Harga Oppo A57 dan Spesifikasi

Oppo A57 Selfie Expert Versi Murah

Masih ingatkan beberapa pekan silam Oppo memperkenalkan Oppo F3 Plus yang seketika diburu oleh para “selfie maniacs”?
Sayangnya harga Oppo F3 Plus memang tidak dinilai terjangkau oleh kebanyakan calon konsumen. Peminatnya memang banyak, tapi tidak semua memiliki daya beli.

Kalau Anda pembaca setia Dombort termasuk satu diantaranya, tidak perlu risau sebab produsen handphone asal Cina yang belakangan memfokuskan diri pada ponsel swafoto itu tidak begitu saja mengabaikan konsumen loyal mereka.

Dalam upaya mengakomodir segmen yang tak cukup memiliki daya beli untuk memiliki F3 Plus maka dibuatlah Oppo A57, sang “Selfie Expert” dengan harga lebih murah. Ponsel swafoto dengan layar 5.2 inch ini juga sudah mengadopsi SoC buatan Qualcomm sebagai jantung performanya.

Oppo A57 Selfie Expert Murah? Atau Ponsel Selfie Murahan?

Harga Oppo A57 yang jauh lebih murah dibanding F3 Plus memang dinilai sebagai kabar baik, tapi seperti biasa muncul juga keraguan. Apa sih yang salah dari Oppo A57? Apa kekurangannya? Kenapa bisa dibanderol lebih murah?

Kalau mencermati layar 5.2 inch yang punya tingkat resolusi 720 x 1280 pixels dan kerapatan warna 320 dpi sebenarnya Dombort tidak melihat sisi negatif dari handphone terbaru Oppo ini. Soal layar selama ini handphone Oppo termasuk salah satu yang terbaik. Tingkat kecerahan serta akurasinya cenderung baik, tidak terkecuali untuk layar Oppo A57 ini.

Handphone Oppo yang sekilas sangat mirip desainnya dengan iPhone ini juga punya bobot yang ringan, cuma 147 gram. Untuk ukuran ponsel dengan harga semurah ini penampilan dan build quality Oppo A57 sama sekali tidak memalukan. Bahkan cenderung mewah menurut subjektivitas kami (tim Dombort).

Sensor pemindai sidik jari yang ditempatkan di tombol “home” bekerja akurat dan cepat, bahkan semakin sering Anda menggunakannya semakin cepat kemampuan sensor itu mengenali sidik jari Anda.

Kemiripan penampilan handphone Oppo dengan iPhone bukan sebatas pada bagian depan, sebab kalau Anda amati sisi belakang (cover belakang) jelas sekali kalau mereka lagi-lagi menjiplak sisi bagian belakang gawai buatan Apple tersebut.

Harga dan Spesifikasi Oppo A57 Indonesia

Keputusan Oppo menempatkan RAM 3 GB dan ROM 32 GB terbukti sebagai kombinasi ideal. Kapasitas RAM 3 GB pas untuk standar saat ini, asalkan ponsel yang bersangkutan punya manajemen RAM yang baik. Sejauh ini Oppo sudah membuktikan manajemen RAM yang baik, jadi rasanya tidak perlu menjadi concern.
Sementara itu kapasitas ROM (memori internal) 32 GB juga adalah pilihan ideal sekaligus ekonomis, selama tidak berlebihan kapasitas itu sudah sangat cukup menampung berbagai aplikasi, foto dan video.

Untuk Oppo A57 pembuatnya memilih sistem operasi Android 6.0 (Marshmallow) dengan tampilan antar muka ColorOS versi 3.0. Selain ringan, ColorOS juga menjadi salah satu UI favorit Dombort karena sangat minim bloatware dibanding TouchWiz atau ZenUI misalnya.

Qualcomm Snapdragon 435 yang dipilih Oppo sebagai jantung performa Oppo A57 tercatat memiliki prosesor tercepat dikelasnya.

Terbukti kala menjalankan game “Asphalt 8” kami tidak menemui gejala lag maupun panas berlebih. Untuk performa harian jangan ditanya lagi, semuanya fluid tanpa muncul kondisi yang membuat frustrasi.

Kapasitas baterai Oppo A57 yang cuma 2900 mAh sedikit menjadi concern bagi kami, idealnya dengan spesifikasi yang dimiliki mestinya ditanamkan baterai 3000 atau 3200 mAh.
Tapi dalam pengujian setidaknya baterai ini sanggup bertahan selama 7 hingga 8 jam untuk pemakaian normal à la Dombort.

Oppo A57
Gold
Jual Oppo A57
Jual Oppo A57

Bagaimana Kualitas Kamera Oppo A57?

OK… so far Oppo A57 tidak mengecewakan.
Tapi bagaimana dengan kualitas kameranya?

Di bagian belakang Oppo A57 dilengkapi kamera dengan sensor 13 MP yang mendukung perekaman video Ultra HD. Secara teoritis kamera ini sanggup menangkap cahaya serta detil yang tinggi karena menerapkan piksel berukuran besar.

Ketika menguji Dombort cukup terkesima dengan hasil jepretan kamera Oppo A57, terus terang untuk standar kamera ponsel di kisaran harga ini kami tak pernah berharap banyak. Tapi memang tingkat detil yang ditangkap serta dynamic range yang ditampilkan cukup memuaskan.

Hasil Kamera Oppo A57 Indonesia

Dan seperti biasa Oppo menyertakan aplikasi filter, tema dan sebagainya untuk mempercantik hasil foto-foto tersebut.

Untuk kamera selfie Oppo A57 dilengkapi sensor 16 MP 1.2μm pixel dengan f/2.0 kemampuannya menangkap foto dengan warna cerah sekaligus natural lagi-lagi memesona kami.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A57 Indonesia

Secara umum kami mendapat impesi positif dari kedua kamera Oppo A57 meski tidak akan menyebutnya istimewa apalagi sempurna. Yang jelas untuk kisaran harga ini kameranya benar-benar worth the money.

Harga dan Spesifikasi Oppo A57

LAUNCHRilisMaret 2017
KetersediaanLihat Disini
FISIKDimensi149.1 x 72.9 x 7.7 mm
Weight147 g
SIM SlotDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LAYARTypeIPS LCD capacitive touchscreen
Size5.2 inches (~68.6% screen-to-body ratio)
Resolution720 x 1280 pixels (320 dpi)
Multi-touchYes, 10-points
JARINGANNetwork SupportGSM/3G/4G
2G Bands900/1800
3G Bands2100
4G Bands1800
SpeedHSPA+ 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat.5 150/50 Mbps
PLATFORMOsAndroid OS, v6.0 (Marshmallow), Color OS 3.0
ChipsetQualcomm MSM8940 Snapdragon 435
CPUOcta-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 505
MEMORYCard SlotYes, upto 256GB
internal32 GB, 3 GB
KAMERAPrimary13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, LED flash
FeaturesGeo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video
Secondary16 MP, f/2.0
COMMSWLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetoothv4.1
GPSYes, with A-GPS
RadioFM Radio
USBv2.0, microUSb Port
FITURSensorsFingerprint, accelero meter, proximity, compass
BATERAINon-removable Li-Ion 2900 mAh battery
HARGALihat Disini
LAIN-LAINWarnaGold, Rose Gold

Jadi Apa Sebenarnya Kekurangan Oppo A57?

Sebenarnya kami enggan menyebut apa yang menjadi kelemahan Oppo A57, sebab untuk harga kisaran ini ia menawarkan good value for the money jadi menyebut kelemahan A57 terasa mencari-cari.

Tapi biar tidak dianggap tulisan pesanan sponsor, yang mana tidak. Boro-boro sponsor dibayar, dihubungi pihak Oppo saja kami tidak pernah. OK lah, kelemahan Oppo A57 belum mendukung fitur quick charge.
Di luar hal itu menurut kami value yang diberikan sudah sesuai dengan harganya.