Xiaomi Mi 6 Andalkan Snapdragon 835 dan Kamera Dual Lens

Menggantikan Xiaomi Mi 5 yang dianggap sudah habis masa edarnya untuk bersaing di segmen high-end pabrikan asal Cina sudah merilis penggantinya yaitu Xiaomi Mi 6. Dibanderol dengan harga lebih murah dibanding kebanyakan ponsel kelas flagship handphone Xiaomi terbaru ini tawarkan performa prima lewat SoC Snapdragon 835 serta konfigurasi kamera utama dengan lensa ganda.

Tahun lalu Xiaomi Mi 5 sebenarnya cukup mendapat respon positif, namun skandal bendgate ternyata membuat angka penjualan ponsel tersebut terhambat. Belajar dari kejadian tersebut kira-kira seperti apa penyempurnaan yang ditawarkan Xiaomi Mi 6?

Also Read: Xiaomi Mi Note 2 Pengganti Samsung Galaxy Note 7?

Harga Xiaomi Mi 6 Murah, Namun Tampil Mewah

Kesan pertama yang didapat ketika melakukan unboxing terhadap Xiaomi Mi 6 adalah mewah. Impresi tersebut didapat dari material keramik yang digunakan pada bagian belakang serta bingkai berbahan stainless steel.
Tapi Dombort sedikit terkejut ketika mengangkatnya dari kardus karena bobotnya ternyata cukup berat. Bobot unit handphone terbaru Xiaomi yang di-review ini mencapai 182 gram, kabarnya untuk versi berbahan serat kaca bobotnya tidak sampai 168 gram. Tapi Dombort sendiri belum mencoba langsung versi serat kaca (standar).

Tahun lalu Xiaomi Mi 5 mendapat dua komplain, pertama bobotnya dianggap kelewat ringan dan yang kedua tidak cukup solid dan terbukti dengan munculnya insiden bendgate dikemudian hari.
Tampaknya Xiaomi Mi 6 versi keramik ini memang dimaksud sebagai respon atas kritikan tersebut. Meski berat tapi Dombort sendiri menilainya justu ideal sebab makin memancarkan aura premium.

Di pihak lain ada kritikan terkait desain Mi 6, karena dimaksudkan sebagai flagship killer wajar kan kalau sedikit membandingkan dengan ponsel flagship beneran?
Pembanding tersebut tak lain adalah Galaxy S8 dan LG G6.
Terkait desain Samsung Galaxy S8 dan LG G6 menunjukkan kesuksesan desainer masing-masing meminimalisir bezel, sebaliknya untuk Xiaomi Mi 6 ini Dombort melihat bahwa bezel bagian atas dan bawahnya terlalu tebal.
Alhasil kalau Anda membandingkan Samsung Galaxy S8 vs LG G6 vs Xiaomi Mi 6 secara langsung dari sisi penampilan saja maka Mi 6 langsung terlihat jadul.

Tapi ada hal yang membuat Dombort merasa memberi apresiasi pada Xiaomi Mi 6 masih seputar desain yaitu penempatan sensor pemindai sidik jari di depan yang terasa lebih ergonomis dibanding penempatan di belakang. Sensor yang menyatu dengan tombol “Home” ini diberi lapisan serat kaca, meski terkesan sederhana tapi memberi sensasi istimewa kala disentuh.
Hebatnya meski dilapis demikian kinerjanya masih tetap responsif serta akurat.

Harga Xiaomi Mi 6 dan Spesifikasi

JADWALReleasedApril, 2017
AvailabilityLihat Disini
DIMENSIDimensions145.2 x 70.5 x 7.5 mm
Weight168g
SIM SlotDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
LAYARTypeIPS LCD capacitive touchscreen
Size5.15 inches (~71.4% screen-to-body ratio)
Resolution1080 x 1920 pixels (~428 ppi pixel density)
Multi-touchYes
PLATFORMOsMIUI 8.0 berbasis Android 7.1.1 (Nougat)
ChipsetQualcomm MSM8998 Snapdragon 835
CPUOcta-core (4×2.45 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo)
GPUAdreno 540
MEMORICard SlotNo
Internal64 GB, 6 GB
KAMERAPrimaryDual 12 MP (27mm, f/1.8, OIS 4-axis & 52mm, f/2.6), phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Features1/3″ sensor size, 1.12 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video[email protected]
Secondary8 MP, 1080p
COMMSWLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
RadioNo
USBType-C 1.0 reversible connector
FITURSensorsFingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
BATERAINon-removable Li-Po 3350 mAh battery
HARGA
LAIN-LAINWarnaCeramic Black, Black, Blue, White

Tentu tidak ada artinya balutan premium jika tidak disertai performa menjanjikan bukan?
Tak perlu khawatir sebab Xiaomi sudah menanamkan chipset kelas high-end

Soal performa Dombort sudah membuktikannya sendiri, tanpa lag, tanpa hiccup baik dalam keseharian maupun kala digunakan menjalankan game 3D. Skipped frame memang sempat muncul kala memainkan game “Asphalt 8” tapi masih dalam porsi wajar.

Kenapa bisa muncul skipped frame? Padahal LG G6 yang menggunakan Snapdragon 821 saja tidak mengalami kondisi demikian?

Spesifikasi di atas kertas tidak selalu mencerminkan kondisi sebenarnya, meski menggunakan SoC terbaru tidak berarti lebih baik jika produsen yang bersangkutan tidak mampu mengoptimalkan fungsinya.
Tapi sekali lagi Dombort tidak merisaukan keadaan itu, seperti sudah disebut sebelumnya tidak ada kejadian dimana performa menjadi masalah selama menggunakan handphone Xiaomi terbaru ini.

Intip Performa Kamera Xiaomi Mi 6

Fitur yang dinanti dari Xiaomi Mi 6 tak lain adalah kamera utama dengan lensa ganda, konfigurasi yang diterapkan lebih kurang sama seperti pada iPhone 7 Plus meski kualitasnya harus diakui tidak sama.

Di luar ruangan dengan pencahayaan ideal foto-foto yang dihasilkan sangat memukau dari sisi ketajaman maupun tingkat detil. Tapi begitu digunakan di dalam ruangan atau malam hari langsung terlihat noise dari foto-foto tersebut.
Pada banyak situasi kualitas foto bisa ditingkatkan dengan mode HDR, tapi sayang mode ini memproses dengan sangat lambat untuk standar ponsel yang dibekali Snapdragon 835.
Selain itu mode HDR juga terlalu agresif menajamkan warna sehingga kesan alamiahnya berkurang, walau Dombort yakin kebanyakan pengguna tak bakal mempermasalahkan hal itu.

Hasil Kamera Xiaomi Mi 6
Review Xiaomi Mi 6 Indonesia

Keunggulan kamera Xiaomi Mi 6 justru terletak pada mode Portrait, software –nya cukup mampu memisahkan objek dengan latar belakang. Efek bokeh yang dihasilkan juga terlihat alamiah. Selama Anda tidak membesarkan foto maka gejala noise takkan terlihat.

Sejatinya harga Xiaomi Mi 6 bergaransi resmi hanya di kisaran Rp 5 Juta-an, memang ia tak cukup sanggup disejajarkan dengan LG G6 dan Galaxy S8, peluangnya untuk masuk daftar HP Android terbaik juga tipis. Tapi untuk harga tersebut Mi 6 menawarkan lebih dari apa yang ditawarkan oleh kompetitor sekelasnya.

Xiaomi Mi 6
Ceramic
Jual Xiaomi Mi 6
Jual Xiaomi mi 6

Sayangnya sementara ini Xiaomi Mi 6 yang dijual di Indonesia baru versi BM dengan harga Rp 8 Juta-an, Dombort sendiri kalau harus mengeluarkan uang sebesar itu untuk menebus barang yang tidak jelas terus terang enggan. Apalagi dengan harga selisih tipis sudah bisa dapat LG G6 yang garansinya resmi, kamera lebih bagus dan layanan SC LG juga sudah terbukti terbaik sampai sekarang.

Spesifikasi Xiaomi Mi 6 dan Harga di Indonesia
Xiaomi Mi 6 Andalkan Snapdragon 835 dan Kamera Dual Lens | Ponsel Dombort | 4.5