Harga Samsung Galaxy S8 dan Spesifikasi

Spesifikasi Resmi Samsung Galaxy S8 dan S8+

Siapa sih yang tidak penasaran spesifikasi resmi Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8+? Seperti biasa rumor seputar flagship Samsung Galaxy terbaru itu muncul di dunia maya jauh sebelum sang produsen resmi mengumumkan.
Akhirnya setelah demikian banyak rumor mulai dari yang HOAX sampai mendekati kebenaran, malam tadi secara resmi spesifikasi Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+ diumumkan di sebuah event yang mengambil tempat di New York.

Penasaran sama kecanggihan handphone terbaru Samsung Galaxy itu? Mana yang HOAX dan mana yang bukan dari semua rumor yang beredar selama ini?

Adakah Revolusi Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8+?

Ingat kan sekitar dua tahun lalu waktu produsen asal Korea ini memperkenalkan Galaxy S6? Waktu itu orang dibuat kagum karena untuk pertama kalinya Samsung bersedia meninggalkan casing plastik dan beralih ke logam.

Tapi kalau mau jujur sebenarnya banyak kelemahan dari Samsung Galaxy S6, memang penampilannya lebih elegan. Tapi di luar itu terutama dari sisi perangkat lunak tampilan antar mukanya bukan saja lamban tapi juga dipenuhi oleh bloatware. Bukan cuma itu saja stamina baterai Galaxy S6 juga termasuk jelek kalau dibanding kompetitor sekelasnya.

Penyempurnaan dari kekurangan-kekurangan itu baru muncul waktu mereka melahirkan Samsung Galaxy S6 Edge+ dan Samsung Galaxy Note 5, tapi performa yang lebih mendekati ekspektasi benar-benar terwujud tahun lalu di masa Galaxy S7 dan S7 Edge. Dua ponsel itu bisa dibilang mewakili standar baru dari merek Samsung Galaxy.

Andia, Samsung Galaxy S7 mestinya menjadi pondasi bagi sang produsen untuk melakukan revolusi penting terutama untuk lini produk kelas flagship mereka. Dombort berpendapat bahwa revolusi ini sangat penting terutama setelah nama baik serta kepercayaan konsumen atas nama besar Samsung ternoda pasca kegagalan Samsung Galaxy Note 7 pada akhir tahun 2016 lalu.

OK tanpa berpanjang lebar dan membuat Anda menduga-duga, seperti apa sebenarnya Samsung Galaxy S8 dan S8+?

Dari sisi penampilan Samsung sudah tidak lagi menerapkan matte anodized finish seperti tahun lalu, malahan mereka memilih finishing yang kinclong alias glossy/polished. Permukaan ini sangat cocok terutama untuk kelir “Midnight Black” karena mampu memberi kesan lebih premium dan elegan.

Perhatian Samsung terhadap sisi detil Samsung Galaxy S8 sangat mengagumkan sambungan antara serat kaca dengan aluminum tampak sangat natural, sangat menyatu seolah tanpa sambungan.
Pada bagian depan mereka juga menerapkan kelir hitam untuk bezel tipis yang mengeliingi layarnya.
Dombort sendiri sangat mengapresiasi pilihan itu, karena kelir hitam mampu membuat layarnya tampak lebih menonjol.

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S8

Soal presisi dan detil Samsung memang jagonya, kesempurnaan desain yang ditampilkan oleh Samsung Galaxy S8 sampai pada sisi-sisi terkecil kalau Anda mau mengamati menunjukkan bahwa Samsung Galaxy kini sama sekali tidak kalah dari iPhone ketika kita bicara soal desain dan build quality.

Bahkan tombol-tombol navigasi serta tombol “Home” dirancang ulang sedemikian rupa sehingga tampak lebih minimalis, modern dan bersih.

Di atas layar terlihat keberadaan sensor kamera selfie 8 MP yang menurut klaim produsennya sudah dilengkapi dengan software-simulated autofocus sementara di sebelahnya ditempatkan iris scanner.
Namun di belakang masih mempertahankan sensor kamera 12 MP yang sama seperti Galaxy S7, pihak pabrikan sendiri hanya melakukan optimasi di sektor perangkat lunak pendukungnya.

Keindahan desain Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8+ masih disempurnakan dengan keunggulan tahun lalu berupa standar IP68 serta dukungan memori eksternal lewat microSD.
Bedanya untuk Galaxy S8 dan S8+ ini sudah menggunakan USB tipe C serta fitur pengisian ulang daya baterai nirkabel.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+

Samsung Galaxy S8Samsung Galaxy S8 PlusSamsung Galaxy S7
Layar5,8 inch „dual edge AMOLED Display“,
2.960 × 1.440 (570 ppi)
18,5:9-Ratio
6,2 inch „dual edge AMOLED Display“,
2.960 × 1.440 (529 ppi)
18,5:9-Ratio
5,1 inch Super AMOLED,
2.560 x 1.440 Pixeln (577 ppi)
16:9-Ratio
CPUExynos 8895 Octa
max. 2,3 GHz
64 Bit, 10 nm
Exynos 8890 Octa-Core
(4 x 2,3 GHz; 4 x 1,6 GHz)
64-Bit, 14 nm
GPUARM Mali G71
RAM4 GB LPDDR44 GB LPDDR4
ROM64 GB, UFS 2.1, microSD32 / 64 GB, UFS 2.0,microSD
Kamera Primer12 MP, f/1.7, Dual-Pixel, OIS12 MP, f/1.7, Dual Pixel, OIS
Kamera Sekunder8 MP, f/1.7, SmartFocus5 MP, f/1.7
SoftwareAndroid 7 NougatAndroid 6.0 Marshmallow
KonektivitasUSB Type C, BT 5.0, LTE Cat.16 (↓ max. 1.000 MBit/s, ↑150 MBit/s), NFC, Dual-Band-WLANBluetooth 4.2 LE, LTE, NFC, Dualband-WLAN 802.11 a/b/g/n/ac (2,5 dan 5 GHz), ANT+, GPS
Dimensi148,9 × 68,1 × 8,0 Millimeter159,5 × 73,4 × 8,1 Millimeter142,4 x 69,6 x 7,9 Millimeter
Bobot155 gram173 gram152 gram
Baterai3.000 mAh,
Wireless- dan Fast-Charging
3.500 mAh,
Wireless- dan Fast-Charging
3.000 mAh,
Wireless- dan Fast-Charging
SensorIris scanner, fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2
HargaLihat di siniLihat di sini

Potensi Samsung Galaxy S8 dan S8+ Sebagai Handphone Android Terbaik

Masih ada beberapa hal misterius dari Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8+ termasuk diantaranya adalah performa serta kualitas kamera yang sangat membuat penasaran.

Saat ini kalau hanya menilik dari penampilan serta kualitas desainnya saja Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+ benar-benar sebuah ponsel idaman yang mewakili harapan kebanyakan konsumen setia Samsung Galaxy serta ponsel Android secara umum.

Soal kamera, mengingat bahwa tahun lalu kualitas kamera Galaxy S7 sudah demikian mengaggumkan selama Anda tidak keberatan dengan reproduksi warna yang tidak natural maka bisa diharapkan bahwa minimal kualitas yang setara akan ditawarkan oleh kamera Samsung Galaxy S8. Meski Dombort sendiri masih penasaran seperti apa perbedaan foto yang dihasilkan oleh kamera Samsung Galaxy S8 vs Samsung Galaxy S7.

Satu hal yang menimbulkan kekecewaan adalah fakta bahwa Samsung Galaxy S8 masih menjalankan sistem operasi Android 7.0 bukannya 7.1. Samsung memang terkenal lambat, dalam pembelaan mereka kelambanan ini disebabkan karena mereka perlu melakukan test dan retest sebelum beralih ke versi OS terbaru untuk meminimalisir munculnya bug. Tetap saja terasa mengecewakan.

Dombort tidak bisa banyak berkomentar soal potensi Samsung Galaxy S8 sebagai handphone Android terbaik tahun ini, pasalnya selain review ini belum menyeluruh juga untuk saat ini harga Samsung Galaxy S8 masih belum diumumkan secara resmi.