Harga Zenbook 3 dan Spesifikasi

Asus Zenbook 3 Pantas Menggantikan MacBook Air

Laptop Asus Zenbook 3 akhirnya masuk juga di Indonesia setelah cukup lama dinantikan semenjak pertama kali dipamerkan dalam gelaran Computex 2016 di negeri asalnya Taiwan. Tampil dengan desain elegan laptop terbaru buatan Asus ini memang diposisikan di segmen yang sama dengan Macbook Air buatan Apple. Bahkan sang produsen berani mengklaim laptop buatannya merupakan laptop tertipis di pasaran saat ini.

Dengan banderol harga mulai Rp 20 Juta-an sebenarnya apa yang ditawarkan oleh Asus Zenbook 3? Sepadankah harga semahal itu untuk menebusnya? Benarkah ia pantas disebut sebagai pengganti Macbook Air?

Membedah Spesifikasi Asus Zenbook 3

Sebenarnya untuk Dombort yang sudah mengikuti perkembangan Asus Zenbook semenjak generasi pertama tidaklah sulit untuk melihat betapa besar ambisi Asus mengalahkan Apple di kategori laptop kelas high-end.
Untuk generasi terbarunya ini kesan premium serta elegan terasa makin kuat, dan bagi Anda yang memilih warna biru menurut subjektivitas kami aura tersebut terasa lebih mencolok lagi.

Meski tebalnya hanya sebatas 11,9 mm saja namun build quality laptop maupun lubang-lubang port yang ada terasa kokoh, rapih serta solid.
Namun sama halnya dengan Macbook Air ada harga yang harus dibayar dari dimensi langsing tersebut yaitu minimnya interface yang ditawarkan.

Asus Zenbook 3 sendiri hanya menawarkan interface berupa port USB tipe C serta port audio 3.5 mm. Namun dalam upaya mengoptimalkan fungsi port USB tipe C –nya maka dalam kemasan Asus Zenbook 3 disertakan adaptor 3 in 1 meliputi USB tipe C, HDMI serta USB.

Harga Laptop Asus Zenbook 3 dan Spesifikasinya

Sementara itu layar berukuran 12,5 inch dengan resolusi 1080 x 1920 pixels (FHD) yang diusungnya mampu menampilkan kepekatan warna hitam yang luar biasa dengan tingkat kecerahan istimewa serta warna tampak hidup.
Viewing angles dari layar laptop Asus Zenbook 3 ini juga sangat luas, Asus mengklaim 178 Derajat dan tampaknya memang demikian adanya.

Dibandingkan Macbook Air, ukuran bezel yang mengelilingi layarnya tampak lebih tipis sehingga gambar yang ditampilkan memang teasa lebih hidup. Layar ini juga sudah dilapis oleh Corning Gorilla Glass 4 untuk meminimalisir goresan.

Umumnya laptop dengan dimensi kecil seperti ini tidak memberikan cukup kenyamanan kala mengetik, tapi tidak demikian kasusnya dengan Asus Zenbook 3. Jarak antara tombol dan ukuran masing-masing tombol cukup ideal sehingga mengetik dalam waktu lama pun tidak menyebabkan ketidaknyamanan.

Setiap tombolnya juga sudah dilengkapi dengan backlit yang tingkat kecerahannya memungkinkan sang pemilik mengetik di dalam ruangan tanpa cahaya.

Asus Zenbook 3 Dibandingkan MacBook Air

Sementara itu trackpad berlapis serat kaca pada Asus Zenbook 3 adalah trackpad terbaik yang pernah diketemukan pada laptop manapun dari sisi akurasi maupun responsivitas.
Sayangnya sensor pemindai sidik jari yang berada di sebelah kiri trackpad tidak seakurat yang diharapkan dari sebuah laptop sekelas ini.

Ternyata keunggulan laptop Asus kelas high-end ini masih berlanjut di sektor lain, salah satunya adalah audio dimana sang produsen sudah mengaplikasikan speaker bermerek Harman Kardon yang tersohor itu. Dan bukan hanya satu atau dua melainkan empat speaker dengan tata letak yang sudah diperhitungkan secara cermat pula.

Dua diantaranya diletakkan di atas keyboard sementara dua lainnya lagi berada di tepi sasis laptop itu sendiri. Hasilnya suara yang diperdengarkan terasa bulat nyaris menyamai speaker eksternal dengan konfigurasi surround.
Keistimewaan ini menjadikan pengalaman mendengarkan musik, memutar klip YouTube, menonton film atau video konferensi terasa lebih menyenangkan.

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenbook 3

PointAsus Zenbook 3
Ukuran layar12.5 inches
Resolusi layar1080 x 1920 pixels
ProsesorIntel Core i7-7500U Gen. 7 Kaby Lake
RAM16GB
OSWindows 10 Pro
KameraYes
Hard Disk Drive512GB SSD
Baterai6-cell 40Whrs polymer
KonektivitasWi-Fi 802.11b/g/n/ac, Bluetooth 4.0, USB Type C
ExpansionsHeadphone/microphone combo jack
USB-C Gen1
HDMI ( on expansion base )
USB 3.0 ( on expansion base )
USB-C Gen1 ( on expansion base )
Tebal11.9mm
Berat901 gms
SecurityFingerprint reader, Windows Hello
Garansi1 Year
HargaMulai Rp 23 Juta (tergantung varian)

Performa Asus Zenbook 3 Memang Istimewa!

Untuk sebuah laptop sekelas ini siapapun sudah pasti berharap akan performa prima, karenanya produsen asal Taiwan ini mempercayakan prosesor Intel i7-7500U dari generasi ke-7 (Kaby Lake) didampingi RAM sebessar 16 GB dan SSD 512 GB untuk memastikan harapan tersebut terpenuhi.

Proses boot up dari kondisi mati hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 10 detik dalam pengujian Dombort. Proses multitasking juga tidak membuatnya loyo meski 25 aplikasi dijalankan secara bersamaan.

Performa tersebut sebenarnya tidaklah mengejutkan jika menilik spesifikasi Asus Zenbook 3 itu sendiri, justru yang lebih mengejutkan adalah fakta bahwa meski menggunakan sasis yang terbuat dari logam ternyata kenaikan suhunya relatif rendah meski dipaksa bekerja keras. Umumnya laptop lain yang menggunakan material sama mengalami kecenderungan kenaikan suhu lebih cepat.

Performa grafisnya juga di atas rata-rata business laptop, Intel HD Graphics 620 yang digunakan memiliki RAM sebesar 8 GB. Beberapa game berat yang coba dijalankan oleh Dombort berjalan lancar, walaupun kalau game ada tujuan Anda sudah pasti Asus RoG adalah pilihan lebih tepat.

Asus dalam gelaran Computex 2016 lalu memang sempat menjelaskan bahwa stabilitas suhu pada Asus Zenbook 3 meski bekerja keras dimungkinkan berkat thermal 3 mm pada kipas angin serta heat pipe yang diletakkan di bawah panel sehingga baik kala bekerja berat maupun saat proses pengisian daya baterai suhunya tidak meningkat.

Kelebihan lainnya terletak pada kipas angin yang cenderung tidak berisik manakala laptop sedang bekerja berat. Memang ada kalanya suara tersebut terdengar tapi tidak sampai pada tahap mengganggu.

Harga Asus Zenbook 3
Blue
Jual Asus Zenbook 3
Jual Asus Zenbook 3

Mengimbangi spesifikasi yang tinggi maka laptop Asus ini dilengkapi dengan baterai 6-cell yang meski oleh Asus diklaim sanggup bertahan selama 9 jam namun untuk pemakaian normal à la hanya bertahan sekitar 5 hingga 6 jam. Bukan fakta negatif sebenarnya, standar tersebut sudah sangat baik untuk laptop sekelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *