Spesifikasi LG G6 dan Harga

Spesifikasi LG G6 Janjikan Berjuta Potensi

Anda tentu setuju bahwa Samsung Galaxy S8 adalah handphone Android terbaru yang paling dinanti sekaligus membuat penasaran di tahun 2017 ini bukan?

Memang dari sekian banyak ponsel baru yang rilis di tahun 2017 tak bisa dipungkiri bahwa Galaxy S8 menyita demikian banyak perhatian.
Tapi produsen asal Korea lainnya pun punya potensi produk yang tak kalah menarik disimak: LG G6.

Faktanya beberapa tahun silam ketika LG merilis LG G2 meski saat itu tak banyak yang menanti perlahan namun pasti ia sanggup memesona banyak konsumen. Bahkan pada akhirnya tak sedikit pula yang mengaku bahwa LG G2 sama sekali tidak kalah dari Samsung Galaxy S4.

Sayangnya LG memang membuat blunder tahun lalu kala terlalu berani menawarkan konsep modular pada LG G5. Selain konsumen belum siap pihak LG sendiri tidak memiliki cukup anggaran untuk melanjutkan R & D untuk ponsel modular.

Lalu bagaimana dengan LG G6? Masihkah produsen elektronik asal Korea tersebut ngotot dengan idealisme mereka akan ponsel modular sebagai ponsel masa depan?
Pertanyaan tersebut kini terjawab sudah setelah LG G6 resmi diperkenalkan.

LG G6 Memukau Lewat Konsep Back to Basic

Usai sudah ternyata nyali LG berimprovisasi dengan modular phone setelah kemunduran yang mereka alami tahun lalu. Ternyata untuk flagship model terbarunya mereka kembali mengusung konsep konvensional atau back to basic.

Tapi tidak semua ide dan spesifikasi LG G5 gagal tahun sebelumnya, ada beberapa poin dimana G5 menunjukkan potensi bahkan kelebihannya. Salah satunya adalah layar berukuran besar dengan rasio 18:9 yang kini diadopsi kembali untuk penerusnya.

Dengan layar berukuran 5.7 inch, bezel sangat tipis serta bagian ujung/sudut yang melengkung unik memang sejak pertama kali LG G6 mampu memaksa mata untuk melirik dan terpesona olehnya. Perhatian para desainer terhadap hal-hal detil menjadi sisi positif lain yang berpotensi menjadi keunggulan LG G6 atas para kompetitor. Bahkan sampai saat ini LG tercatat sebagai pabrikan pertama yang berani mengadopsi layar dengan rasio 18:9 tersebut.

Sudut melengkung di bodi handphone terbaru buatan LG tersebut bukan semata-mata memberi nilai lebih dari sisi estetika, menurut penjelasan pihak produsen sudut tersebut sudah diperhitungkan sedemikian rupa dalam upaya mengurangi peluang rusak kala ponsel terjatuh.

Harga LG G6 dan Spesifikasi

Umumnya sudut-sudut dibuat runcing untuk memberi kesan futuristik serta elegan, namun dengan sudut melengkung seperti diaplikasikan pada LG G6 kala terjadi tumbukan dengan benda keras akibat terjatuh maka tumbukan tersebut mampu didistribusikan lebih merata sehingga daya tumbukan itu sendiri menjadi berkurang karena tidak hanya ditanggung oleh bagian tertentu saja. Akibatnya potensi kerusakan yang terjadi juga menjadi lebih minim.

Pendekatan ini jika Anda perhatikan sangat berbeda dengan Samsung Galaxy S7/S7 Edge yang malahan memberikan sudut tajam untuk memperkuat citra elegan.

LG mengklaim bahwa saat ponsel terjatuh sangat minim kemungkinan layar LCD LG G6 bakal mengalami retak, namun di sisi lain Dombort sedikit heran dengan keputusan LG yang hanya memberikan Corning Gorilla Glass 3 sebagai pelapis layar. Padahal teknologi yang lebih terkini sudah lama dihadirkan dan digunakan oleh merek lain.

Desain sudut melengkung ini sendiri meski bagi Dombort dinilai positif dari sisi estetika maupun fungsi tapi ada yang perlu pembaca perhatikan. Pada bagian tersebut terkesan ada inkonsistensi piksel kala layar dinyalakan, tapi tenang saja kondisi tersebut tak lebih dari kesan semata sebab jika diamati sungguh-sungguh tidak demikian adanya.

Selain menanamkan chipset Snapdragon 821 sebagai jantung performa, sang produsen juga memberikan kapasitas memori internal yang cukup lega yaitu 64 GB. Sejatinya mereka menawarkan pula LG G6 32 GB, hanya saja versi tersebut tidak dimaksudkan dijual di pasar Asia.

Wait….., what? Ya Anda tidak salah membaca memang LG G6 masih menggunakan Snapdragon 821 bukannya Snapdragon 835 yang sebenarnya dimaksudkan untuk ponsel kelas high-end keluaran tahun 2017.

LG beralasan bahwa saat ini mereka sudah lebih mengenal Snapdragon 821 dengan lebih baik ketimbang 835. LG G6 sendiri sudah dirancang sedemikian rupa sehingga mampu menampilkan performa optimal serta manajemen panas yang baik dengan menggunakan Snapdragon 821. Sedangkan beberapa kelebihan Snapdragon 835 terutama di sektor kamera sudah diadopsi pula oleh LG G6 berkat kerja sama intensif mereka dengan Qualcomm.

Seperti Apa Kualitas Kamera LG G6?

LG G6 masih mengusung konsep kamera lensa ganda dual lens camera seperti pendahulunya, hanya saja kali ini kedua lensa menggunakan sensor 13 MP. Berkat optimalisasi Snapdragon 821 proses perpindahan antar kamera mampu berjalan mulus tanpa jeda. Kedua kamera sama-sama menawarkan sudut lebar 125 Derajat dan sudut sempit 75 Derajat.

Sedangkan di bagian depan ditempatkan kamera selfie dengan sensor 5 MP berlensa lebar 100 Derajat.

Soal kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera LG G6 Dombort menilainya sangat baik. Selain tajam warna-warna yang ditampilkan juga sangat alamiah, menurut selera kami foto-foto ini jauh lebih baik dibanding foto dengan kamera Samsung Galaxy S7 Edge yang reproduksi warnanya terlalu dibuat-buat (baca: artificial). Ya iyalah, kamera LG G5 SE yang lebih murah saja hasilnya lebih bagus dari kamera Samsung Galaxy S7 Edge kok.

Kala digunakan di malam hari lensa lebarnya memang menghasilkan lebih banyak noise dibanding lensa sempit, kondisi ini diakibatkan oleh ketiadaan dukungan OIS untuk lensa lebar –nya. Namun selain tingkat noise -nya masih dalam level wajar juga kondisi serupa dialami pula oleh semua lensa lebar pada kamera ponsel sampai hari ini.

Hasil Kamera LG G6

Uji Kamera LG G6

Ada sangat banyak fitur serta mode yang ditawarkan oleh aplikasi kameranya, tapi Dombort tidak punya cukup waktu untuk menguji satu per satu.

Spesifikasi LG G6

Dimensi 148.9 x 71.9 x 7.9 mm, 163 gram
Layar 5.7 inch IPS LCD, 1440 x 2880 pixels (~564 ppi pixel density)
Pelindung Layar Corning Gorilla Glass 3
Pelindung Cover Belakang Corning Gorilla Glass 5
Fitur Tambahan IP68, Dolby Vision/HDR10 compliant, Always-on display
Sistem Operasi LG UX 6.0 berbasis Android™ 7.0, Nougat
Chipset Qualcomm Snapdragon 821
CPU/GPU Quad-core (2×2.35 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo)/Adreno 530 GPU
Storage 64, microSD up tp 256 GB
RAM 4 GB
Kamera Sekunder 5 MP, f/2.2, 1080p
Kamera Primer Dual 13 MP (f/1.8, OIS, 3-axis, phase detection AF) + 13 MP (f/2.4, no AF), dual-LED flash
Baterai 3300 mAh
Harga Lihat Di Sini

First Impression LG G6

LG G6 memang merupakan ponsel solid, solid dari berbagai poin mulai dari durabilitas, performa, kamera hingga daya tahan baterai. Tapi sekali lagi selain desain sudut yang mampu menahan benturan lebih baik serta layar dengan rasio 18:9 sang produsen tidak menawarkan banyak inovasi untuk ukuran ponsel yang seharusnya menjadi kompetitor Galaxy S8.

Review LG G6 Indonesia

Lagi-lagi dalam pembelaannya LG beralasan bahwa G6 memang dimaksudkan untuk meraih pasar yang lebih luas, konsumen yang lebih beragam karenanya mereka tidak mengambil resiko membuat banyak inovasi.

Namun dalam beberapa bulan kedepan mereka menjanjikan LG V30 yang dimaksudkan untuk target pasar lebih terfokus/(em>niche market) dengan menawarkan segudang inovasi yang diharapkan bagi target market -nya.