Peran Prosesor Pada Handphone, Seberapa Pentingkah?

Sebelumnya Dombort sudah menjabarkan jenis-jenis prosesor Snapdragon atau SoC (System on Chip), setelahnya kembali diuraikan secara singkat perbandingan antara GPU Adreno vs Mali. Nah kali ini saatnya melihat seberapa penting sebenarnya peran prosesor bagi sebuah handphone atau ponsel?

Sebelum membahas lebih lanjut coba renungkan kembali, apa yang membedakan ponsel kelas flagship dengan kelas di bawahnya?

Also Read: Ponsel dengan Kamera Terbaik, Bagaimana Memilihnya?

Betul bahwa perbedaannya sangat banyak mulai dari layar, kualitas material yang digunakan hingga kamera.
Tapi kalau Anda perhatikan tahun ini saja misalnya Samsung Galaxy S8 masih menggunakan kamera yang sama dengan Galaxy S7, layar LG G6 masih sama seperti LG G5.
Tapi apa yang berubah?
Jawabannya adalah prosesor atau SoC!
OK LG memang masih memanfaatkan SoC tahun lalu, tapi SoC tersebut sudah dioptimalkan secara khusus untuk LG G6 jadi artinya tetap saja ada perubahan bukan?

Kalau diamati ponsel kelas flagship senantiasa menggunakan prosesor terbaru, tentu bukan tanpa alasan. Dengan memahami peran penting prosesor pada handphone mungkin alasan tersebut menjadi masuk akal.

Ini Dia Peran Prosesor Pada Handphone!

Sama halnya peran prosesor pada komputer, pada handphone benda ini juga berperan sebagai otak bagi unit ponsel bersangkutan. Prosesor ini bukan saja menentukan seberapa cepat kemampuan handphone menjalankan sebuah proses tapi menentukan pula fitur-fitur apa yang bisa disematkan pada ponsel itu sendiri.

Coba amati kembali ilustrasi di awal artikel ini.
Pada ilustrasi tersebut tergambarkan bahwa di dalam sebuah prosesor (SoC) terintegrasi beberapa bagian seperti GPU, layar, kamera, sensor dan sebagainya.

Sementara CPU –nya sendiri berperan sebagai penanggung jawab dalam menjalakan berbagai proses selama sebuah ponsel digunakan dan pada masa modern ini kecepatan CPU baik dalam menjalankan proses single core maupun multicore sama pentingnya. Maka kalau Anda amati pada hasil benchmark keduanya selalu di-rating.

GPU sendiri meski bagi kebanyakan konsumen handphone dipersepsi berkaitan dengan kemampuan menjalankan game namun bukan itu saja peran sebuah GPU pada ponsel. GPU menentukan pula kualitas gambar yang ditampilkan di layar apapun aplikasi yang sedang dijalankan. Bagian inilah yang menentukan bagaimana menggunakan pixel di layar untuk menampilkan sebuah gambar. Dan memang tak bisa dipungkiri bahwa bagian ini berperan penting pada saat menjalankan game berat.

Fitur lain yang juga ditentukan kualitas maupun keberadaannya oleh prosesor adalah resolusi layar, kemampuan memutar video, konektivitas entah itu WiFi, Bluetooth, dukungan terhadap memori eksternal bahkan juga layanan lokasi (GPS, GLONASS, dsb).
Belakangan peran prosesor makin penting karena menentukan juga bisa tidaknya sebuah ponsel dilengkapi fitur seperti sensor pemindai sidik jari, sensor iris dan sebagainya.

Uraian tersebut rasanya mampu menjelaskan mengapa ada ponsel yang menawarkan layar dengan tingkat resolusi hingga Quad HD+ seperti Samsung Galaxy S8+ sementara yang lain sekedar menawarkan resolusi setara FHD.

Kenapa pula ada handphone yang dilengkapi kamera terbaik ada yang kamera seadanya saja.

Demikian pula dengan hal-hal lain seperti mengapa ada ponsel yang mendukung video 4K dan ada yang tidak.
Kenapa ada ponsel yang dilengkapi pemindai sidik jari saja, sementara ada pula yang dilengkapi pemindai iris atau bahkan tidak dilengkapi fitur pengamanan apapun.

Ini Kesimpulan Peran Prosesor pada Handphone!

Uraian di atas bisa dipersingkat bahwa dengan kata lain SoC atau prosesor menentukan apa yang bisa dilakukan oleh sebuah ponsel dan apa yang tidak bisa dilakukan. Termasuk fitur apa yang bisa ditambahkan dan fitur apa yang tidak bisa.

Maka bisa dipahami kini mengapa ponsel kelas flagship sedapat mungkin mengadopsi SoC terbaru.
Dengan pemahaman ini pula Anda sebenarnya bisa menilai kira-kira berapa lama sebuah ponsel bakal mampu mengikuti perkembangan teknologi dengan melihat jenis prosesor yang digunakan.

Peran Prosesor pada Handphone
Peran Prosesor Pada Handphone, Seberapa Pentingkah? | Ponsel Dombort | 4.5