Spesifikasi Xiaomi Redmi 4A Harga 1,4 Jutaan

Xiaomi Redmi 4A menambah panjang daftar handphone terbaru Xiaomi. Seolah setiap bulan pabrikan asal Cina tersebut merilis setidaknya satu hingga dua produk terbaru di kategori ponsel saja. Pada panjangnya daftar portofolio produk tersebut beberapa diantaranya benar-benar mencuri perhatian seperti Xiaomi Mi Mix, Xiaomi Mi5 dan Xiaomi Note 2. Namun tak sedikit pula yang kurang tersoroti dan salah satunya adalah Xiaomi Redmi 4A.

Redmi 4A merupakan varian lain dari seri Redmi 4, selain varian standar sang produsen juga merilis beberapa varian lain. Sejauh ini yang paling banyak diminati adalah Redmi 4 Prime, lantas dimanakah posisi Xiaomi Redmi 4A diantara dibanding opsi varian yang tersedia saat ini?

Also Read: Xiaomi Mi 6 Andalkan Snapdragon 835 dan Kamera Dual Lens

Spesifikasi Teknis Xiaomi Redmi 4A

Dimensi 139.5 x 70.4 x 8.5 mm, 132 gram
Layar 5-inch 1280 x 720p resolution (294 ppi)
Sistem Operasi MIUI 8 berbasis Android™ 6.0.1, Marshmallow
Chipset Qualcomm Snapdragon 325
CPU/GPU Quad-core 1.4 GHz CPU/Adreno 308 GPU
Storage 16 GB
RAM 2 GB
Kamera Sekunder 5 MP
Kamera Primer 13 MP, ƒ/2.2 aperture
Baterai 3000 mAh
Harga Lihat Di Sini

Membedah Desain dan Build Quality Xiaomi Redmi 4A

Di dalam kemasan Xiaomi Redmi 4A sendiri tak ada kejutan terlebih bagi mereka yang sudah terbiasa dengan merek ini. Seperti biasa pihak pabrikan hanya menyertakan buku manual, charger, kabel USB serta handheld yang bersangkutan.

Sedangkan desain handheld Redmi 4A lagi-lagi juga tidak menyisakan kejutan sebab Xiaomi masih mempertahankan desain sama seperti beberapa seri Redmi sebelumnya yang mengadopsi material logam serta cover belakang tipe non-removable. Walau demikian jika ditilik lebih detil ada beberapa hal yang membedakan Xiaomi Redmi 4A dari Xiaomi Redmi 4 seperti lensa kamera utama di sudut kiri atas berikut lampu LED –nya.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 4A

Tombol-tombok fisik yang ada semuanya terbuat dari material logam dan terasa tactile kala digunakan. Ukuran bezel yang mengeliingi layarnya sendiri relatif tebal namun kala digunakan kesan tersebut sedikit tersamar karena perhatian bakal ditujukan pada layar Xiaomi Redmi 4A yang mampu memberi kesan hidup.

Bobot ponsel terbaru Xiaomi di segmen low-end ini sangatlah ringan, tercatat hanya 132 gram saja. Pada satu sisi ia memberi kesan kurang solid namun pada sisi lain nyaman dioperasikan. Ketebalan yang hanya 8,5 mm juga menjadikannya lebih tipis jika dibanding Xiaomi Redmi 4 versi standar.

Layar

Seperti disinggung pada sub-bab sebelumnya bahwa layar Xiaomi Redmi 4A menampilkan ketajaman serta reproduksi warna yang tergolong superior diantara HP Android Rp 1 Juta-an yang ada saat ini. Tingkat kecerahannya memang tidak tampak optimal namun kala digunakan di luar ruangan ternyata masih tetap terbaca dengan baik.

Hasil Kamera Xiaomi Redmi 4A

Di atas kertas layar berukuran 5 inch dengan tingkat resolusi 1280 x 720 yang menghasilkan tingkat kerapatan warna 294 ppi ini memang tidak terdengar istimewa. Namun kala menggunakan langsung rasa-rasanya tak ada pengguna yang bakal merasa kecewa dengan kualitas layar HP Android Rp 1 Juta-an ini.

Performa

Wajarnya konsumen tidak memiliki ekspektasi tinggi terhadap performa HP Android kelas low-end. Redmi 4A sendiri yang mengandalkan chipset Snapdragon 425 tetap mampu menawarkan fluiditas baik untuk penggunaan sehari-hari seperti texting ber- social media juga melakukan aktivitas browsing maupun streaming.

Di sinilah sebenarnya letak perbedaan utama Xiaomi Redmi 4A vs. Xiaomi Redmi 4 versi standar, dimana untuk versi standar menggunakan Snapdragon 430 dengan GPU Adreno 505 yang lebih bertenaga. Snapdragon 425 yang digunakan Redmi 4A sendiri menggunakan GPU Adreno 308 terintegrasi.

Game populer seperti “Asphalt 8” masih bisa dijalankan oleh Xiaomi Redmi 4A, meski terjadi skip frame beberapa kali namun secara umum game tersebut masih bisa dinikmati. Bahkan waktu loading aplikasi pun tidak pula memakan waktu terlalu lama. Mendampingi Snapdragon 425 ini adalah RAM berkapasitas 2 GB.

Selama diuji dalam kurun waktu satu setengah jam untuk bermain game serta menjelajah internet kenaikan suhu Xiaomi Redmi 4A masih dalam taraf wajar atau stabil. Tidak ada kekhawatiran tertentu terkait kenaikan suhu tersebut.

Menjalankan MIUI 8 berbasis sistem operasi Android 6.0.1 kami tak menemukan kendala performa tertentu pada ponsel Xiaomi harga 1 Juta-an ini yang mengurangi pengalaman secara keseluruhan.

Kamera

Kamera utama Xiaomi Redmi 4A mengandalkan sensor 13 MP f/2.2 yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas layak selama digunakan di luar ruangan, sementara di dalam ruangan noise -nya sangat tinggi sebagaimana umumnya terjadi pada kamera ponsel 1 Jutaan.

Kualitas kamera sekunder –nya juga masuk dalam kategori layak, tanpa keistimewaan tertentu dibanding kamera sekunder ponsel lain sekelasnya.

Harga Xiaomi Redmi 4A dan Kesimpulan

Harga Xiaomi Redmi 4A di Indonesia ada di kisaran 1,3 – 1,4 Juta-an, ponsel ini merupakan salah satu pilihan ideal bagi Anda yang memiliki keterbatasan anggaran. Penampilannya istimewa, tampak lebih mahal dari harga yang sebenarnya juga dimensi serta bobotnya membuat ia nyaman dioperasikan sehari-hari.

Kelemahan Xiaomi Redmi 4A sejauh ini hanya tampak pada performa kamera, itupun dalam batas wajar untuk standar handphone Android Rp 1 Juta-an. Sayangnya sampai artikel ini dipublikasikan belum ada versi garansi resmi yang disediakan di sini.

Harga Xiaomi Redmi 4A dan Spesifikasi
Spesifikasi Xiaomi Redmi 4A Harga 1,4 Jutaan | Ponsel Dombort | 4.5