chipset Exynos 7870 dengan delapan Cortex A53 yang dipatok pada frekuensi 1.6 GHz. Performa grafis –nya dibebankan pada GPU Mali-T820 MP2 sementara performa multitasking pada RAM sebesar 2 GB. Secara teoritis konfigurasi spesifikasi tersebut mestinya sudah cukup untuk standar ponsel Android kelas menengah.

Kenyataannya tidak demikian, seusai proses boot saja dalam kondisi ponsel baru dan belum ditambah aplikasi lain RAM yang tersisa hanya 481 MB, sedangkan kapasitas memori internal tersisa 9,8 GB. Tidak sulit menebak seperti apa performa Samsung Galaxy A3 2017 tersebut.

Kapasitas baterai A3 2017 sedikit membengkak menjadi 2350 mAh atau naik 50 mAh dari versi sebelumnya.

Kamera

Hasil Kamera Samsung Galaxy A3 2017

Lagi-lagi kekurangan Samsung Galaxy A3 2017 yang juga menjangkiti generasi-generasi sebelumnya di sektor kamera belum pula dibenahi. Pihak pabrikan masih setia mengandalkan kamera utama dengan sensor 13 MP f/1.9 yang menghasilkan foto-foto dengan warna kurang dinamis.
Peningkatan di sektor kamera hanya tampak pada kamera selfie yang kini mengadopsi sensor 8

Harga Samsung Galaxy A3 2017 dan Kesimpulan

Harga Samsung Galaxy A3 2017 yang dibanderol di kisaran Rp 4 Juta-an menimbulkan reaksi beragam. Sebagian menilainya overprice dan sebagian lain menilai harga tersebut pantas untuk sebuah ponsel kelas menengah dengan build quality serta desain istimewa ditambah lagi layanan purna jual terjamin.

Samsung sendiri menghadirkan Galaxy A3 sebagai well-rounded device untuk mengakomodir mereka yang mengharapkan tampilan premium namun anggarannya tidak cukup untuk mengakomodir harga Samsung Galaxy seri S.

Dari kami sendiri kelemahan yang menganggu terdapat pada keterbatasan kapasitas memori internal serta minim –nya free RAM.

Update:

Samsung Galaxy A3 2017 sudah dipastikan masuk Indonesia untuk harga dan spesifikasi selengkapnya bisa disimak di sini

Harga Samsung Galaxy A3 2017 dan Spesifikasi
Mengupas Samsung Galaxy A3 2017 | Ponsel Dombort | 4.5