Harga Moto M dan Spesifikasi

Moto M – Ponsel Elegan nan Terjangkau

Motorola yang sementara ini akrab disebut Moto meski kedepannya bakal kembali menggunakan merek Motorola melakukan comeback sekaligus menunjukkan keseriusan mereka di pasar Indonesia.

Mulanya memang hanya Motorola Moto E3 Power namun kemudian disusul dengan lini andalan mereka yaitu Moto Z, termasuk Moto Z Play dengan banderol harga lebih terjangkau. Belum lama ini perusahaan yang dimiliki oleh group Lenovo tersebut merilis handphone terbaru lainnya yaitu Moto M. Salah satu daya tarik dari handphone Motorola yang baru saja diperkenalkan tersebut terletak pada penampilan elegan meski harganya sangat terjangkau.

Moto M, Cocok Untuk Siapa?

Kalau lini Moto Z merupakan ponsel semi modular maka untuk Moto M sang produsen memfokuskan pada estetika desain, karenanya jelas sekali bahwa target market lini M ini adalah mereka yang mengapresiasi estetika desain.

Walau demikian penampilan kardus atau boks Moto M sendiri sangat sederhana, bahkan terlalu biasa untuk sebuah produk yang dirancang bagi pengapresiasi estetika.
Keindahan sesungguhnya baru tampak ketika melihat langsung handheld yang bersangkutan. Di dalam paket penjualannya sendiri item tersedia tidak berbeda dari kebanyakan ponsel meliputi charger, kabel USB tipe C, kartu garansi, buku panduan serta earphone. Sang produsen menyertakan pula pelindung layar serta soft case berwarna transparan.

Dengan layar 5.5 inch serta ketebalan yang hanya 7,85 mm memang handheld Moto M terlihat sangat elegan. Ponsel ini sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass untuk meminimalisir munculnya goresan selama pemakaian. Dalam genggaman ponsel ini terasa kompak sekaligus solid, cocok untuk Anda yang gemar mengoperasikan dengan satu tangan.

Sentuhan detil seperti peletakkan logo Moto di bawah layar serta coating dengan kelir keemasan memberikan nilai plus dari sisi kesan premium dan bagkan di bagian belakang pihak pabrikan menggunakan cover dengan material logam.

Layar 5.5 inch dengan tingkat resolusi setara FHD sebenarnya mampu menampilkan gambar serta ketajaman yang cukup baik di dalam ruangan. Namun saat terpapar sinar matahari meski huruf-hurufnya jelas terbaca warnanya tampak pudar.

Harga dan Spesifikasi Moto M

Dimensi 151.4 x 75.4 x 7.9 mm, 163 gram
Layar 5.5 inch IPS LCD, 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density)
Sistem Operasi Android™ 6.0.1, Marshmallow
Chipset Mediatek Helio P15
CPU/GPU Octa-core 2.2 GHz Cortex-A53 CPU/Mali-T860MP2 GPU
Storage 32 GB, microSD
RAM 4 GB
Kamera Sekunder 8 MP, 1/4″ sensor size, 1.12 µm pixel size
Kamera Primer 16 MP, f/2.0, phase detection autofocus, LED flash
Baterai 3050 mAh
Harga Rp 3,9 Juta atau Lihat Di Sini

Di sektor performa Moto M mengandalkan chipset Helio P15 buatan MediaTek didampingi oleh RAM sebesar 4 GB. Kemampuan menjalankan game terbaru memang tidak istimewa namun mayoritas game masih bisa dijalankan dengan lancar asalkan Anda tidak berkeberatan dengan munculnya gejala skipped frame.

Kala dicoba menjalankan game selama lebih kurang 10 menit terjadi peningkatan suhu di bagian belakang yang cukup terasa, kondisi ini wajar dialami oleh handphone yang mengadopsi material logam untuk cover bagian belakangnya.

Harga Moto M dan Spesifikasi

Di bagian belakang pula terlihat keberadaan sensor pemindai sidik jari tepat di bawah lensa kamera. Peletakkan serta ukurannya sangat ergonomis sayangnya sensor ini bekerja tidak cukup responsif.

Masih seputar desain memang Moto M tidak memenuhi standar IP68 namun pihak pabrikan memberikan lapisan anti air untuk meminimalisir efek negatif jika ponsel secara tidak sengaja terpercik cairan. Namun fungsinya tetap tidak sama dengan ponsel-ponsel yang sudah mengantongi sertifikasi IP68.

Kamera utama dengan sensor 16 MP pada Moto M sebenarnya tidak terlalu istimewa jika Anda berharap mampu menyamai kamera ponsel kelas high-end. Namun jika membandingkan dengan ponsel dikisaran harga setara maka Dombort menilainya di atas rata-rata. Hal yang sama berlaku juga untuk kamera sekunder 8 MP di bagian depan.

Foto Hasil Kamera Moto M

Baterai dengan kapasitas 3050 mAh yang dijejalkan pada Moto M sanggup bertahan selama sehari penuh untuk penggunaan normal à la Dombort yang meliputi pula memutar video serta bermain game. Oleh karena belum dilengkapi fitur fast charging maka proses pengisian daya dari 5% menuju 100% memerlukan waktu cukup panjang yaitu 1 jam 30 menit.

Dengan harga hampir menyentuh Rp 4 Juta Moto M mampu menunjukkan kesan elegan nan premium sebagaimana umumnya ponsel dengan harga lebih mahal. Satu yang menjadi ganjalan adalah keputusan Motorola menanamkan Helio P15 bukannya SoC Snapdragon untuk sebuah ponsel di kisaran harga ini.